Bahaya Bakteri Listeria Pada Buah Rock Melon Australia

Bahaya Bakteri Listeria Pada Buah Rock Melon Australia

Bahaya Bakteri Listeria Pada Buah Rock Melon Australia

Beberapa hari ini Indonesia dihebohkan dengan munculnya berita tentang bahaya buah rock melon Australia, dan hal itu memang terjadi dan sudah dikonfirmasi oleh pemerintah Australia bahwa melon yang diimport dari australi menganduh bakteri mematikan listeria. Untuk saat ini di Australia sudah ada 4 korban jiwa atau meninggal karena disebakan bakteri listeria yang sudah mereka makan atau mereka konsumsi.

Untuk itu perlu kita ketahui apa itu bakteri listeria yang dapat menyebabkan kematian bagi mereka yang terkena bakteri tersebut. Bakteri Listeria ini dapat menyebabkan kematian sekitar 20 – 30% karena terkena penyakit Listeriosis, untuk gejala yang ditimbulkan Antara lain :
  • Demam tinggi,
  • Sakit kepala parah,
  • Badan terasa pegal
  • Mengalami mual mual
  • Sakit perut dan diare


Bakteri Listeria tersebut sangat beresiko pada :

  • Orang lanjut usia
  • Ibu Hamil
  • Orang yang memiliki imunitas rendah
  • Anak – anak


Sangat Bahaya makan rock melon Australia yang terinfeksi listeria, karena dari beberapa analisa para pakar kesehatan, bahwa bakteri tersebut memang perlu diwaspadai. Karena gejala yang ditimbulkan oleh bakteri tersebut hamper mirip dengan gejala flu, gejala tersebut bsa bertahan biasanya sekitar 21 hari.

Jika bakteri tersebut menyerang dan lolos dari saluran pencernaan dan kemudian menyebar hingga ke seluruh tubuh, maka hal tersebut akan menimbulkan keracunan darah.  Jika bakteri tersebut infeksinya mulai menyerang saraf pusat, maka penderita listeriosis tersebut akan menderita sakit kepala, kaku leher, kehilangan keseimbangan tubuh, dan juga bias mengalami kejang.

Dalam hal tersebut bakteri listeria yang terkandung dalam rock melon autralia dapat menyebabkan meningitis dan akan mengakibatkan kematian pada penderita listeriosis. Sedangkan padaa ibu hamil bakteri listeria dapat mengakibatkan keguguran dan bayi terlahir mati.

Kemudian apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah infeksi listeria yang terkandung dalam buah rock melon Australia?

Kita sebenarnya sedikit lega terhadap buah melon yang ada di Indonesia, karena Negara kita Indonesia tidak ada aktifitas import buah melon dari Australia. Namun kita tetap harus waspada dan hati hati, karena antisipasi terhadap bakteri listeria sangat perlu kita lakukan.

Beberapa Negara yang telah melakukan import buah rock melon Australia Antara lain Malaysia dan Singapura, oleh karena itu bagi Anda yang tinggal di perbatasan ke dua Negara tersebut patut lebih waspada akan adanya buah rock melon yang masuk ke perbatasan kedua Negara tersebut.

Kepala Badan Karantina Pertanian telah mengeluarkan anjuran untuk menghindari buah rock melon Australia dengan cara apapun, baik itu bersentuhan atau mengkonsumsinya untuk saat ini. Dan selain itu dianjurkan untuk hati hati ketika mengkonsumsi buah buahan lain yang letaknya berdekatan dengan adanya buah rock melon Australia karena resiko penularannya bias juga terjadi.


Yang paling penting yaitu selalu mecuci buah buahan yang hendak kita konsumsi dengan air mengalir dan jangan pernah menccinya dengan cara direndam sebelum mulai dikupas atau dikonsumsi. Serta jangan pernah lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan dengan air mengalir baik itu sebelum makan atau juga sesudah makan. Serta yang lebih baik lagi, silahkan pilih buah buahan local yang lebih aman untuk kita konsumsi.

Semoga artikel berikut dapat memberikan informasi, supaya kita dapat lebih berhati hati dan terus waspada akan berbagai bakteri yang mulai menyebar, dan tentunya mulailah memiliki gaya hidup sehat yang akan membuat kita lebih aman dari berbagai bakteri dan sakit penyakit. Jangan lupa komentarnya ya.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM