Cara Mudah Setting HP Jetdirect 300x atau 510x

Cara Mudah Setting HP Jetdirect 300x atau 510x

Cara Mudah Setting HP Jetdirect 300x atau 510x

Cara Mudah Setting HP Jetdirect 300x atau 510x- HP Jetdirect 300x adalah sala satu perangkat yang dapat berfungsi sebagai IP Printer, sehingga memudahkan kita dalam melakukan konfigurasi Printer Public atau akses printer untuk di sharing ke banyak user. Dengan adanya Perangkat HP Jetdirect ini kita dapat menjadikan printer sebagai client tanpa harus terhubung langsung ke Salah satu komputer menggunakan kanel USB to Printer.

Oleh karena itu bagi sobat yang ingin melakukan penghematan printer terutama di kantor dan ingin melakukan sharing printer tanpa kawatir harus tersambung ke salah satu Komputer. karena jika harus berdekatan dengan komputer kerja biasanya memerlukan ruang atau space lebih luas untuk tempat printer, sehingga ruang kerja kita semakin sempit dan terbatas. belum lagi kalau jarak antar ruangan atau antar user berjauhan, paling tepat ditaruh di tengah ruangan yang bisa dekat diakses oleh banyak orang, dan sehingga tidak memakan banyak tempat di sekitar tempat kita bekerja.

Dengan adanya IP Printer ini atau HP Jetdirect 300x ini sobat tidak perlu membeli banyak printer untuk satu komputer, sehingga sobat bisa langsung menghubungkan 1 printer untuk semua user komputer di kantor yang terhubung ke jaringan yang sama dengan IP Printer HP Jetdirect 300x tersebut. untuk Cara Mudah  Setting HP Jetdirect 300x mari kita bahas bersama step by step untuk setting Jetdirect 300x.

Langkah langkah Setting HP Jetdirect 300x / 510x :
  1. Ketika membeli perangkat HP Jetdirect 300x
  2.  sobat akan mendapatkan beberapa item seperti, Adaptor, Buku Panduan, CD Driver HP Jetdirect 300x, dan perangkat HP Jetdirect 300x itu sendiri.
  3. Untuk melakukan setting langkah awal yang harus dilakukan adalah, sambungkan Jetdirect 300x dengan power adaptor ke power listrik.
  4. Berikutnya silahkan sobat sambungkan HP Jetdirect 300x ke Komputer menggunakan kabel LAN dengan susunan straight
  5. Setting IP Komputer sesuai dengan IP Standard atau IP Default HP Jetdirect 300x yaitu 192.0.0.192 contoh untuk IP Komputer bisa disetting dengan IP 192.0.0.11 untuk subnetmask silahkan isikan 255.255.255.0
  6. Jika sudah selesai setting ip komputer, silahkan  sobat buka browser Internet Explorer untuk melakukan setting IP dan Host name Jetdirect 300x dengan cara ketikan ip default jetdirect 300x tadi 192.0.0.192 pada pengetikan alamat browser
  7. Tampilan setelah sobat masuk ke ip default Jetdirect akan seperti gambar dibawah ini, jika ip komputer dan ip jetdirect sudah benar benar tersambung.
  8. Langkah berikutnya untuk melakukan setting ip dan host name jetdirect 300x silahkan cari menu Administrator supaya muncul beberapa menu yang bisa sobat lakukan untuk setting ip, kemudian cari menu Configuration, kemudian ubah dan isikan host name dan ip address serta subnetmask dan juga gateway sesuai dengan yang sobat inginkan.
  9. Untuk kolom lainnya biarkan saja default dan tidak usah dirubah.
  10. Untuk menyimpan settingan tadi silahkan geser ke bawah dan klik menu Apply. Secara otomatis jetdirect 300x akan melakukan restart.
  11. Untuk melakukan cek apakah settingan sobat berhasil atau tidak, sobat kembali ke settingan ip komputer dan sesuaikan dengan ip address, subnetmask dan gateway yang sudah sobat rubah tadi.
Setting Password HP Jetdirect 300x atau 510x :

Perlu diketahui untuk HP Jetdirect 300x ini juga dilengkapi dengan protect atau security akses, supaya tidak sembarangan orang dapat melakukan settingan pada jetdirect 300x tersebut, terutama jika ada orang yang jahil atau iseng maka protect tersebut sangat membantu dan bisa mengamankan jaringan sobat. Oleh karena itu saya sarankan jika sobat melakukan setting Jetdirect 300x untuk ip printer dikantor jangan lupa tambahkan settingan security access untuk konfigurasi jetdirectnya.

Cara setting Password atau protect access konfigirasi jetdirect akan saya jelaskan di langkah langkah berikut ini, silahkan simak dan perhatikan langkah langkah atau cara setting password HP Jetdirect 300x berikut ini.
  1. Silahkan masuk ke website setting jetdirect 300x seperti langkah pada nomor 6 pada Langkah langkah Setting HP Jetdirect 300x.
  2. Kemudian silahkan masuk ke menu security
  3. Isikan password pada kolom pengisian password kemudian appy.
Cara Reset HP Jetdirect 300x / 510x :

Jika sobat melakukan kesalahan ketika konfigirasi IP dan saat itu settingan ip atau lainnya lupa dan tidak bisa akses kembali ke website settting jetdirect 300x atau 510x maka langkah terakhir untuk bisa melakukan setting ulang jetdirect adalah dengan cara melakukan reset jetdirect ke settingan awal, supaya sobat bila kembali melakukan settingan seperti saat baru pertama kali beli. untuk itu mari simak bersama langkah atau cara reset jetdirect ke settingan pabrik.
  1. Matikan power Jetdirect 300x / 510x
  2. Ketika kondisi jetdirect mati, silahkan tekan tombol Test yang biasanya menyala warna hijau.
  3. Kemudian sambil sobat menekan tombkol test silahkan nyalakan power pada jetdirect 300x / 500x 
  4. Tahan dan tekan selama kurang lebih 1 menit tunggu proses reset selesai.
  5. setelah itu silahkan sobat setting ip komputer sesuai ip default jetdirect 192.0.0.192 kemudian coba akses ip tersebut ke Internet Explorer.
  6. Jika berhasil sobat akan muncul tampilan seperti saat awal setting jetdirect namun jika gagal ulangi lagi dan matikan jetdirect kemudian tekan dan tahan tombol Test dan nyalakan kembali power jetdirect, tahan lebih lama kurang lebih 2 menit. semoga berhasil
Demikian Cara Mudah Setting HP Jetdirect 300x atau 510x yang bisa saya bagikan sesuai dengan pengalaman saya saat melakukan setting  HP Jetdirect 300x atau 510x di kantor saya, semoga dapat membantu memecahkan masalah sobat ketika Setting HP Jetdirect 300x atau 510x. jangan lupa berikan komentarnya ya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM