Penjelasan Tentang Istilah Dasar Komputer

Penjelasan Tentang Istilah Dasar Komputer - Pengertian computer Mesin hitunng elektronik yang cepat dan mesin yang bisa melakukan proses kerja input – proses – output.

Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya.

Ilmu computer Secara umum dapat diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software).

Sistem komputer merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari perangkat lunak serta perangkat keras  yang dapat melakukan sebuah tugas untuk menerima input, kemudian memproses input, setelah itu menyimpan semua perintah perintah, dan menyediakan output dalam sebuah bentuk informasi.

Bahasa merupakan teknologi, bahasa memungkinkan seseorang dapat memahami sebuah informasi yang disampaikan oleh orang lain.

Elektronik data interchange ( EDI ) adalah transmisi data terstruktur antara organisasi dengan cara elektronik. Hal ini digunakan untuk mentransfer dokumen elektronik atau data bisnis dari satu sistem komputer ke sistem komputer , yaitu dari satu mitra dagang satu ke mitra dagang yang lain tanpa campur tangan manusia.

Data  merupakan sebuah  fakta fakta  yang masih mentah  atau  sebuah deskripsi deskripsi  dasar dari  sesuatu hal, sebuah aktivitas, event dan juga sebuah  traksaksi  yang  ditangkap, kemudian  direkam,  disimpan,  dan diklasifikasikan,  namun tidak diorganisasikan untuk sebuah tujuan tertentu.


Informasi  adalah  sekumpulan  fakta  (data)  yang  diorganisir  dengan  cara  tertentu sehingga  mereka  mempunyai  arti  bagi  si  penerima.  

Sistem  Informasi  Berbasis  Komputer  atau dalam bahasa inggris Computer-based  information system (CBIS) merupakan sebuah sistem informasi yang menggunakan komputer serta teknologi telekomunikasi untuk melakukan tugas yang diinginkan.

Penggolongan computer

1. Berdasarkan data yang diolah
  • Computer analog - Untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara continue dan parallel.(computer pengukur suhu, voltase listrik, kecepatan suara)
  • Computer digital - Untuk mengolah data kuantitatif, (PC, dll)
  • Computer hybrid - Combinasi antara analog dan digital, biasanya (facsimile, computer di RS)
2. Berdasarkan penggunaan
  • Komputer  untuk tujuan khusus - Digunakan secara umum, misalnya pengolahan grafis,pengolahan multimedia, pengolahan data base dan pengolahan program lainnya.
  • Komputer untuk tujuan umum (General Purpose Computer) - Digunakan secara khusus serta hanya mempunyai satu fungsi kerja saja, misalnya sebagai server atau PC router.
3. Berdasarkan generasinya
  • Komputer generasi pertama (1946 – 1959)
  • Komputer generasi kedua (1959 – 1964)
  • Komputer generasi ketiga (1964 – 1970)
  • Komputer generasi keempat (1979 – sekarang)
  • Komputer generasi kelima
Arsitektur  informasi  adalah perencanaan  terhadap  kebutuhan  informasi  yang  dibutuhkan  oleh  organisasi  dan bagaimana  proses  kebutuhan-kebutuhan  tersebut  akan  dipenuhi.

Berdasarkan instruksinya, ada 3 jenis operasi yang dilakukan oleh processor, yaitu :
  1. Memanfaatkan bagian ALU (Arithmetic Logic Unit) untuk melakukan operasi matematika (penambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian).
  2. Memindahkan data dari satu lokasi memory ke lokasi lainnya.
  3. Melakukan pengambilan keputusan dan melompat ke instruksi lain berdasarkan keputusan yang telah dibuat

Chipset adalah chip utama di motherboard yang mengontrol fitur-fitur dari motherboard

Memory berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory dapat bekerja dengan menyimpan & menyuplai data penting yg dibutuhkan oleh Processor dengan cepat untuk kemudian diolah menjadi informasi. Karena itulah, fungsi kapasitas merupakan hal penting pada sebuah memory.

device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor memiliki fungsi sebagai pengolah data serta meminta data dari storage, yaitu Hard Disk. Yang artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada perintah atau permintaan dari Processor. 

Bandwith adalah besarnya data yang akan ditransfer atau diolah dalam waktu satu detik (satuan MB/s atau Megabyte persecon). Pada umumnya saat ini RAM DDR/DDR2/DDR3/DDR4 mencantumkan bandwidth pada Module RAM. Bandwidth bisa diperoleh dari perkalian FSB x Arsitektur. Arsitektur RAM adalah 64-bit (8byte), sehingga jika DDR PC266 memiliki FSB 266 MHz sama dengan 266 MHz x 8 byte = 2100 MB/s. Ini artinya bahwa DDR PC266 atau FSB sama seperti DDR PC2100 (Bandwidth). Contoh : Visipro DDR2 dengan speed 512MB PC4300 artinya memiliki bandwidth 4300MB/s.

Dynamic RAM adalag sebuah modul yang hanya dapat menyimpan data apabila ada power yang diberikan padanya (refresh). Apabila powernya hilang, maka data yang dismpan juga akan hilang secara otomatis.

Static RAM (SRAM). Static RAM biasanya digunakan pada sebuah Cache Memory dan Cache Buffer. Static RAM memiliki harga mahal karena bekerja super cepat dalam  mentransfer data.

Bandwitdh adalah nilai yang menunjukkan banyaknya data yang dapat di-transfer dalam waktu satu detik. Satuan Bandwitdh adalah Mb/s. Bandwidth menunjukkan kinerja yang sesungguhnya dari RAM.

Dual Channel RAM merupakan satu fitur dalam motherboard yang memungkinkan peningkatan bandwitdh RAM menjadi lebih lebar atau besar.

Kategori Modul RAM

Original modules - Original Modules adalah RAM yang diproduksi oleh banyak vendor terkemuka yg juga memproduksi IC. Biasanya saat memproduksi selalu menggunakan IC Major Brand. PCB yang digunakan kadang memiliki kualitas baik, tapi terkadang memiliki kualitas standar. Contoh : Hynix original, Micron original, dan Samsung original.

Major Brand Modules - Major Brand Modules diproduksi dan diassembly oleh manufaktur tertentu berdasarkan pesanan vendor pembuatnya. Biasanya menggunakan IC Major Brand, serta menggunakan PCB berkualitas. Contohnya seperti : Visipro, Kingston, Mushkin, Buffalo dll.

OEM modules - Modul yang Tidak menggunakan IC Major Brand (kemungkinan menggunakan 1st Grade), kadang juga menggunakan PCB yg berkualitas baik dan kadang berkualitas standar. OEM hanya memberi merek pada modul mereka, sedangkan RAM tsb dibuat oleh verdor lain atau pihak lain. Contoh : TwinMos, Apacer, V-Gen.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel