Bahaya Sinar Biru Pada HP Android

Bahaya Sinar Biru Pada HP Android

Bahaya Sinar Biru Pada HP Android

Penggunaan Smartphone pada saat ini merupakan hal yang umum dan tingkat penggunaannya juga sangat sering, dan kita sering mengabaikan apa saja dampak yang disebabkan oleh sinar biru yang muncul dari smartphone yang kita gunakan. apa saja sih dampak yang ditimbulkan? Dampak mengerikan dari sinar biru Smartphone terhadap kesehatan mata, baik itu untuk anak – anak maupun untuk dewasa antara lain:

Berikut Dampak Buruk Sinar Biru Pada Smartphone :

1.Kerusakan retina
Kita perlu mengetahui bahwa paparan langsung dari sinar biru dapat menyebabkan degenerasi macula atau hilangnya penglihatan sentral (kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan kalian).

2.Menimbulkan Katarak
Untuk yang satu ini memang masih menjadi perdebadan di dalam dunia medis, namun tidak ada salahnya jika kita lebih berhati – hati dan waspada akan bahaya apapun yang timbul jika kita terlalu sering terpapar sinar biru pada smartphone. Karena GigaOM pernah mengutip terkait pernyataan dari seorang dokter mata, yang menyebutkan bahwa untuk saat ini orang – orang di usia 35 tahun sudah banyak yang mengalami mata berawan dengan katarak seperti orang dengan umur 75 tahun.

3.Merusak Siklus Tidur Normal
Coba sekarang kalian rasakan apakah hal tersebut kalian alami ketika sedang bermain smartphone sebelum kalian tidur. Tanpa kalian sadari siklus tidur normal anda pasti akan berubah menjadi lebih larut malam. Hal tersebut juga dapat mengganggu kesehatan mulai dari obesitas hingga gangguan genetic dan masalah memori lainnya.

4.Resiko Kanker Lebih Tinggi
Orang yang sering mengalami paparan sinar biru pada smartphone akan mengalami gangguan pada produksi melatonin. Melatonin merupakan cairan yang berfungsi sebagai antioksidan. Dengan terlalu sering terpapar sinar biru, akan beresiko merkurangnya produksi melatonin dan akan lebih tinggi dalam mengalami kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Hal ini juga masih dalam proses penelitian oleh team medis.

5.Rentan Mengalami Depresi
Dalam beberapa penelitian yang sudah ada menunjukkan bahwa orang yang tingkat melatonin pada tubuh ditekan dan siklus tidur alami dikacaukan oleh paparan sinar biru mengakibatkan orang tersebut akan lebih rentan terhadap depresi.

Demikian beberapa pengetahuan terkait dampak yang ditimbulkan oleh paparan sinar biru pada smartphone yang sampai sekarang belum kita sadari. Oleh karena itu mulailah untuk lebih bijak dalam penggunaan smartphone terutama jangan terlalu dekat ketika kita menggunakan smartphone tersebut, karena efek dari sinar biru yang dipancarkan dari smartphone sangat tidak baik untuk kesehatan kita.

Jika memang hal tersebut tidak bisa kita lakukan, kita bisa menggunakan berbagai alat ataupun media lain yang bisa membantu kita mengurangi dampak paparan dari sinar biru yang dipancarkan oleh smartphone yang kita gunakan, seperti penggunaan kacamata anti radiasi yang bisa kalian beli di beberapa toko online atau ditempat lainnya, dan anda juga bisa menggunakan berbagai aplikasi yang bisa mengurangi dampak buruk dari paparan sinar biru dari smartphone yang kita gunakan. Untuk penggunaan aplikasi smartphone yang dapat mengurangi dampak buruk dari paparan sinar biru akan kita bahas di artikel saya berikutnya, silahkan tunggu dan jangan lupa komentarnya dibagian bawah ya, silahkan berikan masukan atau juga komentar sehingga kita sama sama berbagi pengetahuan untuk semua yang memerlukan informasi.

Artikel berikutnya akan membahas tentang Bahaya Cahaya Biru HP Android, Bahaya Paparan Sinar Biru Smartphone, Aplikasi Untuk Menghindari Dampak Buruk Paparan Sinar Biru Pada HP, Aplikasi Filter Cahaya Biru, Mode Malam, Pelindung Mata.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM