Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Bahan Alami - miraclewijaya.com

Cara Membuat Hand Sanitizer Dari Bahan Alami

Hand sanitizer saat ini banyak dicari orang, serta meningkat drastis peminatnya. Bahkan saat ini di berbagai daerah dan supermarket sudah jarang ditemui penjual hand sanitizer. Akibat wabah pandemi covid-19 yang menyebar di seluruh Indonesia, kebutuhan akan hand sanitizer meningkat drastis. Selain hand sanitizer, disinfektan juga mulai banyak dicari untuk dipakai sebagai pembunuh virus corona serta untuk mencegah penyebaran covid-19.

Biarpun ada yang jual hand sanitizer tapi untuk harga hand sanitizer juga dibandrol sangat mahal, oleh karena itu banyak masyarakat yang bingung harus bagaimana mendapatkan atau cara membuat hand sanitizer sendiri dengan bahan alami.

Selain hand sanitizer sebenarnya dengan cara mencuci tangan pakai sabun sudah sangat baik untuk menangkal masuknya virus corona ke dalam tubuh kita, namun masih banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan hand sanitizer untuk membunuh kuman atau virus di tangan. 

Membuat hand sanitizer dari bahan alami sebenarnya sudah banyak yang membahas dan mengulasnya, kalian bisa peroleh tips atau cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami di berbagai media seperti website dan youtube.

Melalui artikel ini saya juga akan mencoba mengulas beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk membuat hand sanitizer alami, sehingga sobat bisa tetap tenang tanpa kawatir kehabisan hand sanitizer di toko atau swalayan.

Kumpulan Bahan Alami Untuk Membuat Hand Sanitizer

1. Membuat Hand Sanitizer dari Lidah Buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang banyak orang sudah tau manfaat, dan khasiatnya serta mudah diperoleh di sekitar kita. Lidah buaya memang terkenal dipakai untuk menyehatkan dan menyuburkan rambut, bahkan lidah buaya juga bisa dikonsumsi untuk beberapa pengobatan alami. 

Ternyata lidah buaya ini juga bisa dimanfaatkan atau dipakai untuk membuat hand sanitizer alami tentu saja dengan tambahan beberapa bahan lainnya seperti, air, daun kemangi dan daun jeruk. 

Cara membuatnya sangat mudah, berikut cara dan langkah pembuatan hand sanitizer alami dari lidah buaya :
  1. Kupas lidah buaya dari kulitnya, kemudian ambil gel lidah buaya
  2. Siapkan daun kemangi dan serbuk daun jeruk secukupnya
  3. Masukkan Gel Lidah buaya, kemangi dan serbuk daun jeruk ke blender
  4. Blender hingga halus
  5. Tambahkan air secukupnya dan blender kembali
  6. Masukan ke dalam botol spay untuk siap digunakan
2. Membuat Hand Sanitizer dari Cuka Putih

Cuka putih juga ternyata bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan hand sanitizer, banyak orang hanya tau cuka putih dipakai sebagai bahan campuran saja, padahal cuka putih juga bisa menjadi bahan utama terutama untuk hand sanitizer pembunuh kuman dan virus seperti covid-19.

Cuka putih ini juga mudah diperoleh di toko atau supermarket sekitar kalian, sehingga tidak perlu panik jika stok hand sanitizer di pasaran sudah langka, cara pembuatannya juga sangat mudah.

Berikut Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Cuka Putih :
  1. Siapkan Cuka Putih dan air
  2. Siapkan gelas atau panci
  3. Kemudian campur kan air dan cuka putih ke dalam gelas hingga rata
  4. Tuangkan campuran cuka putih dan air kedalam botol spay
  5. Dan siap digunakan
3. Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih


Daun sirih adalah bahan alami yang mengandung antiseptik yang baik untuk membunuh kuman dan juga bakteri, oleh karena itu daun sirih juga bisa digunakan untuk bahan utama pembuatan hand sanitizer alami, bahan tambahan untuk pembuatan hand sanitizer daun sirih ini adalah kulit rambutan, yang bisa sobat dapatkan juga di pasar buah serta sedikit minyak zaitun sebagai bahan tambahan membuat hand sanitizer dari daun sirih.

Pembuatannya juga sangat mudah sobat hanya perlu merebus kedua bahan tersebut yaitu daun sirih dan kulit rambutan, namuningat jangan bersamaan. Berikut caranya :

Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Sirih :
  1. Bersihkan daun sirih dan kulit rambutan hingga bersih dengan air
  2. Siapkan dua tungku untuk merebus air, satu untuk daun sirih dan satu untuk kulit rambutan
  3. Masukan daun sirih dan kulit rambutan di tungku yang berbeda
  4. Rebus kedua bahan tersebut hingga lunak
  5. Dinginkan dan campur ekstrak atau rebusan daun sirih dan kulit rambutan tadi
  6. Untuk membuat kulit tetap lembut, silahkan masukkan beberapa tetes minyak zaitun
  7. Aduk hingga merata
  8. Tuangkan ke dalam botol spay dan siap dipakai
Demikian tutorial membuat hand sanitizer dengan bahan alami yang bisa sobat coba di rumah dan tentu saja dengan bahan alami yang mudah didapat di sekitar kalian, semoga informasi dan artikel ini dapat bermanfaat untuk menjaga kebersihan tangan kalian dan semoga terhindar dari penyebaran virus covid-19. Mari kita sama sama lawan virus corona dengan #dirumahaja serta rajinlah cuci tangan sebelum makan atau setelah bebepergian.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel