Cara Penukaran ATM Debit Gerbang Pembayaran Nasional | GPN

Cara Penukaran ATM Debit Gerbang Pembayaran Nasional | GPN

Cara Penukaran ATM Debit Gerbang Pembayaran Nasional | GPN

 Cara Penukaran ATM Debit Gerbang Pembayaran Nasional | GPN - Tahun ini Bank Indonesia ( BI ) sedang gencar dalam mempromosikan atau berkampanye tentang kartu ATM / Debit dengan Logo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).  Bagi sobat yang belum mengetahui tentang apa itu GPN atau apa yang dimaksud dengan Gerbang Pembayaran Nasional, mari kita ulas bersama manfaat dan bagaimana cara pengurusan ATM / Debit berlogo GPN.

Sebenarnya Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN mulai di kampanyekan oleh BI "Bank Indonesia" Sejak 4 Desember 2017 namun mulai terealisasi di Tahun 2018. Dengan adanya sistem jaringan antarbank yang diinisiasi oleh BI ini diharapkan dapat mempermudah semua transaksi data perbankan yang dilakukan oleh masyarakat terutama untuk Nasional Domestik di Indonesia.

Apa itu Gerbang Pembayaran Nasional ? 

GPN adalah Gerbang Pembayaran Nasional yang merupakan sistem pembayaran yang terdiri dari Standart, Switching, dan Service. GPN atau bisa juga disebut dengan National Payment Gateway ini memiliki tiga sistem dan dibangun melalui seperangkat aturan dan mekanisme untuk menghubungkan berbagai instrumen serta kanal pembayaran dalam skala nasional.
Penjelasan Tiga Sistem Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN :

  1. Standart GPN merupakan spesifikasi secara teknis dan operasional yang telah dibekukan
  2. Swiching GPN merupakan infrastruktur yang memiliki fungsi untuk pusat penghubung dalam meneruskan transaksi data pembayaran melalui jaringan dengan sebuah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), Uang elektrinik dan atau transfer dana.
  3. Service GPN merupakan fasilitas layanan yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan industri sistem pembayaran ritel
Manfaat Penggunaan Kartu ATM atau Debit Berlogo GPN :
  1. Semua masyarakat Indonesia dapat menggunakan Kartu ATM atau Debit berlogo GPN untuk bertransaksi di seluruh kanal pembayaran di Indonesia.
  2. Seluruh masyarakat dapat bertransaksi lebih aman dan nyaman, karena kartu berlogo GPN sudah dilengkapi dengan fitur keamanan yang memiliki standar keamanan yang terbaik dan yang terpenting semua proses dilakukan di dalam negeri dan menggunakan jaringan domestik, sehingga menjamin keamanan data transaksi masyarakat.
  3. Tidak ada biaya yang dikenakan oleh merchant karena penetapan Merchant Discount Rate (MDR)
  4. Mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran tanpa harus membawa uang tunai, karena semua kanal pembayaran sudak terhubung atau terkoneksi serta dapat saling diwujudkan
  5. Untuk sisi biaya administrasi akan lebih murah karena semua proses data dilakukan di domestik sehingga dapat lebih efisien dan efektif.
Bagaimana cukup jelas bukan informasi yang saya sampaikan tentang Gerbang Pembayaran Nasional yang resmi dilincurakan Bank Indonesia tersebut. Untuk pembahasan selanjutnya saya akan menjelaskan tentang proses penggantian kartu atm atau debit berlogo PGN, dan penjelasan ini merupakan pengalaman pribadi yang dilakukan istri tercinta ketika melakukan penukaran Kartu ATM lama ke Kartu ATM baru berlogo GPN di Bank Rakyat Indonesia ( BRI ).

Untuk nasabah Bank Rakyat Indonesia atau BRI sudah mulai memberlakukan penggantian wajib bagi pemilik kartu ATM atau Debit BRI Simpedes, sehingga bagi sobat yang memiliki ATM atau Debit Simpedes silahkan melakukan penggantian Kartu Berlogo GPN. Untuk Cara Penggantiannya akan saya jelaskan seperti berikut ini, sesuai pengalaman yang dilakukan oleh Istri saya Tercinta.
Cara Tukar ATM atau Debit BRI Berlogo GPN :
  1. Sebelum berangkat ke Bank persiapkan terlebih dahulu syarat dan ketentuan seperti Bawa Kartu Tanda Penduduk "KTP" Asli dan juga Kartu ATM atau Debit BRI sobat, dan jangan lupa bawa buku tabungan BRI Simpedesnya
  2. Setelah semua syarat tersebut lengkap, kemudian silahkan bawa persyaratan nomor satu tadi ke Bank Rakyat Indonesia di Cabang terdekat dan ambilan nomor antrian terlebih dahulu sebelum menuju ke konter CS BRI. Saat pengambilan nomor antrian biasanya akan ditanya oleh security bank tentang keperluan sobat apa? dan sobat akan diberikan formulir pengisian data diri untuk penggantian ATM atau Debit Berlogo GPN
  3. Tunggu dengan sabar sambil isikan data pada Form yang disediakan oleh Bank BRI, pastikan data yang sobat isi sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk atau KTP
  4. Setelah dipanggil oleh pihak CS silahkan sampaikan niat sobat untuk menukarkan ATM berlogo GPN
  5. Pihak CS akan meminta persyaratan dan melakukan proses penggantian
  6. Tunggu dengan sabar hingga proses penggantian Kartu ATM atau Debit selesai
Dengan adanya GPN dalam semua transaksi perbankan di Indonesia ini diharapkan dapat semakin mempermudah transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran "EDC" sehingga dapat melakukan efisiensi waktu serta biaya. 

Selain efisiensi GPN juga akan menjamin keamanan data, karena semua proses dilakukan di dalam negeri dan melalui jaringan domestik yaitu ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link. Serta yang tperlu diperhatikan adalah masyarakat dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena semua proses dilakukan oleh domestik serta bank tidak dikenakan biaya lisensi logo.

Untuk Bank Lain di Indonesia (Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dll) juga mulai menerapkan penggantian Kartu ATM / Debit berlogo GPN untuk itu mari kita sama sama jalankan dan kampanyekan program Bank Indonesia dalam merubah perbankan Nasional Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat yang belum mengetahui apa itu Gerbang Pembayaran Nasional dan bagaimana cara melakukan penukarannya. Silahkan bagikan informasi ini ke semua orang sehingga program pemerintah terutama Bank Indonesia dapat berjalan lancar untuk Indonesia Maju dan Indonesia lebih baik lagi.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM