Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan IPA

Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan IPA - Memilih jurusan masuk kuliah setelah lulus SMA IPA terkadang menjadi hal yang sangat sulit bagi kebanyakan orang. Karena memilih kuliah dan jurusannya akan menentukan apa yang akan dicapai di kemudian hari, baik itu pekerjaan di kemudian hari, atau usahanya kedepan.

Namun bagi lulusan IPA sebenarnya bebas menentukan pilihan untuk kuliah dimana, dan kuliah jurusan apa. Pemilihan Kuliah tentu saja tergantung pribadi masing masing orang, yang bisa menjadi acuan adalah apa yang menjadi cita - cita dari sobat yang baru lulus SMA IPA, dan apa yang menjadi hobi dan bisa disalurkan di tempat kuliah nantinya.

Melalui artikel dan coretan saya kali ini akan memberikan sedikit gambaran tentang kuliah yang cocok untuk lulusan IPA dan mungkin bisa juga sebagai acuan bagi lulusan IPS atau mungkin SMK yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Jurusan Kuliah Untuk Lulusan SMA IPA :

1. Kuliah Jurusan Matematika dan IPA (MIPA)

Jika sobat merasa jago dalam menghitung matematika serta logikanya baik maka jurusan MIPA sangat cocok untuk sobat. Karena setelah lulus dari kuliah nantinya sobat akan mendapatkan pekerjaan yang gajinya lumayan besar namun ingat harus diimbangi dengan ketekunan serta kerja keras selama menempuh pendidikan di kuliah, sehingga nilai dan keahlian selama kuliah dapat menjadi tolak ukur perusahaan dalam merekrut kalian.

Prospek Kerja : Staff di Perushaan Pertambangan atau Perminyakan

2. Kuliah Jurusan Teknik Elektro

Untuk pemilihan jurusan teknik elektro merupakan salah satu alternatif terbaik bagi kalian yang lulus dari SMA IPA dan tentu saja teknik elektro ini akan memiliki prospek dunia kerja yang baik 10 tahun mendatang, san dari pengalaman para lulusan Teknik Elektro saat ini banyak yang menempati posisi tinggi di berbagai perusahaan.

Sehingga bagi kalian yang baru lulus silahkan memilih teknik elektro sebagai salah satu pilihan kuliah kalian dan tetap tekun dalam giat dalam berlajar.

Prospek Kerja :  Operator Ahli dan Vendor Perusahaan Telekomunikasi atau Elektronika


3. Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Bagi sobat lulusan SMA terutama IPA memilih jurusan Teknik Informatika merupakan pilihan yang tepat, karena kita semua tahu bahwa saat ini dunia semakin berkembang dengan berbagai kecanggihan teknologi  sehingga dalam dunia kerja akan sangat dibutuhkan.

Jika sobat memilih jurusan Teknik Informatika sobat akan ada pilihan lagi untuk fokus kuliahnya nanti, pilihan jurusannya antara lain Programmer, Desain Multimedia, Network, dan Mobile Programmer. Mungkin ada jurusan lain tergantung dari Universitas masing masing dan mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Prospek Kerja : Staff Ahli Perusahaan Telekomunikasi, Informatika, dan Staff IT Administrator Hampir Semua Perusahaan.

4. Kuliah Jurusan Teknik Nuklir

Sobat yang lulusan IPA juga cocok masuk kuliah di jurusan Teknik Nuklir karena selain langka, jurusan ini juga sangat diperlukan dan tentu saja gajinya juga besar bagi lulusan yang sudah bekerja di dunia Nuklir dan bisa jadi sobat bekerja di luar negeri sebagai ahli nuklir.

Prospek Kerja : Perusahaan Nuklir atau LAPAN, Karyawan PLTN dan Perusahaan Senjata API

5. Kuliah Jurusan Teknik Sipil

Prospek Kerja : Kotraktor dan Arsitek

6. Kuliah Jurusan Teknik Fisika, Teknik Mesin dan Teknik Industri

Prospek Kerja : Teknisi dan Karyawan Perusahaan Industri

7. Kuliah Kedokteran

Menjadi dokter adalah impian banyak orang terutama waktu kecil dan mungkin bagi kalian yang lulusan SMA IPA menjadikan dokter sebagai salah satu impian kalian, karena seperti yang kita ketahui jika Dokter adalah salah satu pekerjaan yang cepat menghasilkan banyak uang, serta pastinya sangat diperlukan dimanapun ditempatkan.

Untuk jurusan pendidikan dokter sendiri tergantung pilihan sobat, ingin jadi dokter spesialis (Dokter Kulit, Dokter Gigi, Dokter Kandungan dll) atau dokter umum. Silahkan tentukan pilihan kalian.

Prospek Kerja : Rumah Sakit, Klinik , Konsultan Kesehatan dan Buka Praktek Sendiri Di Rumah

8. Kuliah Jurusan Agribisnis dan Pertanian

Prospek Kerja : Konsultan Pertanian dan Ahli Pertanian

9. Kuliah Jurusan Farmasi

Prospek Kerja : Staff Kesehatan, Ahli Farmasi, dan Suster / Perawat

10. Kuliah Jurusan Teknik Lingkungan

Prospek Kerja : Ahli Lingkungan, Konsultan Lingkungan atau Ahli Ekologi Industri

Bagaimana saran dari saya? silahkan tentukan pilihan kalian dalam memilih Kuliah yang terbaik dan juga pastikan jurusan kuliah yang sobat ambil adalah impian dan juga pastikan kalian suka dengan jurusan tersebut, karena jika kedua hal itu tidak ada maka kuliah kalian akan sia - sia. Rasa malas saat kuliah akan muncul jika jurusan yang kalian ambil adalah hasil paksaan dari orang lain. 

Mulai saat ini carilah hobi dan juga keahlian kalian, sehingga dapat lebih mudah dalam melakukan pengembangan di jurusan kuliah yang akan sobat ambil nantinya. Semoga informasi dan sara dari saya ini dapat bermanfaat untuk masa depan kalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel