Bagaimanakah Prinsip Kerja Solar Cell

Bagaimanakah Prinsip Kerja Solar Cell
Pengertian dari Solar Cell atau sel surya adalah perangkat yang merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik dengan prinsip kerja Photovlotaic. Apa itu Photovoltaic? Prinsip kerja Photovoltaic adalah fenomena yang terjadi akibat adanya tegangan listrik karena terjadinya kontak dua elektroda yang terhubung dengan sistem cairan atau padatan saat mendapatkan energi cahaya matahari.

Dalam era energi terbarukan seperti saat ini, kebutuhan manusia yang paling utama adalah listrik, karena memang listrik merupakan salah satu penggerak dalam dunia saat ini, berbagai kegiatan serta aktivitas saat ini tidak pernah lepas dari energi listrik.

Contoh penggunaan listrik dalam berbagai aktivitas manusia antara lain, bekerja menggunakan komputer, printer dll yang tentu saja membutuhkan energi listrik sebagai power untuk menyalakan perangkat tersebut. Sedangkan dalam dunia transportasi kita mengenal istilah mobil listrik dan juga KRL atau Kereta Listrik yang juga memerlukan energi listrik untuk menggerakannya.

Pada era Energi terbarukan saat ini berbagai negara berlomba - lomba untuk bisa membuat energi baru yang menghasilkan energi listrik, untuk memenuhi kebutuhan listrik negaranya. Indonesia adalah salah satu negara yang saat ini masih kekurangan energi listrik, karena beberapa daerah di Indonesia masih sering dilakukan pemadaman bergilir, dan bahkan beberapa wilayah terpencil di Indoensia masih ada yang belum terlaliri listrik.

Oleh karena itu dengan adanya teknologi solar cell tersebut harusnya bebragai daerah yang masih ada sinar matahari bisa dimanfaatkan sebagai energi listrik. untuk memperoleh perangkat solar cell yang bisa mengkonversi sinar matahari menjadi arus listrik yang siap dipakai dirumah untuk lampu, tv, dan alat elektronik lainnya silahkan simak rincian alat solar cell siap pakai.

PERANGKAT SOLAR CELL
  1. Solar Panel adalah komponen yang merubah sinar matahari menjadi arus listrik DC
  2. Charger Controller adalah sebagai pengatur arus listrik dari solar panel ke batrai dan juga ke komponen lampu DC atau disebut dengan sistem PLTS. Juga berfungsi sebagai alat charger batrai dengan tegangan 12 Volt dari solar panel ke batrai 12 volt juga.
  3. Batrai adalah sebagai penyimpan daya atau tegangan listrik DC yang diperoleh dari Panel Surya dan nantinya sebagai power untuk perangkat elektronik.
  4. Inverter adalah komponen atau alat yang berfungsi untuk mengkonversi arus DC dari batrai menjadi arus AC sehingga bisa sebagai power perangkat elektronik yang menggunakan arus AC.
  5. Kabel listrik merah dan hitam, sebagai penghubung antar komponen baik dari panel surya ke charger cotroller dan komponen lainnya.
Sebelum sobat merangkai atau merakit solar cell pastikan komponen atau perangkat di atas sudah ada

dan silahkan siapkan alat alat pendukung lainnya, seperti :
  • Obeng
  • Cutter
  • Gunting
  • Isolasi listrik
  • dll
Setelah semuanya siap silahkan rangkai semua komponen tersebut seperti gambar berikut ini, sehingga Solar cell siap dipakai untuk kebutuhan power listrik sobat sebagai ganti tidak adanya PLN di area sobat saat ini.

Untuk proses perakitannya sobat bisa lihat di channel video youtube saya berikut ini, dan selamat menyaksikan semoga bermanfaat dan membantu sobat :



HARGA PAKET SOLAR CELL

Dengan Kisaran Harga Rp. 2.800.000,- sobat bisa mendapatkan 1 paket solar cell siap pakai dengan rincian material pendukung sebagai berikut.

Material pendukung :
1. Modul 2000 WP 1 unit
2. Battery 65 Ah 1 unit
3. Inverter 500 WATT
4. Regulator BCU 10AH
5. kabel set + toll kit set + konektor2
6. lampu led bolam DC- Philips 10 watt ( 3 pcs)

Harga dan material di atas hanya sebagai acuan atau referensi saja dan bisa berubah sesuai dengan perkembangan teknologi dan peningkatan kualitas komponen.

Semoga informasi yang saya bagikan melalui artikel ini bisa bermanfaat buat sobat semua, jangan lupa share dan kunjungi artikel saya lainnya. Terima kasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel