Obat Batuk Pilek Tradisional Untuk Anak

Obat Batuk Pilek Tradisional Untuk Anak

Obat Batuk Pilek Tradisional Untuk Anak

Obat batuk pilek alami untuk bayi
Bayi atau anak – anak memang sangat rentan terkena sakit penyakit. Terutama yang sering diderita bayi atau anak yaitu batuk pilek. Selain cara penularan yang sangat cepat, batuk pilek biasa terjadi karena kekebalan tubuh bayi atau anak sedang tidak bagus, sehingga mudah terjangkit penyakit umum pada anak ini. Apabila dibiarkan batuk pilek juga berbahaya terutama untuk bayi, selain berakibat meningkatnya suhu tubuh pada bayi, batuk pilek juga biasanya membuat pernafasan menjadi terganggu. Untuk itu jika bayi mengalami hal tersebut, perlu segera kita lakukan pengobata, sehingga si kecil tidak mengalami hal yang berbahaya, pengobatan untuk batuk pilek pada bayi bisa dilakukan dengan melakukan pemberian obat dari dokter atau menggunakan bahan kimia, tapi juga bisa dilakukan dengan memberikat obat tradisional untuk bayi dari alam yang lebih aman untuk tubuh si kecil jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Untuk awalan artikel kita akan sedikit bahas tentang perbedaan obat batuk pilek anak dengan bahan kimia dan obat batuk pilek anak dengan tradisional. Untuk obat kimia sendiri biasanya dalam proses pengobatan untuk bayi atau anak akan lebih cepat, namun perlu kita tahu catatan yang penting untuk penggunaan obat kimia kepada bayi atau anak sangat tidak dianjurkan terlalu sering, karena saya tahan tubuh si kecil biasanya masih belum kuat, sehingga sering kita dapati ketika kita ke apotik tanpa resep dokter, pasti ada perbedaan antara obat dewasa, anak – anak, dengan bayi. Terkadang faktor itu juga yang membuat kita was was untuk memberikan obat kimia kepada buah hati kita. Karena sebenarnya obat kimia tersebut tidak langsung mengobati, namun hanya menghilangkan gejala batuk pileknya saja.

Berikutnya kita bahas untuk obat tradisional batuk pilek anak atau bayi. Cara pengobatan batuk pilek anak menggunakan racikan tradisional biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada menggunakan bahan kimia, namun resiko yang ditimbulkan juga relative tidak ada, sehingga kebanyakan orang tua lebih memilih menggunakan bahan herbal alami untuk mengobati batuk pilek pada bayi atau anaknya. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika proses penanganan batuk pilek pada anak dapat ditangani dengan baik dan cepat, terkait keputusan menggunakan cara yang mana hal itu tergantung masing – masing orang tua. Sehingga apapun keputusa yang diambil oleh orang tua akan menjadi resiko dan tanggung jawab masing – masing orang tua. Namun untuk saran dari saya alangkah lebih baik jika kita menggunakan obat tradisonal untuk mengobati batuk pilek pada bayi atau anak kita, karena selain aman dan juga resiko hampir tidak ada. 

Obat alami batuk pilek untuk bayi sebenarnya hanya cukup menggunakan bahan alami yang mudah didapat disekitar kita, antara lain madu dan jeruk nipis. Selain jeruk nipis dan madu bisa juga menggunakan kunyit, dan juga minyak telon dengan jara dipijat. Sekarang kita bahas satu per satu supaya lebih pahan bagaimana cara penggunaannya.

1.Obat tradisional batuk pilek untuk bayi menggunakan jeruk nipis dan madu
Bahan yang diperlukan : 2 sedok jeruk nipis, 4 sendok madu asli, 4 sendok air
Untuk cara pengolahannya sebagai berikut :
Campurkan ketiga bahan tersebut ke dalam air dan kemudian dipanaskan sekitar 10-15 menit. Kemudian berikan ramuan tersebut setelah si kecil makan dengan dosis yang sesuai untuk bayi 6-11 bulan, berikan 2-3 kali sehari dengan dosis masing – masing 1 sendok teh. Untuk 12 bulan ke atas bisa diberikan dengan dosis ½ gelas sekali minum 2-3 kali sehari.

2.Obat tradisional batuk pilek untuk bayi dengan kunyit
Kunyit merukapan bahan alami yang sangat mudah didapatkan, karena biasanya sering kita temui sebagai bahan bumbu masakan, jadi tidak perlu susah susah untuk mencari bahan yang satu ini. Karena sebenarnya kunyit juga bisa digunakan untuk mengobati batuk pada anak. Caranya sangat mudah, bersihkan bagian kunyit yang akan digunakan, kemudian parut dan oleskan di bagian payudara ibu, supaya anak dapat mersakannya ketika sedang minum asi, atau bisa juga dicampurkan di dalam air susu anak, lalu biarkan sikecil meminumnya.

3.Obat batuk pilek bayi menggunakan minyak telon
Untuk bayi usia dibawah 6 bulan, biasanya lebih tepat menggunakan bahan ini, yaitu minyak telon. Minyak yang biasanya dipakai untuk bayi atau anak usia dibawah 6 bulan antara lain minyak kayu putih, minyak peppermint, atau rosemary. Caranya cukup oleskan minyak tersebut ke bagian leher, punggung, dan dada si kecil, tapi ingat jangan terlalu banyak, karena akan tersa lebih panas jika pemberiannya terlalu banyak. Setelah itu lakukan pijatan lembut pada si kecil menggunakan minyak telon tersebut, sehingga tubuhnya menjadi rileks dan nyaman.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM