Cara Melakukan Kalibrasi Drone DJI Phantom 4 Pro ke Android

Cara Melakukan Kalibrasi Drone DJI Phantom 4 Pro ke Android

Cara Melakukan Kalibrasi Drone DJI Phantom 4 Pro ke Android

Cara Melakukan Kalibrasi Drone DJI Phantom 4 Pro ke Android - Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, banyak kita temui anak anak muda dengan lihainya menerbangkan sebuah alat yang mereka gunakan untuk mengambil foto dan video. Mungkin sebagian di antara kita merasa alat tersebut seperti asing namun terlihat keren dan asik. 

Pastinya kita sebagai orang awam sering bertanya tanya apa nama alat canggih yang bisa terbang dan dengan mudah mengambil foto dan video dari berbagai arah dari ketinggian yang bervariasi tersebut dan kira kira berapa harganya. Drone adalah salah satu alat canggih yang awalnya hanya digunakan di dunia militer, namun dengan semakin pesatnya kebutuhan akan teknologi saat ini, maka drone sudah bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk berbagai keperluan, seperti pembuatan film, pengambilan gambar dll.

Drone merupakan salah satu alat canggih yang berupa kendaraan terbang, banyak model dan tipe drone sendiri, ada yang berbentuk helikopter dan mungkin pesawat terbang. dengan adanya drone ini tentu saja banyak manfaat yang bisa diperoleh terutama untuk keperluan pengambilan foto dan video, karena view kamera bisa terlihat lebih keren dengan pengambilan gambar dari atas. 

Untuk penjelasan tentang apa itu drone cukup disini dulu ya sobat, nah bagi pemula seperti saya penggunaan drone pasti belum begitu jago, dan perlu belajar banyak tentang cara merakit drone, cara melakukan kalibrasi drone dengan hp android, cara pengoprasian drone dengan benar dan cara pengambilan foto dan video dengan drone.

melalui artikel saya kali ini akan sedikit membahas tentang drone DJI Phantom 4 Pro seperti yang saya operasikan di tempat kerja. Berawal dari sebuah tugas untuk pembuatan video presentasi project dan juga pengambilan foto untuk sang pimpinan, penggunaan drone DJI Phantom 4 Pro menjadi hal baru bagi saya, dan tentu saja banyak hal yang saya sendiri belum tau, memang sebelum menggunakan drone DJI Phantom 4 Pro ini saya juga pernah menggunakan Drone DJI Phantom 3 namun saat itu masih belum aktif di dunia blogger, sehingga tidak sempat saya bagikan langkah langkah pengoprasian Drone DJI Phantom 3 waktu itu.

Pada kesempatan ini tidak akan saya lewatkan untuk terus berbagi terkait penggunakan Drone DJI Phantom 4 Pro karena selain semakin sering saya menggunakan nantinya dalam berbagai keperluan video dan foto, Dron Phantom 4 Pro itu sudah menjadi salah satu asset perusahaan tempat saya bekerja. 

Spesifikasi Drone DJI Phantom 4 Pro
- 20MP CMOS Sensor 
- Gimbal-Stabilized 4K60 atau 20MP Imaging 
- Flight Autonomy with Redundant Sensors 
- Four Directions of Obstacle Avoidance 
- Kecepatan hingga 45 mph in Sport Mode 
- Maximum Control Range of 4.3 Miles 
- Visual Tracking of Moving Subject 
- Tap Fly 
- Fly With a Tap of the Finger 
- Up to 30 Minutes Flying Time 
- Remote Controller with 1080p Display

Di dalam Box terdapat :
* DJI Phantom 4 Pro+ Quadcopter 
* Remote control for Phantom 4 Pro Quadcopter with Display 
* 4 x Propeller Pairs 
* Flight Battery 
* Battery Charger
* AC Cable for Battery Charger 
* Gimbal Clamp 
* USB OTG Cable 
* Micro-USB Cable
* 16GB microSD Card 
* Carrying Case pada kamera Phantom 4 Pro memiliki sensor CMOS 1 inci resolusi 20 megapiksel dan memiliki jangkauan rentang dinamik kecerahan
11,6 stop. 

Dengan rentang dinamik yang luas, maka sensor bisa membedakan gelap-terang lebih Phantom 4 Pro bisa memotret 14 foto per detik dalam mode burst dan merekam video gerak lambat dengan kecepatan 60 fps. Phantom 4 Pro terlihat semakin pintar ketika terbang dengan ditanamkannya empat sensor di sisi-sisinya. Dan Menggunakan sensor itu, membuat drone bisa terbang dan menghindari halangan dari segala penjuru diketahui, drone sebelumnya, DJI Phantom dan DJI Mavic, hanya dibekali dengan sensor di satu sisi. Oleh sebab itu, keduanya hanya dapat menghindari berbagai halangan dari arah depan saja. Berkat pemasangan sensor yang lebih banyak ini, kecepatan puncak drone saat menghindari halangan jadi lebih meningkat, dari 35 km/jam kini menjadi 50 km/jam. Perbedaan lainnya dari DJI Phantom 4 Pro yaitu bisa dikendalikan dengan remote yang memiliki layar terintegrasi.

Langsung saja mari simak bersama langkah awal untuk melakukan kalibrasi drone DJI Phantom 4 Pro sebelum kita masuk ke cara pengoprasian Drone DJI Phantom 4 Pro.

Cara Melakukan Kalibrasi Drone DJI Phantom 4 Pro ke Android

Sebelum melakukan kalibrasi drone DJI Phantom 4 Pro pastikan semua item komponen drone terpasang dengan benar sehingga tidak mengalami error atau kerusakan ketika akan digunakan. Untuk kalibrasi Drone DJI Phantom 4 Pro sendiri bisa dilakukan bila :
  1. Drone baru dibuka atau unboxing
  2. Setelah selesai melakukan update firmware baru bisa dilakukan MUI Klaibrasi
  3. Jika drone mengalami warmingup lebih lama dari biasanya
  4. Jika gimbal tidak sesuai dengan level seharusnya
Untuk melakukan kalibrasi drone yang harus diperhatikan lagi adalah luas area ruangan yang cukup dan suhu ruangan sekitar 20-25 Derajat. selain itu pastikan kondisi baterai terisi penuh dan juga pastikan drone diletakkan dalam kondisi rata atau datar agar kalibrasi dapat dilakukan dengan sempurna.

Langkah Kalibrasi MUI Drone DJI Phantom 4 Pro
  1. Hubungkan kabel data dari remote control phantom 4 pro ke android
  2. Nyalakan remote control drone dengan cara menekan tombol power 2x
  3. serta nyalakan power drone dengan menekan 2x tombol power
  4. Selanjutnya silahkan masuk ke aplikasi DJI pada HP android sobat GO FLY
  5. Kemudian tekan menu di bagian kiri layar android seperti berikut ini
  6. Selanjutnya masuk dan tekan menu kalibrasi
  7. Tekan menu tulisan MUI Klaibrasi yang berwarna biru
  8. Prosesn selanjutnya dalah melakukan tahap kalibrasi MUI Drone dan ikuti proses peletakan drone dengan benar sesuai arahan yang diminta
  9. Posisikan drone sesuai instruksi gambar 1
  10. Posisikan drone sesuai instruksi gambar 2
  11. Posisikan drone sesuai instruksi gambar 3
  12. Posisikan drone sesuai instruksi gambar 4
  13. Posisikan drone sesuai instruksi gambar 5
  14. Posisikan drone sesuai instruksi gambar 6
  15. Kalibrasi selesai dan akan tampil seperti berikut

  16. Kemudian restart semua perangkan drone dan remote control dengan menekan tombol power 2x untuk dimatikan
  17. Kemudian nyalakan kembali, proses kalibrasi selesai
Bagaimana Cukup mudah bukan, selamat mencoba dan selamat berkarya dengan drone DJI Phantom 4 Pro. Semoga artikel sederhana ini bisa menambah pengetahuan sobat pemula yang menggunakan drone DJI Phantom 4 Pro. Tunggu artikel saya yang akan mengupas tuntans berbagai cara pengoprasian Drone DJI Phantom 4 Pro, jangan lupa kmentarnya ya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM