Contoh Laporan PKL Kerja Praktek SMK TKJ

Contoh Laporan PKL Kerja Praktek SMK TKJ

Contoh Laporan PKL Kerja Praktek SMK TKJ


Laporan Kerja Praktek atau Laporan PKL merupakan suatu keharusan atau kewajiban bagi para murid SMK dalam memberikan laporan kerja kepada Guru atau pengajar selama terjun ke dunia kerja. Seperti halnya dengan “Alexander Ferbianus Irmasius Muda” yang selama 3 bulan telah PKL di PT. Kalimantan Persada Jobsite IBPL di Kota Samarinda dimana tempat saya saat ini bertugas. Memang baru sekitar 1 bulan saya mengajarkan beberapa hal terkait pekerjaan seorang IT, karena memang saya baru mutasi dari Jobsite saya sebelumnya sekitar 1 bulan ini.

Bagi para pelajar SMK terutama untuk SMK Jurusan TKJ pembuatan laporan hasil PKL tentunya menjadi pembelajaran yang sangat berharga, karena selama sekolah mungkin jarang membuat laporan seperti halnya saya dahulu, pembuatan laporan memang sering copas dari internet, supaya lebih cepat dan mudah. Apalagi jika Laporan yang saya dapat di internet sudah lengkap seperti apa yang saya butuhkan, jadi akan lebih mudah bagi saya dalam melakukan editing saja saat membuat laporan.

Sebenarnya selain laporan yang harus kita tau dan bisa dalam membuatnya kita juga harus paham betul apa saja yang harus kita pelajari selama PKL berlangsung, terutama bagi sobat yang masih saat ini melakukan PKL. Sebelum kita masuk dalam pembahasan contoh laporan PKL mari kita bahas terlebih dahulu beberapa hal yang harus diketahui selama PKL berlangsung. Karena di dunia kerja sangat berbeda dengan dunia pendidikan terutama di SMK, beberapa hal yang perlu sobat ketahui tentang tuntutan selama berada di dunia kerja yaitu sbb:

  1. Sobat harus berangkat tepat waktu, karena memang Siswa yang PKL juga harus mengikuti jam kerja karyawan yang berlaku dan kalau sampai terlambat bisa jadi ketinggalan bus penjemputan karyawan. Soalnya lokasi kerjanya lumayan masuk ke pedalaman dan tidak ada angkutan untuk ke lokasi kerja.
  2. Sobat harus mematuhi peraturan yang berlaku di tempat kerja tersebut, seperti halnya di tempat saya, para Siswa PKL wajib juga menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) Antara lain seperti Sepatu Safety, Rompi Kerja, dan Helm.
  3. Siapkan mental karena di tempat sobat PKL akan merasakan banyak tekanan kerja yang mungkin tidak sama dengan di sekolahan.
  4. Siapkan kesehatan dan fisik yang fit, karena selama PKL sobat akan mengikuti juga pola kerja dari tempat kerja dimana sobat PKL nantinya, mungkin saja bisa dari jam 7 Pagi hingga jam 5 sore, atau bisa juga lebih.
  5. Siapkan semangat belajar untuk mendapatkan ilmu di tempat kalian PKL, sehingga kalian bisa banyak menyerap ilmu dari tempat kalian PKL saat ini.
  6. Sobat harus aktif bertanya jika ada hal yang tidak paham atau tidak tau, karena kalau malu bertanya, sobat tidak akan mendapat ilmu apa apa.
  7. Jaka sikap selama PKL, karena di dunia kerja sobat akan menemukan sifat orang yang berbeda – beda, dan masing – masing orang di tempat kerja biasanya memiliki tempramen yang berbeda – beda, apalagi saat mereka sedang mendapat load pekerjaan yang tinggi. Sehingga jika sifat sobat kurang sopan bisa jadi sobat kena marah dari karyawan di situ.
  8. Berusahalah mencatat dan pahami apapun yang sudah kalian lakukan selama praktek kerja atau PKL di tempat kalian, supaya ketika ada trouble yang sama kalian bisa langsung menanganinya. Biarpun lupa kalian bisa muka catatan kalian kembali.


Sesuai janji saya setelah pembahasan hal hal yang perlu sobat ketahui tentang persiapan ap saja yang diperlukan selama PKL tadi. Saat ini kita akan bahas terkait Contoh laporan PKL SMK Jurusan TKJ yang bisa sobat dapatkan, mudah saja sebenarnya kalian hanya tinggal download dan editing Contoh laporan PKL SMK TKJ tersebut.

Sebelum membuat artikel dan laporan ini saya juga punya janji dengan siswa PKL yang ada di tempat kerja, bahwa saya akan masukkan laporan PKL dia ke dalam website saya, sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain, dan juga lumayan bisa numpang terkenal lewat website ini. Langsung saja untuk download contoh laporan PKL SMK Jurusan TKJ silahkan klik di sini.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM