Cara Transfer File Android ke Laptop menggunakan jaringan wifi

Cara Transfer File Android ke Laptop menggunakan jaringan wifi
Pada saat ini penggunaan wifi sangatlah lazim di temukan , di mulai dari warung kopi yang menyediakan layanan free wifi hingga provider layanan internet yang mulai tumbuh subur , menawarkan berbagai promo paket layananya.

Nah dengan penggunaan internet seperti yang saya sebutkan tadi , pasti sering sekali kamu melakukan transfer file data apalagi di era sekarang ,tuntutab pekerjaan yang segalanya sekarang sudah mulai dalam bentuk digitalisasi.

Bila waktu dulu, proses transfer file kebanyakan dengan menggunakan kabel data ,flashdisk,Bluetooth dll mempunyai berbagai kelemahan dan dari pengalaman yang saya pernah alami terkadang terdapat berbagai alasan misalkan ‘lupa membawa kabel data’ atau bahkan kabel data yang kamu bawa mengalami kerusakan.

Ribet Bukan ?
Nah ada cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal ini , sebelum masuk pembahasan mengenai cara transfer nya sebelumnya saya akan berikan beberapa tips yang saya dapatkan ketika menggunakan tutorial ini

# Syarat Persiapan
  1. Download aplikasi playstore sebagai alat transfer yang nanti nya bisa kamu gunakan
  2. Harus dalam satu jaringan wifi agar nanti ponsel kamu dapat terdeteksi


# Tips
  1. Transfer data yang saya sarankan tidak bergiga-giga walaupun bisa , tetapi membutuhkan waktu yang sangat lama
  2. Data yang di transfer bisa berbagai type / ekstensi seperti (.doc .apk .exe dll)
  3. Dalam pengalman saya ketika mentrasfer data usahakan untuk ponsel selalu dalam keadaan layar hidup , artinya tidak sedang waktu screen off (hal ini terkadang menyebabkan transfer data failed)
Mungkin itu tadi beberapa pengalaman saya menggunakan tutorial transfer data , simak langkah berikut ini untuk lebih jelasnya.

Cara Transfer File Android to Laptop menggunakan jaringan wifi

Langkah 1 |Download Aplikasi
Lakukan penginstalan aplikasi setelah kamu download pada link/tautan

Langkah 2 | Setting Aplikasi
Setelah itu lakukan setting pada aplikasi FTP tadi dengan pilih titik tiga atas >> Pengaturan >> Kosongkan pada menu “Password” (supaya memudahkan agar login nanti tidak usah menggunakan password) tetapi jika kamu ingin menggunakan password dapat melakukan setting pada menu tadi

Langkah 3 | Aktifkan Aplikasi
Klik pada button seperti kepala Android di bawah untuk mengaktifkan aplikasi, akan muncul IP Address untuk pengiriman data (IP ini nantinnya di gunakan sebagai alamat untuk melakukan transfer data)

Langkah 4 | Masuk PC
Buka File Explorer kamu di dalam PC kemudian pilih file yang ingin di transfer

Langkah 5 | Masukan Alamat IP Adress
Klik pada tab bar ketikan seperti ini ftp://192.168.1.3:2121 (menyesuaikan) kemudian tekan “Enter” maka akan muncul popup login , pilih “Log on” saja ,kemudian akan di alihkan ke dalam folder penyimpan ponsel kamu.

Langkah 6 | Copy file
Langkah terahir yaitu kamu pastekan file data tadi ke dalam folder penyimpanan ponsel kamu.
Kamu tidak hanya bisa memindahkan file PC ke dalam ponsel , tetapi mengambil data dari ponsel juga dapat di lakukan.

Langkah 7 | Selesai
Tunggu proses transfer berlangsung dan jangan sekali kali mematikan aplikasi yang berada di ponsel , jika kamu lakukan maka akibatnya proses transfer akan terputus.

Memang jika di lihat melalui tahapan-tahapan prosesnya kelihatan rumit , saran saya cukup kamu praktekan langsung dan hal ini mungkin kedepannya akan sangat membantu sekali untuk alternatif kamu melakukan proses transfer file tanpa menggunakan kabel data.

Tutorial ini bisa kamu lakukan lebih dari satu perangkat , misalkan kamu punya 2 Laptop/PC dapat melakukan transfer dengan 1 ponsel ataupun dapat sebaliknya.

Itulah tadi pembahasan mengenai Cara Transfer File Android ke Laptop menggunakan jaringan wifi semoga bermanfaat bagi kamu dan selamat mencoba. 

Artikel ini dibuat oleh : mastahblog.com



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel