Cara Setting Radio Motorola XiR M3688 - Download Mototrbo versi 16 - miraclewijaya.com

Cara Setting Radio Motorola XiR M3688 - Download Mototrbo versi 16


Cara Setting Radio Motorola XiR M3688
Cara Setting Radio Motorola XiR M3688 – Alat komunikasi seperti radio HT dan radio Rig memang banyak dipakai oleh perusahaan sebagai salah satu alternatif komunikasi yang free biaya pulsa atau kuota atau tagihan harian saat penggunaannya. Tipe dan jenis radio RIG atau HT sangat bervariasi baik itu dari merk, tipe dan juga jenis frekuensi yang dipakai.

Penggunaan radio rig memang tidak begitu banyak karena dari sisi harga memang tidak murah dan mungkin hanya perusahaan besar saja yang mampu membelinya, namun dengan fungsi dan kualitas jangkauan komunikasi tentu saja beda dengan penggunaan radio HT yang mungkin memiliki daya jangkau komunikasi lebih pendek.

Di tahun 2018 Motorola mulai mengeluarkan type baru untuk radio RIG dengan Type XIR M 3688 dan untuk type radio RIG GM3688 sudah discontinue atau sudah tidak diproduksi masal lagi seperti halnya radio RIG Motorola type GM388 dan juga GM3188 atau type Motorola lainnya.

Sehingga bagi para pengguna komunikasi radio VHF atau UHF motorola harus mulai beralih ke radio Motorola Type XIR M3688. Selain itu sobat juga harus mulai memahami penggunaan aplikasi serta mencari aplikasi yang support dengan radio tipe XIR M3688 beserta dengan kabel programnya.

Karena kabel program motorola xir m3688 tentu saja berbeda dengan kabel program motorola lainnya yang bisa menggunakan kabel program universal motorola. Untuk type xir m3688 ini hanya bisa menggunakan kabel program yang seperti pada gambar di atas Usb to RJ45. Sobat bisa membelinya di toko online.

Jika sobat belum ada uang untuk membeli radio RIG Motorola silahkan membelu merk lain yang tentu saja lebih murah harganya, beberapa merk radio bisa sobat lihat di list berikut ini, jadi silahkan pilih sesuai budget dan juga sesuai keinginan.

Merek Radio HT dan Merek Radio RIG :
1. Motorola
2. Vev
3. Radion
4. Vertex Standart
5. Mototrbo
6. Icom
7. Hytera
8. Firstcom
9. Alinco
10. Zycom

Dari berbagai merek radio di atas banyak perusahaan yang memilih Motorola sebagai pilihan utama, karena dari sisi kualitas, kekuatan, dan juga performa penggunaan frekuensi jauh lebih baik dari pada merek lainnya. Namun dengan kualitas terbaik tentu daja harga radio merek Motorola jauh lebih mahal dari harga radio rig atau radio HT merek lainnya.

Radio Motorola tipe XiR M3688 merupakan salah satu produk terbaru yang dikeluarkan oleh Motorola pada tahun ini di pasar Indonesia. Di Indonesia memang salah satu yang sudah banyak menggunakan produk dari Motorola dan produk Motorola yang sudah ada sebelumnya seperti Radio Motorola GM388 GM3688 GM3188 GM338 dan masih banyak lagi tipe radio RIG Motorola lainnya.

Untuk kali ini kita akan bahas bersama untuk cara setting radio Motorola XiR M3688. Karena tipe Xir M3688 baru saja keluar tentu saja kita belum tau bagaimana cara settingnya dan apa saja yang diperlukan untuk bisa melakukan setting radio Motorola tipe XiR M3688 tersebut. Untuk melakukan setting radio Motorola tipe XiR M3688 tidak bisa menggunakan kabel program yang kita pakai untuk setting radio Motorola seperti tipe GM338 GM3188 dll, atau yang disebut dengan Kabel Program Motorola Universal.

Alat yang diperlukan Untuk Setting Radio Motorola XiR M3688 :
1. Siapkan Radio Motorola XiR M3688 tentu saja
2. Sobat harus punya aplikasi progamnya nanti sobat bisa download di akhir artikel ini
3. Kabel Program juga harus sobat beli terlebih dahulu
4. Power supply mereknya bebas, power yang diperlukan sekitar 15 Volt
5. Laptop atau notebook atau computer untuk melakukan setting radio XiR M3688
 
Dari beberapa alat tersebut sobat sudah bisa langsung melakukan setting radio Motorola Tipe XiR M3688. Karena awalnya saya kesulitan dalam melakukan setting radio tipe XiR M3688, pada saat itu saya menggunakan kabel program radio yang universal dan ternyata gagal. Dan akhirnya saya mencoba cari dari internet dan ternyata jenis kabel program yang digunakan untuk setting radio tipe XiR M3688 berbeda dengan kabel universal yang saya miliki. Jadi mau tidak mau saya harus membelinya dank arena Motorola XiR M3688 tipe baru maka lumayan untuk harga kabel programnya. Yaitu sekitar 500ribu (harga PO karena yang beli perusahaan).

Cara Setting Radio Motorola XiR M3688 :
  1. Siapkan terlebih dahulu alat – alat yang sudah saya jelaskan di atas tadi, termasuk install terlebih dahulu aplikasi program radio Motorola XiR M3688 dan driver Kabel programnya.
  2. Langkah kedua koneksikan radio RIG Motorola XiR M3688 ke Power Supply dengan Power sekitar 15 Volt
  3. Koneksikan kabel program tersebut dari Usb computer ke konektor RJ45 pada radio XiR M3688 atau lokasinya sama dengan PTT radio
  4. Buka aplikasi MOTOTRBO CPS pada layar desktop sobat
  5. Jika kabel sudah sesuai dan radio sudah nyala, maka sobat bisa melakukan Read untuk memastikan radio XiR M3688 terhubung dengan baik untuk bisa di setting.
  6. Seterlah proses read selesai sobat bisa melakukan setting kode radio pada menu General Setting dan sesuaikan dengan nama yang sobat inginkan
  7. Langkah selanjutnya sobat masuk ke menu Channels kemudian sobat klik kanan menu zone 1 yang berada di bawah menu channels dan pilih add
  8. Kemudian ganti nama channel sesuai keinginan sobat dan silahkan setting channel bandwith (kHz) menjadi 25
  9. setelah itu geser ke bawah cari tulisan RX dan TX dan silahkan isi frekuensi yang sobat miliki.
  10. untuk membuat channel lain silahkan ulangi cara nomor 8 dan 9 hingga jumlah channel yang diperlukan muncul.
  11. Untuk melakukan pemindahan settingan channel dari aplikasi ke dalam radio, sobat bisa klik menu Write pada menu toolbar di atas.
  12. Jika mengalami error seperti berikut, sobat silahkan isikan dulu Security skses seperti berikut.
  13. Setelah selesai diisi silahkan ulangi lagi untuk klik menu Write. Pasti settingan menjadi completed dan proses setting radio Motorola XiR M3688 selesai.




Demikian pengalaman saya dalam melakukan setting radio baru yang dikeluarkan oleh Motorola, semoga bermanfaat bagi sobat yang kesulitan dalam melakukan setting radio Motorola terbaru tipe XiR M3688 tersebut. Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar dibawah ini dan jika ada masukan juga akan saya terima dengan senang hati.

Sebelum Download Silahkan Tonton Video Tutorialnya berikut ini like, komen dan subscribe ya :

 


Download Software MOTOTRBO XiR M3688 Gratis


Seperti janji saya di atas untuk aplikasi atau Software Motorola XiR M3688 bisa sobat dapatakan dan tinggal download di link yang saya berikan, namun untuk download gratis silahkan kalian tonton video di atas dan berikan komentar di video tersebut, jangan lupa subscribe, nanti saya akan berikan link gratis aplikasi setting mototrbo versi. 16, yang akan saya email langsung ke kalian.

gratis download mototrbo radio motorola
download software mototrbo xir 3688
download applikasi motorola xir m3688 full
download aplikasi xir m3688 free
download aplikasi xir m3688
download palikasi motorola
download xir m3688 versi 16.0




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel