Apa itu FoxPro DOS? Sofware Siluman DPT Karya Idham Tim BPN

Apa itu FoxPro DOS? Sofware DPT Tim BPN  - Software FoxPro bawaan dari Sistem Operasi DOS saat ini mulai ramai dicari dan dibahas, setelah adanya berita dari berbagai media online besar seperti Detik.com dan Kompas.com serta sudah ditayangkan juga di beberapa siaran televisi.

Bahkan seorang ahli IT dari tim BPN juga telah mempraktekkan bagaimana penggunaan dari aplikasi FoxPro DOS tersebut, dan membuat para netizen bertanya tanya apa itu aplikasi FoxPro DOS yang bisa menjadi alat pencari DPT yang tidak terdaftar bahkan saking janggihnya bisa mengetahui data penduduk yang dipalsukan, " Menurut ahli IT dari Tim BPN".

Berikut ulasan dari saya yang saya rangkum dari Wikipedia, FoxPro adalah salah satu sistem database management, atau database management system (DBMS), yang juga merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek, FoxPro adalah aplikasi yang dibuat oleh Fox Software.

FoxPro beralih kepemilikan ke Microsoft setelah pembuat Windows bergabung dengan Fox Software pada tahun 1992. Pada zaman atau era FoxPro , software FoxPro terbilang sangat populer serta memiliki banyak komunitas pengguna yang aktif maupun programmer.

Software FoxPro Sendiri pertama kali dikembangkan pada era tahun 1984, dengan pengeluaran versi terakhirnya adalah Versi 2.6, dirilis pada tahun 1994, dan hanya tersedia untuk Sistem Operasi MS-DOS, Macintosh,Windows,  serta UNIX. 

Dari penjelasan tersebut bisa kita ketahui pada era tahun tersebut sesuai informasi yang telah saya rangkum dari Wikipedia, bahwa aplikasi FoxPro keluar pada era sebelum akses internet digunakan oleh banyak orang, serta aplikasi FoxPro MS-DOS tersebut bahkan tidak bisa tersambung dengan internet sehingga data serta berbagai aktivitas penggunaan aplikasi FoxPro DOS hanya bisa pakai database inputan manual dan databasenya tidak bisa akses ke database online dari website.

Bagaimana bisa database lokal yang tidak bisa akses ke database online web bisa memperoleh data DPT yang telah dirilis KPU menggunakan database website? Hal tersebutlah yang menjadi perbincangan banyak ahli IT jaman sekarang. dan saya sendiri yang bekerja di dunia IT juga bertanya tanya bagaimana bisa aplikasi FoxPro bisa digunakan sebagai pembaca database KPU.

Pengalaman saya menggunakan aplikasi FoxPro MS-DOS memang benar penjelasan dari berberapa netizen terkait Aplikasi FoxPro, dan untuk database memang hanya bisa diinput manual dan juga dikelola di komputer itu sendiri sehingga tidak mungkin bisa digunakan untuk akses ke database online web. Bahkan software FoxPro juga tidak bisa terkoneksi ke internet server. Serta hasil laporan atau output dari aplikasi FoxPro juga tidak bisa berupa excel atau .xls . Aplikasi FoxPro juga hampir sama dengan bahasa pemprograman turbo pascal, delphi, C++. dan untuk memperoleh data di FoxPro hanya bisa diinput dulu manual baru bisa dilihat datanya di aplikasi FoxPro. Oleh karena itu data yang muncul tidak bisa asal muncul dari tarikan database online atau server online lainnya.

Untuk saat ini aplikasi FoxPro sudah jarang digunakan oleh pakar IT bahkan pembelajaran di berbagai institusi pendidikan juga jarang menggunakan Aplikasi FoxPro MS-DOS. dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini sudah banyak aplikasi sejenis FoxPro namun sudah lebih canggih dan modern sehingga lebih mempermudah dalam penggunaan serta pengelolaannya.

Silahkan berpendapat sendiri terkait penggunaan aplikasi FoxPro DOS tersebut yang sedang hangat dikaitkan dengan Aplikasi Canggih yang dapat mengetahui data siluman dari DPT yang dikeluarkan oleh KPU di tahun 2019 tersebut. Semoga Informasi dari saya ini dapat sedikit menggambarkan apa itu aplikasi FoxPro MS-DOS yang sedang viral setelah berakhirnya pemilu 2019 atau setelah muculnya berita Software Siluman DPT Karya Idham saksi tim BPN untuk memunculkan NIK Siluman sebagai barang bukti di Mahkamah Konstitusi.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel