Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Miraclewijaya.Com | Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler - Dunia semakin berkembang dan maju dalam bidang digital dan teknologi, siapa sangka saat ini banyak peralatan elektronik yang bisa mempermudah pekerjaan manusia, bahkan saat ini banyak teknologi robotik yang diciptakan untuk menjalankan pekerjaan manusia. Serta baru baru ini beberapa distributor mobil mulai menciptakan mobil tanpa awak serta ada juga pesawat tanpa awak. 

Beberapa teknologi di atas tidak lepas dari suatu alat yang diberi nama microcontroller. Apa bedanya microcontroller dengan microprocessor ? mari kita bahas bersama supaya sobat lebih paham apa perbedaannya, serta apa fungsi dari masing - masing alat tersebut.

Bagi sobat yang ingin belajar lebih dalam lagi dalam dunia microcontroller pada awalnya haru memahami terlebih dahulu fungsi dari masing masing alat seperti microcontroller dan microprocessor dan apa saja komponen yang terdapat di dalamnya. Langsung saja mari kita bahas bersama.

Apa Itu Microcontroller ?
Microcontroller adalah sebuah chip yang memiliki fungsi pengontrol dalam rangkaian elektronik dan pada umumnya dapat menyimpan program di dalamnya. Di dalam Microcontroller itu sendiri terdiri dari beberapa komponen seperti Central Processing Unit (CPU), Input dan Output (I/O), memori, serta unit pedukung seperti Analog to Digital Converter (ADC) yang memang sudah terintegrasi didalamnya. Serta dalam sebuah IC mikrocontroller juga terdapat komponen ROM, EPROM, RAM, serial interface serta paralel interface, kemudian komponen timer, komponen interrupt controller, komponen Converter Anlog ke Digital, dan lain sebagainya.

Untuk kelebihan dari microcontroller adalah memiliki RAM dan peralatan Input Output (I/O) sebagai pendukung sehingga ukuran board dari microcontroller menjadi ringkas dan kecil. Rata rata peralatan saat ini yang berhubungan dengan aktivitas hampir semua menggunakan microcontroller di dalamnya, sebagai contoh adalah Handphone, mobil, motor, kamera, komputer, jam digital, dan masih banyak lagi lainnya. Intinya semua peralatan elektronik yang memiliki sebuah "remot control" pasti mengandung sebuah chip microcontroller.

Jenis dan Merek Microcontroller 

Jika sobat mendengar istilah mikrokontroler atau microcontroller pasti muncul pemikiran merek Arduino dan Raspberry Pi, karena memang ke dua merek itulah yang saat ini menguasai pasar khusus bidang teknologi robotik. Karena memang merupakan unggulan dari negara Italy dan negara luar lainnya. 

Sebanrnya Indonesia juga memiliki microcontroller buatan anak negeri yang diberi nama Rainboard, untuk lebih detailnya tentang apa saja penjelasan dari merek microcontroller Rainboard, Arduino, dan Raspberry Pi nanti akan saya bahas di artikel saya berikutnya, saat ini akan saya jelaskan terlebih dahulu apa saja Jenis microcontroller dan apa saja Merek Microcontroller terbaik di seluruh dunia.

Jenis Jenis Microcontroller
  1. Microcontroller AVR
  2. Microcontroller MCS-51
  3. Microcontroller PCI
  4. Microcontroller ARM
Merek Microcontroller 

  1. Arduino
  2. Raspberry Pi
  3. Rainboard
  4. AMCC
  5. Atmel
  6. AMCC
  7. Atmel
  8. Cypress MicroSystems
  9. Freescale Semiconductor
  10. Fujitsu
  11. Holtek
  12. Intel
  13. Microchip
  14. National Semiconductor
  15. NEC
  16. Philips Semiconductors
  17. Renesas Tech. Corp.
  18. STMicroelectronics
  19. Texas Instruments
  20. Western Design Center
  21. Ubicom
  22. Xilinx
  23. ZiLOG
Apa itu Microprocessor? 

Microprocessor adalah sebuah Integrated Circuit (IC) yang dipakai sebagai pengelola utama atau otak di dalam sebuah sistem komputer. Processor sendiri merupakan sebuah chip yang sering disebut sebagai microprocessor dan saat ini ukurannya sudah mencapai gigahertz. Gigahertz adalah ukuran untuk menghitung kecepatan processor dalam mengolah data atau sebuah infromasi.

Karakteristik yang terdapat pada Microprocessor
  1. Ukuran bus data internal
  2. Ukuran bus data eksternal
  3. ukuran alamat memori
  4. Clock Speed
  5. Fitur - fitur spesial
  6. Merupakan proses data utama pada komputer
Demikian penjelasan saya terkait Pengertian Mikroprosesor dan Mikrokontroler serta perbedaan micocontroller dan microprocessor, serta penjelasan masing masing komponen. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan sobat tentang dunia digital teknologi terutama dibidang microcontroller, karena ini merupakan dasar sebelum sobat mengenal lebih dalam tentang masing masing komponen dan sebelum sobat melakukan pengembangan berbagai teknologi yang berbasis microcontroller. Jangan lupa share dan juga kunjungi selalu artikel terbaru dari website ini, supaya kita bisa saling mendukung dan membantu satu sama lain, karena berbagi itu indah.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel