Cara Mengobati Diare Anak Paling Ampuh Yang Aman

Cara Mengobati Diare Anak Paling Ampuh Yang Aman

Cara Mengobati Diare Anak Paling Ampuh Yang Aman


Ketika anak anda mengalami diare kita sebagai orang tua pasti panik dan was was melihatnya, apalagi sang buah hati terlihat semakin lemas dan terlihat tak bertenaga. Kita sebagai orang tua juga perlu hati hati dalam memilih obta untuk anak kita, apalagi faktor umur yang seringkali susah untuk mencarikan obat jika kita jauh dari pusat perawatan atau dokter. Karena banyak hal bagi kita sebagai orang tua selalu mempertimbangan efek samping dari obat yang akan kita berikan terhadap anak kita,  apalagi obat tersebut akan dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meski diare bukanlah tergolong penyakit keras / berbahaya tapi untuk beberapa kasus diare yang akut juga membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penyembuhannya. Secara umum diare sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu seminggu. Bahkan terkadang hanya dengan obat yang dijula di pasar atau warung terdekat dengan tempat tinggal kita, tanpa harus datang ke dokter spesialis anak.  Melalui artikel ini saya ingin sedikit sharing informasi tentang kesehatan dan bagaimana cara untuk mengobati diare untuk anak anak menggunakan obat obatan tradisional yang tentunya bisa anda buat sendiri di rumah dan juga bagaimana cara untuk mencegah diare pada anak anda. Karena menggunakan obat tradisonal merupakan alternatif yang paling aman terutama untuk anak anda, karena tidak memiliki efek samping seperti obat kimia kebanyakan.

Obat diare anak yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah

Penyebab penyakit diare antara satu dengan yang lain seringkali berbeda beda, karena banyak faktor yang menjadi penyebab diare pada anak. Contohnya makanan yang dimakan terlalu pedas, terlalu asam, atau karena tidak cocok dengan susu formula yang dikonsumsinya, dan masih banyak faktor lainnya juga, yang tetntunya dapat membuat usus pada anak terkejut dengan makanan yang dikonsumsi tersebut dan menyebabkan diare. Dan jika anak mengalami diare, sebagai pertolongan awal penanganan diare pada anak buatlah beberapa macam obat diare menggunakan bahan alami  berikut ini :

1. Oralit
Oralit memang merupakan obat diare yang sudah cukup lama dikenal di indonesia, terutama untuk anak dan balita. Karena menjadi salah satu obat paling manjur untuk mengobati diare pada anak dan balita, sehingga kita tidak perlu lagi membeli obat di apotik ataupun ke dokter. Karena pernah diteliti juga obat diare oralit ini dapat menyembuhkan banyak anak yang menderita diare di seluruh dunia. Cara untuk membuat oralit sebenarnya sangat mudah sekali, berikut langkah langkah yang bisa anda lakukan

Siapkan air mineral / air putih hangat 200 ml, 2 sendok teh gula pasir, dan ½ sendok teh garam dapur
Kemudian larutkan ketiga bahan tersebut kedalam gelas dalam kondisi hangat
Keudian berikan kepada anak penderita diare dengan porsi yang sesuai
Untuk balita dibawah 1 tahun biasanya cukup diberikan ½ gelas oralit saja
Untuk balita diatas 1 tahun biasanya diberikan dengan takaran 1 gelas  oralit

2. Empu Kunyit (indukan Kunyit)
Banyak sekali obat tradisional yang dapat digunakan sebagai obat untuk sakit diare, tidak Cuma untuk anak dan balita, tapi untuk orang dewasa juga sangat manjur untuk mengatasi penyakit diare tersebut, salah satu yang digunakan dan sangat manjur untuk obat diare antara lain adalah empu kunyit, kebanyakan orang hanya tau kunyit jadi semua bagian kunyit memang bisa untuk mengobati diare tapi ada salah satu bagian pada kunyit yaitu empu kunyit kalau orang jawa menyebutnya, itu sangat ampuh dan cepat untuk menghentikan diare yang kita derita, apa itu empu kunyit? Mari kita sharing sedikit, empu kunyit merupakan salah satu bagian paling utama dari keseluruhan cabang kunyit, biasanya ukurannya lebih besar dan bulat yang menopang cabang kunyit itu sendiri, karena empu kunyit merupakan penopang utama / penghubung antara batang kunyit dan cabang kunyit. Cara untuk mengolahnya juga sangat mudah, berikut langkah langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat ramuan obat diare dari empu kunyit :

1. Siapkan Kunyit dan dibersihkan, kemudian buang cabang kecilnya, tapi tidak perlu dikupas kulitnya cukup dicuci sampai benar-benar bersih.
2. Parut kunyit.
3. Peras hasil parutan kunyit tanpa menggunakan air.
4. Saring hasil perasan tambahkan sedikit parutan gula merah untuk mengurangi rasa pahitnya.
5. Aduk-aduk air perasan kunyit dan gula merah sampai rata.
6. Minumkan ke si Anak 2-3 kali sehari, dijamin mampet.

Selamat mencoba semoga bermanfaat dan silahkan komen jika ada yang perlu ditanyakan

This Is The Oldest Page
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM