Remote Komputer menggunakan Aplikasi Gratis

Remote Komputer menggunakan Aplikasi Gratis

Remote Komputer menggunakan Aplikasi Gratis


Melakukan perbaikan atau pengecekan Komputer sendiri atau komputer kantor dari jarak jauh sering kita perlukan, karena kita terkadang sangat membutuhkan data atau ada aplikasi komputer yang mengalami gangguan sehingga mengharuskan kita untuk segera mengambilnya atau memperbaikinya, apalagi ketika kita sedang tidak di kantor maka melakukan remote komputer merupakan salah satu alternative terbaik untuk kita dapat segera melakukan perbaikan atau melakukan pengambilan data di komputer yang jauh dari lokasi dimana kita berada.

Kali ini kita akan bahas aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk remote computer dari jarak jauh, hanya dengan kita terhubung ke jaringan internet saja. Sehingga dapat mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan yang jaraknya jauh dari lokasi kita bekerja saat ini. Sebagai contoh ketika saya sedang bekerja di pelabuhan, sedangkan area kerja saya ada 3 area, yaitu tambang dan office tambang.

Sehingga perlu waktu dan sarana jika kita ingin menuju lokasi yang mengalami gangguan komputer, kecuali kalau memang ada kerusakan pada fisik computer, maka kita harus tetap ke lokasi. Namun jika hanya ada kerusakan di sisi aplikasi atau settingan software komputer kita bisa hanya menggunakan aplikasi remote computer gratis yang mudah kita dapat di internet, atau bahkan bawaan dari windows Komputer yang kita miliki.

Berikut Aplikasi Gratis Untuk Melakukan Remote Komputer :

1. Aplikasi Remote Desktop – Bawaan dari Windows
Aplikasi Remote Dekstop Microsoft merupakan salah satu alternative yang biasa dipilih oleh kebanyakan orang, karena tidak perlu download dan install aplikasi baru. Sehingga kita tinggal mencarinya di all program windows dan langsung bisa melakukan remote computer tujuan. Bisa dengan cara remote menggunakan IP komputer atau bisa juga remote menggunakan computer name dari komputer tujuan yang akan kita remote dari jarak jauh.

Untuk memastikan supaya computer benar benar bisa di remote yaitu silahkan berikan akses allow pada remote desktop terlebih dahulu dan silahkan matikan firewall pada kedua komputer yang akan dipakai untuk remote dan komputer yang akan di remote.

Untuk langkahnya sangat mudah yaitu sebagai berikut :
1.Klik start program kemudian cari Remote Dekstop Connection
2. Masukkan IP Address atau Nama  Komputer yang akan kita remote
3. Silahkan masukkan user name dan passwordnya
4. Selesai dan ada sudah bisa melakukan remote computer dari jarak jauh.
Namun untuk melakukan remote komputer menggunakan Remote Dekstop Connection ini kita harus setting juga akses VPN pada computer kita, supaya dapat terhubung ke computer lain yang jaraknya jauh, kecuali kalau jaringan kita masih tersambung langsung, tidak menggunakan internet.

2. Aplikasi VNC
Melakukan remote desktop VNC juga salah satu alternative yang sering dipakai oleh kebanyakan orang IT. Salah stu contohnya yaitu helper support saya di tempat kerja atau istilah umumnya anak buah saya. Penggunaan vnc ini dipilih karena sangat mudah untuk kita dapat mengetahui masalah yang dihadapi oleh user, atau komputer yang rusak. Beda dengan menggunakan remote desktop connection tadi, tampilannya hanya kita saja yang tau, user hanya akan menunggu tanpa bisa tau apa yang kita lakukan.

Kalau menggunakan aplikasi VNC ini kita dan user bisa tau langsung aktifitas apa yang kita lakukan di komputer yang kita remote. Dan user juga bisa tau cara mengatasinya ketika hal tersebut terjadi lagi. Dari sisi tampilan di layar monitor user dan tampilan di computer kita sama, sehingga user yang komputernya kita remote bisa menunjukkan langsung errornya dimana, terus filenya dimana saja.

Sehingga ada 2 sisi yang bisa saling komunikasi secara langsung melalui tampilan monitor di masing – masing computer. Baik itu komputer kita sendiri yang sedang melakukan remote atau pun komputer user yang sedang kita remote.

Namun untuk melakukan remote komputer jika tidak satu jaringan dengan yang kita remote atau melalui internet kita harus  setting juga akses VPN pada komputer kita, supaya dapat terhubung ke komputer lain yang jaraknya jauh, kecuali kalau jaringan kita masih tersambung langsung, tidak menggunakan internet.

3. Aplikasi TeamViewer

Melakukan remote desktop TeamViewer juga salah satu alternative yang sering dipakai oleh kebanyakan orang IT. Salah stu contohnya yaitu helper support saya di tempat kerja atau istilah umumnya anak buah saya. Penggunaan teamviewer ini dipilih karena sangat mudah untuk kita dapat mengetahui masalah yang dihadapi oleh user, atau komputer yang rusak. Beda dengan menggunakan remote desktop connection dan vnc tadi, untuk penggunaan remote desktop connection tampilannya hanya kita saja yang tau, user hanya akan menunggu tanpa bisa tau apa yang kita lakukan.

Kalua menggunakan aplikasi TeamViewer ini kita dan user bisa tau langsung aktifitas apa yang kita lakukan di komputer yang kita remote. Dan user juga bisa tau cara mengatasinya ketika hal tersebut terjadi lagi. Dari sisi tampilan di layar monitor user dan tampilan di computer kita sama, sehingga user yang komputernya kita remote bisa menunjukkan langsung errornya dimana, terus filenya dimana saja.

Sehingga ada 2 sisi yang bisa saling komunikasi secara langsung melalui tampilan monitor di masing – masing computer. Baik itu komputer kita sendiri yang sedang melakukan remote atau pun komputer user yang sedang kita remote.

Aplikasi remote computer dengan teamviewer ini bisa kita lakukan dimanapun ketika kita terhubung jaringan internet, kita bisa melakukan remote, tinggal kita masukan id user dan password yang ada di computer tujuan.

Berikut aplikasi TeamViewer yang bisa sobat download untuk digunakan remote Komputer :



4. Aplikasi DameWare

Melakukan remote komputer dengan DameWare juga salah satu alternative yang sering dipakai oleh kebanyakan orang IT. Salah stu contohnya yaitu helper support saya di tempat kerja atau istilah umumnya anak buah saya. Penggunaan vnc ini dipilih karena sangat mudah untuk kita dapat mengetahui masalah yang dihadapi oleh user, atau computer yang rusak. Beda dengan menggunakan remote desktop connection tadi, tampilannya hanya kita saja yang tau, user hanya akan menunggu tanpa bisa tau apa yang kita lakukan.

Kalua menggunakan aplikasi DameWare ini kita dan user bisa tau langsung aktifitas apa yang kita lakukan di komputer yang kita remote. Dan user juga bisa tau cara mengatasinya ketika hal tersebut terjadi lagi. Dari sisi tampilan di layar monitor user dan tampilan di computer kita sama, sehingga user yang komputernya kita remote bisa menunjukkan langsung errornya dimana, terus filenya dimana saja. Selain itu kita juga bisa melakukan control terhadap computer user, sehingga user bisa kita block untuk tidak menggunakan mouse atau keyboard. Sehingga hanya kita saja yang bisa menggerakan mouse dan keyboardnya. Namun dari sisi user tetap bisa melihat langsung apa aktifitas yang dilakukan di layar monitornya.

Sehingga tetap ada 2 sisi yang bisa saling komunikasi secara langsung melalui tampilan monitor di masing – masing computer. Baik itu komputer kita sendiri yang sedang melakukan remote atau pun komputer user yang sedang kita remote.
Namun untuk melakukan remote komputer menggunakan DameWare ini kita harus setting juga akses VPN pada computer kita, supaya dapat terhubung ke komputer lain yang jaraknya jauh, kecuali kalau jaringan kita masih tersambung langsung, tidak menggunakan internet.

Berikut aplikasi DameWare yang bisa sobat download untuk digunakan remote Komputer :



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM