Ucapan Hari Jantung Sedunia | World Heart Day

Ucapan Hari Jantung Sedunia | World Heart Day

Ucapan Hari Jantung Sedunia | World Heart Day


Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia. Oleh karena itu seluruh masyarakat harus mengambil peran dalam mencegah tingginya angka kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan stoke. Bertepada dengan Hari Jantung Sedunia 2018 kali ini, mari kita sama sama bergerak untuk menjaga kesehatan diri kita supaya terhindar dari penyakit jantung.

Pada tanggal 29 September seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD). Dalam kegiatan WHD tahun ini melakukan promosi untuk menekan tingginya penyakit sakit jatung dan stroke dengan promosi utamanya Teliti Kardiovaskular Secara Berkala Untuk Menjaga Kesehatan Jantung.

APA ITU JANTUNG?

Jantung adalah salah satu organ tubuh pada manusia yang memiliki peran penting dalam system peredaran darah manusia.

APA ITU PENYAKIT JANTUNG ?

Merupakan penyebab utama kematian di Indo-nesia, dengan pravelensi mencapai 37%. Penyakit jantung merupakan sebuah penyakit yg me-nyebabkan kondisi jantung tidak dpt melaksanakan funsinya dengan baik, yang meng-gangu system pembuluh darah atau yang me-nyerang jantung dan urat-urat atau pembuluh darah.

Istilah “penyakit jantung” mengacu pada bebera-pa jenis kondisi jantung. Jenis yang paling umum adalah penyakit arteri coroner, yang bias me-nyebabkan serangan jantung. Penyakit jantung coroner (PJK), sebenarnya adalah akibat dari pen-yakit arteri coroner. PJK merupakan istilah umum atas terjadinya penumpukan plak di arteri jan-tung yg bias menyebabkan serangan jantung.

APA PENYEBABNYA ?

Penyebab serangan jantung terjadi saat darah yg mengalir ke jantung tersumbat (seringkali disebabkan oleh bekuan darah). Hal ini terjadi karena arteri coroner yg mengalirkan darah ke jantung perlahan menebal dan mengeras akibat

Terjadinya penumpukan lemak, yg disebut plak. Saat plak dan bekuan darah menghalangi aliran darah, maka terjadi se-rangan jantung. Kemudian otot jantung mu-lai mati dan kerusakan terus berlanjut sela-ma arteri tersumbat. Begitu otot jantung ma-ti haslinya adalah kerusakan jantung per-manen. Plak umumnya disebabkan oleh ma-kanan tinggi lemak, kebiasaan merokok, dia-betes, hipertensi, dan kurang olahraga.

APA GEJALANYA ?
  1. Nyeri dada yg hebat disertai muntah
  2. Berdebar-debar
  3. Cepat letih, Sesak nafas
  4. Ada riwayat sering pingsan
  5. Sesak bila tidur telentang
  6. Bebrapa organ tubuh membiru
  7. Serta perut dan bagian kaki membengkak
  8. Lemah, pusing, mual (mual sampai ke ba-gian perut), atau berkeringat dingin
  9. Nyeri sekitar rahang, leher, punggung, lengan atau bahu seseorang
MACAM-MACAM PENYAKIT JANTUNG ?
  1. Jantung coroner, terjadi karena pembuluh darah pd arteri coroner menyempit atau ter-sumbat, yg mengakibatkan oksigen tdk dpt mengalir dg baik ke jantung, sehingga fungsi jantung sbg pemompa darah terganggu.
  2. Hipertensi, atau tekanan darah tinggi diatas batas normal lenih dr 140/90 mmHg dlm jangka waktu lama.
  3. Stroke, terjadi akibat minimnya pasokan darah yang mengalir ke otak.
CARA MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG ?
  1. Cobalah untuk menurunkan tekanan darah anda jika hingga saat ini masih tinggi
  2. Makan makanan sehat yg rendah lemak jenuh, lemak trans, dan lemak sodium (garam)
  3. Berolahraga secara teratur
  4. Mencapai dan mempertahankan berat badan sehat
  5. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara tera-tur
  6. Control gula darah jika anda menderita diabe-tes.
Cukup jelas bukan penjelasan dari saya terkait Hari Jantung Sedunia atau World Heart Day serta bagamana cara mencegahnya. Untuk memperingati Hari Jantung Sedunia biasanya kita memerlukan ide ucapan atau gambar ucapan Hari Jantung Sedunia. Oleh karena itu melalui artikel ini saya juga akan berbagi Ucapan Selamat Hari Jantung Sedunia atau Happy World Heart Day 2018 yang bisa sobat bagikan untuk semua orang, atau juga dijadikan status di media sosial sobat semua.

Berikut Ucapan Selamat Hari Jantung Sedunia :

One World One Home One Heart. Happy Heart Day 2018

Sayangi Jantung Anda Dengan SEHAT
S = Seimbangkan Gizi
E = Enyahkan Rokok
H = Hadapi dan Atasi Stres
A = Awasi Tekanan Darah
T = Teratur Olahraga


Keren Tanpa Rokok ! Menjaga Jantung Tetap Sehat. Selamat Hari Jantung Sedunia.

Bagaimana menurut sobat? lumayan bukan gambar ucapan selamat hari jantung sedunia yang saya bagikan. Semoga bermanfaat untuk sobat, dan silahkan copy paste secara gratis dan bagikan melalui media sosial sobat. Jangan lupa berikan komentarnya ya. Salam Jantung Sehat Supaya Hidup lebih Sehat.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM