Cara Mempercepat Akses Internet Indihome

Cara Mempercepat Akses Internet Indihome

Cara Mempercepat Akses Internet Indihome

Cara Mempercepat Akses Internet Indihome - Saat ini banyak kita ketahui bahwa internet merupakan salah satu akses atau kebutuhan utama yang digunakan manusia, dan tentu saja hampir semua orang Indonesia menggunakan akses internet untuk berbagai keperluan sehari hari, anara lain : sebagai media informasi seperti berita online, sebagai media komunikasi seperti sosial media, dan masih banyak lagi lainnya yang tergantung atau yang membutuhkan akses internet.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, maka bisa dikatakan internet merupakan kebutuhan pokok manusia zaman sekarang, bahkan manusia yang lahir di zaman sebelumnya pun mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi saat ini, serta untuk memperoleh akses internet itu sendiri ada berbagai media, antara lain :

Media Akses Internet Cepat :
  1. Handphone (Android, Tablet, Iphone, dll) dengan Kartu Perdana (Telkomsel, Indosat, XL, dll)
  2. Notebook atau laptop dan PC menggunakan Modem atau Indihome dll.
Dari dua hal itu saja masyarakat sudah sangat dimudahkan dalam menggunakan akses internet cepat, maka dengan media akses internet cepat yang bisa kita gunakan dimanapun tentusaja terkadang masih terasa sangat lambat ketika kita ingin mengakses salah satu yang kita cari, contohnya untuk akses ke youtube, selain membutuhkan bandwit yang besar, kuota pulsa (yang menggunakan kartu perdana) juga sangat diperlukan. 

Apalagi ketika sobat membutuhkan akses untuk video call dengan partner kerja dan ketika itu akses internet kurang bagus, sehingga kualitas komunikasi video call tersendat atau putus putus, maka akan banyak menimbulkan kerugian untuk sobat semua. oleh karena itu melalui artikel saya kali ini, akan sedikit berbagi tips dan Cara Mempercepat Akses Internet Indihome yang saya gunakan selama bekerja di kantor.

Cara Mempercepat Akses Internet Indihome :

1. Pengecekan Kecepatan Akses Internet
Jika kita ingin mengetahui kecepatan internet maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan, antara lain melakukan scaning pada notebook atau laptop dan atau PC kita menggunakan software. salah satu contoh software cek kecepatan akses internet adalah aplikasi Speedtest atau sobat juga bisa melakukan cek secara online di website speedtest.net. 

Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa kecepatan akses downlod dan upload internet sobat, contohnya disini saya menggunakan akses internet indihome dan berlangganan dengan paket 30 Mbps, dan kita harus memastikan hak kecepatan akses kita sesuai dengan apa yang sudah kita bayar yaitu sebesar 30 Mbps juga. berikut hasil pengecekan kecepatan akses internet saya :

2. Cek Prorgam Aplikasi Yang Menggunakan Akses Internet
Perlu sobat ketahui terkait penyebab koneksi internet menjadi lambat adalah banyaknya aplikasi yang berjalan menggunakan akses internet secara bersamaan dan mungkin kita tidak mengetahuinya, karena di tampilan komputer mungkin kita hanya membuka aplikasi web browser saja. padahal program atau aplikasi yang tidak sobat ketahui tersebut juga memakan banyak kuota atau bandwith pada akses internet sobat saat ini.

Software Atau Aplikasi Web Browser Yang Populer dan Banyak Digunakan Antara Lain :
  1. Google Chrome
  2. Mozila Firefox
  3. Opera
  4. Dolphin
  5. UC
  6. Internet Explorer
  7. CM
  8. DU Browser
Sedangkan untuk Aplikasi Web Search Engine yang masih aktif digunakan antara lain :

  1. google
  2. yahoo!
  3. web crawler
  4. lycos
  5. daum
  6. magellan
  7. excite
  8. SAPO
  9. dogpile
  10. hotbot
  11. ask
  12. yandex
  13. bing
  14. lxquick
  15. yellowee.com
  16. naver
  17. baidu
  18. exalead
  19. giga blast
  20. info.com
  21. sogou
  22. aol search
  23. good search
  24. soso
  25. search.com
  26. chacha
  27. live search
  28. blackel.com
  29. duckduckgo
  30. scout (Goby)
  31. nate
  32. YaCy
  33. halalgoogling
  34. Egerin
Selain aplikasi Web Browser dan aplikasiWeb Search Engine ada lagi yang menggunakan akses internet adalah aplikasi Email, seperti Outlook, Yaho Massanger, Yahoo Mail, dan lain lain. Sedangkan untuk Cara Cek Prorgam Aplikasi Yang Menggunakan Akses Internet silahkan ikuti langkah langkah berikut ini :

Cara Cek Prorgam Aplikasi Yang Menggunakan Akses Internet :

a. Silahkan Sobat masuk ke menu Task Manager dengan cara klik tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard Notebook atau PC secara bersamaan. dan kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini:
b. Silahkan sobat masuk ke menu Performace dan akan muncul tampilan seperti berikut ini
c. Sobat silahkan cari tulisan Open Resource Monitor yang biasanya terletak di bagian bawah menu performace
d. Setelah di klik Tulisan Open Resource Monitor maka akan  muncul tampilan baru seperti gambar dibawah. dan pada menu Network, maka sobat akan mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan akses internet dan memakan data internet di notebook atau PC sobat saat ini. Semakin banyak aplikasi yang menggunakan data internet maka akses internet akan semakin lambat. Untuk mematikan aplikasi yang mungkin tidak diperlukan silahkan sobat cari cara lain untuk mematikan aplikasi yang tidak diperlukan tersebut.

3. Lakukan Scan Pada Notebook atau PC sobat dari Malware
Malware selain dapat memperlambat notebook atau PC saat kita mengoprasikannya, Malware juga dapat memperlambat akses internet sobat, karena Malware (juga merupakan Trojan, Virus, Adware, dll). Terutama jika notebook atau PC sobat terkena Virus Adware, maka ketika sobat sedang asyik browsing kemudian muncul iklan dalam bentuk video, frame foto dll yang memakan banyak data internet, hal tersebut muncul secara tiba tiba. Maka lakukan scan dan juga update antivirus serta database virus, sehingga notebook atau PC sobat terhindar dari serangan virus tersebut.

4. Pastikan Sobat Menggunakan Browser Terbaru
5. Sobat Bisa Stop Aktivitas Mendownload Sementara Terutama Mengguankan IDM

Demikian Cara Mempercepat Akses Internet Indihome yang pernah saya lakukan, semoga bermanfaat untuk sobat yang memerlukan akses internet cepat, guna memperlancar pekerjaan yang sedang sobat kerjakan saat ini. terima kasih sudah bersedia singgah di website miraclewijaya.com dan sudah bersedia membaca artikel saya ini. semoga pekerjaan sobat segera selesai dan lancar.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM