Cara Cek Versi Windows 10 atau OS Build Info - miraclewijaya.com

Cara Cek Versi Windows 10 atau OS Build Info

Cara Cek Versi Windows 10 atau OS Build Info - Bagi sobat pemilik notebook atau komputer seringkali ingin melakukan pengecekan terhadap versi OS atau Operating System yang sobat pakai di notebook atau komputer. Karena dengan melakukan pengecekan Versi Windows kita bisa dengan mudah mengetahui kapan harus melakukan update windows yang kita gunakan. 

Hal tersebut sangat penting karena ketika kita menggunakan OS Windows 10 kita pastinya merasa jika windows 10 yang kita gunakan lebih lambat dan berat daripada windows 7. Namun jika sobat menggunakan windows 10 versi terbaru 1806 dan 1009 maka dari sisi kecepatan lebih bagus dan tentu saja lebih ringan untuk digunakan. Sehingga tidak terlalu mengganggu jika sobat menggunakan berbagai aplikasi berat di komputer.

Pengalaman saya menggunakan windows 10 versi 1803 memang terasa lebih lambat, hal itu terasa ketika kita melakukan login awal atau ketika booting windows pertama kali. Saat menyalakan komputer atau notebook biasanya saya harus menunggu beberapa menit padahal tampilan windows 10 sudah terlihat, namun beberapa fungsi seperti mouse dan keyboard masih lambat untuk digerakkan atau digunakan.

Oleh karena itu ketika saya mengetahui ada update terbaru windows 10 1806 atau 1009, maka saya melakukan uji coba untuk update windows 10. yang pasti harus sobat lakukan sebelum update windows 10 adalah pastikan windows 10 yang sobat gunakan adalah asli atau mungkin sobat bisa mencari cracknya ( cara ini sering digunakan bagi mereka yang mencari gratisan).

Langkah Cek Versi Windows 10 atau OS Build Info pada Windows 10 :

1. Pastikan sobat sudah masuk ke tampilan windows 10 dan cari menu start atau klik logo windows 10 yang biasanya terletak di pojok kiri bawah layar monitor sobat.
2. Selanjutnya silahkan klik menu setting yang berlogo ring
3. kemudian akan muncul tampilan baru dengan berbagai pilihan menu, silahkan sobat cari menu Update & Security dan ada tulisan kecil di bawahnya windows update, recovery, backup
4. Kemudian sobat akan melihat tampilan windows update dengan beberapa tampilan history update yang sudah sobat lakukan.
5. Untuk melihat OS Build Info atau versi Windows yang sobat gunakan silahkan cari dan klik menu OS build info yang biasanya terletak di Related Links di bagian kanan bawah layar monitor.
6. Tampilan OS Build Info sudah muncul yang memberikan beberapa informasi penting tentang spesifikasi notebook dan OS yang sobat gunakan. Untuk Versi Windows sendiri biasanya terletak di bagian Windows Spesifications seperti tampilan dibawah ini :

Jika semua langkah dan proses sudah dilakukan pastinya sobat akan mengetahui berapa versi windows yang saat ini sobat gunakan. oleh karena itu jika sistem update windows di komputer sudah sobat setting manual maka silahkan gunakan aplikasi update windows 10 yang ada di komputer sobat, untuk langkah update windows 10 menggunakan aplikasi bawaan windows yaitu Windows 10 Update Assistant adalah sebagai berikut :

Cara Update Windows 10 menggunakan Windows 10 Update Assistant :

Silahkan sobat lakukan update windows 10 jika ingin menikmati fasilitas terbaru dan juga beberapa perbaikan dari keluhan versi windows 10 sebelumnya, sehingga kenyamanan sobat dalam pengoperasian windows semakin baik. Oleh karena itu mari kita update bersama dan ikuti langkah berikut ini.

1. Langkah pertama yaitu silahkan sobat cari aplikasi bawaan windows 10 yang bernama Windows 10 Update Assistant klik  dua kali
 2. Jika Sobat sudah masuk ke aplikasi silahkan klik menu update now kemudian ikuti langkah langkah selanjutnya
3. Tunggu proses update yang dilakukan oleh sistem, biasanya sedikit lebih lama sehingga pastikan laptop atau komputer sobat terisi batrai yang cukup, atau silahkan sambil melakukan charger.
4. Jika proses update sudah selesai nantinya komputer atau laptobe akan minta di restart, silahkan ikuti saja dan tunggu kembali hingga proses update ke sistem windows selesai.
5. Proses update windows 10 dari 1803 ke 1809 sudah selesai

Demikian penjelasan singkat dari saya tentang cara cek versi windows 10 yang pernah saya lakukan, atau pengecekan OS Build Info pada windows 10 di komputer saya. semoga informasi dan artikel ini bermanfaat untuk sobat. jangan lupa tinggalkan komentarnya ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel