Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 10 November

Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 10 November

Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 10 November


Peringatan hari pahlawan pada tanggal 10 November setiap tahunnya menjadi suatu momen dimana kita sebagai para penerus bangsa wajib mengingat bagimana perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mempertahankan negara kita Indonesia. Maka pada hari pahlawan 10 November 2017 kali ini banyak sekali kegiatan yang bertemakan pahlawan, untuk mengingatkan kembali bahwa sebenarnya tidak mudah waktu perjuangan dahulu dibandingkan dengan kondisi kita saat ini yang sudah menikmati kemerdekaan. Memperingati hari pahlawan merupakan salah satu mujud penghormatan kita akan jasa para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan semangat yang berkobar penuh perjuangan serta tanpa pamrih mereka terus berjuang, bahkan mereka rela mengorbankan nyawa mereka demi NKRI, seperti yang terjadi di tanggal 10 November 1945 yang lampau. 

Pertempuran pada 10 November 1945 merupakan pertempuran NKRI terbesar sejak Indonesia merdeka. Sehingga pada tanggal 10 November tersebut banyak menelan korban jiwa yang kemudian membangkitkan para pejuang untuk terus mempertahankan kemerdekaan NKRI, biarpun nyawa taruhan mereka. Dari kejadian tersebut wajib bagi kita sebagai penerus bangsa saat ini untuk mejadikan momen 10 November sebagai semangat  serta meningkatkan nilai nilai kepahlawanan kita sebagai anak bangsa. Karena pertempuran 10 November 1945 yang terjadi di surabaya tersbut sangat membekas dalam hati rakyat indonesia, untuk itu pemerintah menjadikan tanggal 10 November menjadi Hari Pahlawan Nasional. Oleh karena itu di momen hari pahlawan kali ini banyak kegiatan yang akan diselenggarakan untuk memperingatin pasca pertempuran 10 November tersebut, banyak dari berbagai instansi, baik itu pemerintahan dan swasta yang sudah mulai mempersiapkan berbagai kegiatan untuk menyambut hari pahlawan 10 November 2017 kali ini, antara lain dari KEMENSOS telah mengadakan doa bersama serta akan mengadakan jalan sehat untuk semua rakyat yang ingin berpartisipasi. 

Selain momen momen hari pahlawan seperti yang diadakan oleh kemensos, pihak swasta juga tidak kalah meriah, banyak kegiatan dan event yang telah mereka adakan untuk menyambut hari pahlawan tersebut, antara lain kontes film bertema pertempuran 10 November, kostum pahlawan dll.

Dengan adanya momen hari pahlawan ini kita harus belajar akan pentingnya persatuan dan kesatuan, karan saat perjuangan saat itu semua orang tidak memandang dari suku mana, dari agama apa, dan latarbelakangnya seperti apa, sedangkan kita lihat akhir akhir ini banyak sekali kejadian yang sangat memprihatinkan. Banyak sekali rakyat yang saling menghujat, memfitnah, bertengkar, dan melakukan berbagai aksi teror. Untuk itu saat ini mari kita semua menjaga keutuhan bangasa dengan cara saling menghormati antara satu dengan yang lainnya, agar semangat persatuan dan kesatuan bangsa selalu terjaga di negara tercinta kita Indonesia.

Melalui artikel ini saya berharap setiap elemen bangsa mari kita sama sama untuk menjada kesatuan Republik Indonesia dengan cara saling menghormati dan mengasihi satu dengan yang lainnya. Supaya Bineka Tunggal Ika tercipta di NKRI secara benar. Dan saya juga berharap hal kecil bisa kita mulai dari dalam keluarga, atuapun di sekitar RT/RW/ Bahkan di desa kita sendiri untuk menunjukkan bahwa kita juga memiliki nilai nilai Persatuan dan Kesatuan Bangsa. Semoga semangat pahlawan di hari pahlawan 10 November 2017 kali ini menjadi momen kebangkitan rakyat indonesia dari berbagai aspek. Baik itu kebangkitan dari prestasi olahraga, kebangkitan dari pertumbuhan ekonomi negara dan banyak hal lain yang tentunya membuat NKRI menjadi lebih baik dan semakin menjadi bangsa besar yang maju dan makmur.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM