Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Pada G30S PKI - miraclewijaya.com

Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Pada G30S PKI

Sejarah tentang G30S/PKI atau yang dikenal dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia adalah merupakan sejarah kelam yang pernah dialami Bangsa Indonesia. Pada peristiwa tersebut terjadi gejolak dan berlangsung tepat pada tanggal 30 September 1965 di Wilayah Jakarta dan Yogyakarta.

Sejarah Gerakan yang disebut G30S PKI Saat itu adalah kejadian pemberontakan PKI dengan cara melakukan penculikan terhadap beberapa Perwira TNI Angakatn Darat. Kekejaman penculikan tersebut mengakibatkan banyak Perwira TNI Angkatan Darat yang dibantai secara kejam dan kemudian dibuang ke sebuah lubang yang saat ini dikenal dengan nama Monumen Lubang Buaya.

Kejadian G30S PKI tersebut mengakibatkan beberapa Perwira TNI Angkatan Darat telah Gugur dan merupakan wujud atas perlawanan terhadap kekejaman PKI pada waktu itu. Kemudian para perwira TNI Angkatan Darat tersebut mendapatkan gelar sebagai Pahlawan Nasional yang telah melakukan revolusi.

Sebagai wujud penghormatan kita generasi penerus bangsa terhadap perjuangan para Perwira TNI Angkatan Darat dalam melawan kekejaman PKI, mari kita sama sama mengenang dan patutnya kita juga mengetahuai siapa nama para pahlawan revolusi G30S PKI tersebut.

Berikut Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Pada G30S PKI

1. Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani

Cerita pahlawan revolusi pertama pada G30S PKI adalah Merupakan Komandan TNI AD terlahir pada 19 Juni 1922. Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani adalah merupakan Panglima Angkatan Darat ke 6 pada era Pemerintahan Presiden Sukarno-Hatta.

Peristiwa terbunuhnya Jenderal Ahmad Yani adalah di rumahnya yang berlokasi di Jalan Latuharhary No 6, Menteng, Jakarta Pusat 1 Oktober 1965.

2. Letnan Jenderal Anumerta Suprapto

Pahlawan Revolusi berikutnya adalah Letnan Jenderal Anumerta Suprapto yang juga merupakan salah satu pahlawan revolusi karena menjadi korban kekejaman G30S PKI. Beliau lahir pada Tanggal 20 Juni 1920. Beliau Letnan Jenderal Anumerta Suprapto juga sempat sukses meredam pemberontakan PKI di berbagai wilayah di Indonesia.

3. Letnan Jenderal M.T. Haryono

Pahlawan Revolusi ke 3 adalah Letnan Jenderal M.T Haryono. Perjuangannya melawan PKI harus berakhir ketika Ia sempat berusaha kabur dari tangkapan PKI namun kelompok PKI berhasil  melepaskan beberapa tembakan yang menyasar tepat ke tubuhnya.

4. Letnan Jenderal Siswondo Parman

Pahlawan Revolusi G30S PKI selanjutnya adalah Letnan Jenderal S Parman yang Gugur karena ditembak mati oleh pasukan PKI berseragam Tjakrabirawa (Istana Garda) kemudian tubuhnya dibuang ke Lubang Buaya.

5. Mayor Jenderal D.I. Pandjaitan

Pahlawan revolusi selanjutnya dari peristiwa G30S PKI adalah Mayor Jenderal D.I. Panjaitan. Ia  ditembak mati oleh gerombolan PKI untuk dibuang bersama korban yang lain di lubang buaya. 

6. Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo

Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo juga salah satu pahlawan revolusi berikutnya pada kejadian G30S PKI beliau ditangkap oleh gerombolan PKI yang dilakukan dengan cara menipu dengan alasan dipanggil oleh Presiden Sukarno. Tapi, ia ternyata dibawa ke markas PKI lalu ditembak mati oleh Gerombolan PKI.

7. Kapten Pierre Tendean

Kapten Pierre Tendean adalah pahlawan revolusi satu satunya yang tidak memiliki pangkat jenderal dan yang menjadi korban salah sasaran PKI yang dibunuh namun sebenarnya sasaran utama PKI adalah Jenderal Besar TNI (Purn) Abdul Haris Nasution. Beliau dibunuh di lubang buaya karena memiliki keberanian untuk mengakui dirinya sebagai A.H. Nasution. 

8. AIP Karel Satsuit Tubun

AIP (Ajun Inspektur Polisi) Dua Anumerta Karel Satsuit Tubun (KS Tubun) lahir tanggal 14 Oktober 1928 merupakan satu-satunya perwira Polisi selain anggota TNI yang menjadi korban kekejaman dan pembantaian PKI. Ketika kejadian berlangsung, KS Tubun adalah seorang ajudan dari Johanes Leimena yang merupakan menteri era Pemerintahan Soekarno-Hatta.

KS Tubun ditembak mati oleh anggota PKI ketika sedang mengepung rumah A.H. Nasution. Namun sayang KS Tabun kalah jumlah dengan anggota PKI dan KS Tubun pun gugur ditempat setelah peluru tajam PKI menembus tubuhnya.

9. Brigadir Jenderal Katamso Darmokusumo

Pahlawan revolusi berikutnya adalah Brigjen Katamso lahir di Sragen, 5 Februari 1923 pada hari terjadi pemberontakan sedang bertugas di Wilayah Yogyakarta. 

Brigjen Katamso diculik dan dipukuli dengan mortar motor. Kemudian tubuh Brigjen Katamso dimasukkan ke lubang yang sudah disiapkan PKI. Peristiwa ini terjadi di wilayah Kentungan Yogyakarta.

10. Kolonel Sugiono

Pahlawan Revolusi terakhir adalah Kolonel Anumerta R. Sugiyono Mangunwiyoto, lahir tanggal 12 Agustus 1926. Ia bersama Brigjend Katamso adalah korban penculikan anggota PKI di wilayah Yogyakarta. Mereka berdua kuburkan dilubang yang sama.

Demikian 10 Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Pada G30S PKI yang patut kita ketahui dan semoga artikel informasi tentang Daftar Nama Pahlawan Revolusi Indonesia Pada G30S PKI bisa bermanfaat untuk pengetahuan sejarah kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel