Mikrokontroler Arduino Mega 2560

Mikrokontroler Arduino Mega 2560 - Arduino Mega 2560 adalah salah satu tipe mikrokontroler dari Arduino yang merupakan papan microcontroller berbasis Atmega 2560, Arduino Mega 2560 ini memiliki total 54 pin digital input / output, terbagi menjadi 15 pin bisa dipakai untuk outpu PWM, 16 pin dipakai untuk input analog, kemudian 4 pin dipakai untuk port serial hardware atau UART. 

Berikut beberapa komponen lain yang terdapat pada Mikrokontroler Arduino Atmega 2560, serta beberapa fungsi dari masing masing komponen, sehingga dapat mendukung semua aktivitas pada Mikrokontroler Arduino Mega 2560.

Ringkasan Spesifikasi Mikrokontroler Arduino Mega 2560
  • Mikrokontroler ATmega2560
  • Tegangan Operasi 5V
  • Tegangan Masukan (disarankan) 7-12V
  • Tegangan (batas) 6-20V
  • Pin Input / Output Digital 54 (yang 14 memberikan keluaran PWM)
  • Pin input analog 16
  • Arus DC per Input / Output Pin 40 mA
  • Arus DC untuk Pin 3.3V 50 mA
  • Flash Memory kapasitas 256 KB untuk 8 KB digunakan oleh bootloader
  • SRAM 8 KB dan EEPROM 4 KB
  • Kecepatan Jam 16 MHz
Pin daya Mikrokontroler Arduino Mega 2560 sebagai berikut:
  1. VIN merupakan Tegangan Input ke papan Arduino yang sekarang menggunakan sumber daya eksternal (berlawanan dengan 5 volt dari koneksi USB atau sumber listrik yang diatur lainnya). Sobat juga bisa mendapatkan power voltase melalui pin ini, atau bisa mensuplai voltase melalui jalur listrik, silahkan melalui pin ini.
  2. 5V adalah daya yang diatur dan digunakan untuk power atau menyalakan mikrokontroler dan komponen lainnya pada papan board. Power ini bisa diperoleh juga dari VIN melalui regulator on-board, atau bisa juga disediakan dari supply USB atau supplay 5 Volt yang lainnya.
  3. 3V3 adalah Supply power 3,3 volt yang dikeluarkan dari regulator on-board. Power Maksimumnya adalah sekitar 50 mA.
  4. GND. atau grounding adalah Pin sebagai grounding yang terhubung ke tanah
Inputan dan Outputan

Komponen dari 54 pin digital dalam Mikrokontroler Arduino Mega 2560 bisa difungsikan juga untuk input atau output, dengan menggunakan fungsi berikut ini pinMode (), digitalWrite (), dan digitalRead  (). Mereka digunakan pada power 5 volt. Setiap pin pada Mikrokontroler Arduino Mega 2560 dapat menyediakan atau bisa menerima maksimal power 40 mA dan memiliki resistor pull up internal (akan terputus secara default)

Komunikasi Mikrokontroler Arduino Mega 2560

Arduino ATmega 2560 telah mendukung sistem komunikasi I2C (TWI) serta SPI. Perangkat lunak
Arduino memiliki perpustakaan Wire untuk mensederhanakan penggunaan sistem bus I2C. Sedangkan Untuk komunikasi SPI, silahkan sobat gunakan perpustakaan SPI.

Pemprograman Mikrokontroler Arduino Mega 2560

Pemprograman pada Arduino ATmega2560 sobat bisa mendownloadnya di website resmi Arduino atau bisa juga sobat download di Microsoft Store bagi sobat yang menggunakan OS Windows 10 karena sudah mendukung install via Microsoft Store. 

Demikian sedikit ulasan atau pembahasan saya tentang Mikrokontroler Arduino Mega 2560, semoga bermanfaat dalam menambah ilmu pengetahuan sobat tentang dunia mikrokontroller, sehingga perkembangan teknologi saat ini bisa segera diimplementasikan dalam bentuk project, guna meningkatkan SDM yang unggul di Indonesia. Silahkan bagikan dan semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel