Tips Sehat Agar Puasa Tidak Lemas

Tips Sehat Agar Puasa Tidak Lemas

Tips Sehat Agar Puasa Tidak Lemas


Tips Sehat Agar Puasa Tidak Lemas - Bulan puasa tinggal menghitung hari, segala persiapan harus dilakukan mulai saat ini, supaya puasa dan semua aktivitas selama bulan puasa bisa berjalan lancar. Supaya kondisi kita tetap bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa maka banyak hal yang perlu kita jaga dan perisapkan, karena selama puasa sobat harus tetap menjalankan aktifitas seperti biasanya, yaitu bekerja bagi mereka yang sudah bekerja, bersekolah bagi para pelajar dan mahasiswa dan aktivitas lainnya.

Asupan nutrisi selama berpuasa sangat diperlukan oleh tubuh, sehingga sobat harus menjaga asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh, oleh karena itu makanan yang kita makan saat sahur dan buka puasa harus diperhatikan nutrisinya, bukan berarti makan makanan seadanya. Menu saat sahur akan sangat penting, karena makanan saat sahur akan menentukan energy yang akan kita peroleh untuk beraktivitas selama seharian penuh, sampai tiba saatnya buka puasa nantinya.

Tips Sehat Selama Puasa :

1. Selama puasa sobat harus perhatikan menu sahur dan saran saya awali sahur sobat dengan segelas air putih hangat terlebih dahulu, agar kondisi organ pencernaan sobat bisa dihangatkan sebelum menerima asupan makanan bernutrisi untuk sahur.

2. Perbanyak sayuran dan buah dalam menu makanan sahur dan saat buka puasa. Supaya tidak terjadi sembelit selama sobat berpuasa, selain hal tersebut dengan banyak mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan maka akan memberikan kesegaran juga pada tubuh sobat ketika menjalankan ibadah puasa.

3. Konsumsi juga makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang banyak, seperti nasi dan juga gandum, karena dengan mengkonsumsi banyak kandungan karbohidrat maka bisa menstabilkan gula darah sobat. Sedangkan makanan yang mengandung banyak zat gula akan membuat tubuh sobat menjadi cepat lelah.

4. Hindarilah menu gorengan ketika sobat ingin berpuasa, karena gorengan cenderung membuat sobat merasa ngantuk setelah selama seharian setelah mengkonsumsinya. Makanan yang digoreng akan membuat berkurangnya kandungan oksigen pada menu makanan yang sobat konsumsi selama sahur.

5. Sobat harus hindari menu makanan pedas dan berlemak, karena akan mengganggu pencernaan sobat selama berpuasa.

6. Hidari tidur setelah makan sahur, supaya energy dari makanan sahur yang sudah sobat konsumsi tidak hilang hanya untuk tidur, namun gunakanlah untuk beraktivitas seperti biasa.

7. Sobat juga harus perhatikan porsi makanan saat sahur, jangan sampai berlebihan karena menganggap akan puasa dan tidak makan siang, makanlah dengan porsi normal.

8. Silahkan sobat menikmati sahur dengan ucapan syukur dan kunyahlah dengan enjoy, jangan sampai terburu buru, supaya tubuh tidak lemas karena tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan sahur yang sobat makan.

9. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak zat besi terutama saat sahur. Karena zat besi dapat membantu pasokan kadar hemoglobin di dalam tubuh, sehingga tubuh terhindar dari lemas dan ngantuk.

10. Yang paling utama adalah persiapkan mental dan jangan lupa berdoa dan buatlah momen puasa kali ini sebagai ibadah yang seharusnya sobat jalankan dengan baik dan penuh iman.

                                               Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 (1439H)

Semoga ibadah puasa sobat berjalan dengan lancar dan juga kondisi kesehatan sobat selama berpuasa akan tetap terjaga. Semoga amal ibadah sobat juga dapat diterima oleh Tuhan, Selamat berpuasa dan semoga semua aktivitas sobat di bulan puasa juga berjalan lancer dan dimudahkan juga bisa kuat sampai tiba saatnya berbuka puasa. Jangan lupa berikan komentarnya ya, dan jika ada masukan silahkan berikan komentar di kolom komentar.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM