Pemindahan Ibukota dari DEJABODETABEK ke TERONGSAMBELPEDAS

Pemindahan Ibukota dari DEJABODETABEK ke TERONGSAMBELPEDAS - Bulan Agustus 2019 merupakan moment bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena tepat pada Ulang tahun Kemerdekaan Indoensia ke 74 tahun, pemerintah telah memutuskan untuk melakukan pemindahan Ibukota dari Jakarta atau sering disebut DEJABODETABEK, yaitu Singkatan dari Depok Jakarta Bogor, Tanggerang, Bekasi.

Setelah berita pemindahan tersebut ditetapkan di luar pulau jawa yaitu pulau kalimantan, banyak rumor tentang lokasi baik itu palangkaraya, samarinda, balikpapan, batulicin,dan daerah lainnya semakin santer terdengar baik di media sosial atau media informasi berita online maupun cetak.

sejarah penetapan ibukota baru sebenarnya sudah lama digulirkan dan pemindahan ibukota dari jakarta memang sudah pernah direncanakan pada era pemerintahan Presiden Pertama Ir. Soekarno. Namun setelah pergantian beberapa Presiden hanya sesekali rencana tersebut diangkat ke public dan belum ada keputusan pasti.

Namun pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo kali ini, perencanaan serta penetapan lokasi pemindahan ibukota Indonesia baru sudah dipublikasikan dan ditetapkan, tinggal menunggu proses pembuatan Undang undang serta proses pendukung untuk pemindahan ibukota tersebut. tepat pada acara Persidangan di tanggal 16 Agustus 2019 presiden sudah memohon ijin kepada DPR dan MPR untuk memindahkan Ibukota ke Pulau Kalimantan. dan kemudian dilanjutkan pada tanggal 26 Agustus 2019 tengah hari presiden kembali mengumumkan lokasi tepatnya rencana Ibukota baru sebagai pusat pemerintaan, dan untuk pusat bisnis tetap jakarta sebagai lokasi utama. 

Lokasi yang sudah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ibukota baru dan sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Lokasi tersebut memiliki beberapa kota terdekat yang menjadi viral ketika kota kota sekitar Ibukota baru tersebut disingkat seperti halnya Jakarta menjadi DEJABODETABEK, kini Ibukota baru juga mulai viral dengan Istilah #TERONGSAMBALPEDAS atau singkatan dari Tenggarong Samrinda Balikpapan Penajam dan Sekitarnya. Istilah tersbut mulai viral dan dibuat Hastag oleh Akun Instagram mikha_andri bertuliskan " #terongsambalpedastenggarong samarinda balikpapan penajam dan sekitarnya.. calon ibu kota baru ? 🇮🇩 www.miraclewijaya.com" yang berlatarkan gambar Pulau kalimantan dan block merah Lokasi Ibukota baru postingan Facebook resmi dari Presiden Joko Widodo.


Semoga dengan adanya rencana pemindahan ibukota baru Indonesia kali ini, bisa memberikan dampak baik untuk kemajuan Indonesia serta menjadikan Indonesia terdepan serta menghilangkan kesenjangan pembangunan yang selama ini terjadi di Indoensia, yang terlihat dari fasilitas pulau jawa lebih maju dibandingkan dengan pulau Indonesia lainnya yang secara infrastruktur masih tertinggal jauh.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan juga berguna sebagai tambahan informasi dan pengetahuan sobat tentang rencana ibukota baru yang sudah resmi ditetapkan oleh pemerintah pada tanggal 25 Agustus 2019. Jangan lupa share dan bagikan ke semua orang terkait informasi pemindahan ibukota baru Indonesia ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel