5 Tips Belajar Di Rumah Agar Anak Tidak Bosan dan Senang - miraclewijaya.com

5 Tips Belajar Di Rumah Agar Anak Tidak Bosan dan Senang

Salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi pandemi covid19 adalah dengan menjalankan pembatasan akses keluar rumah, supaya dapat menekan penyebaran virus corona. Oleh karena itu pemerintah menghimbau dan membuat beberapa kebijakan antara lain melakukan berbagai aktivitas di rumah seperti #IbadahDiRumah #BelajarDiRumah #BekerjaDiRumah #WorkFromHome.

Dengan adanya kebijakan pemerintah terkait penutupan semua sekolah bukan berarti anak-anak tidak belajar, namun dengan adanya pandemi covid19 ini dinas pendidikan juga telah melaksanakan program belajar jarak jauh, bisa dengan online video call, atau melakukan aktivitas pembelajaran di rumah dengan bantuan dari orang tua.

Oleh karena itu peran orang tua dalam kondisi seperti ini adalah yang dibutuhkan, karena semangat dan keceriaan anak dalam proses belajar di rumah sangat ditentukan dengan suasana dan kondisi di rumah. Belajar di rumah membutuhkan banyak kreativitas yang harus diciptakan oleh orang tua, maka dari itu para guru mencoba memberikan materi pembelajaran yang mudah dilakukan di rumah dan juga membuat sang anak tetap senang dan ceria.

Mari para orang tua lakukan hal berikut aga Anak tetap semangat dan senang belajar di rumah.

5 Tips Belajar Di Rumah Agar Anak Tidak Bosan dan Senang

1. ATUR WAKTU SEPERTI BIASA

Biarpun saat ini anak tidak sekolah seperti biasanya yang harus berangkat ke sekolah, bukan berarti kita harus bangun siang. Namun terapkanlah jadwal seperti biasa saat bersekolah dengan cara tetap bangun pagi, mandi dan sarapan pagi, agar anak tetap semangat jangan lupa berlakukan juga istirahat siang seperti saat di sekolah.

Hal hal tersebut biasa menjadikan anak tetap semangat dan merasakan suasana seperti saat bersekolah. Sambil makan atau waktu istirahat ajak anak ngobrol dan jelaskan tentang kondisi saat ini, seperti tanggung jawabnya belajar, harus rajin cuci tangan, pakai masker dan lain sebagainya.

Dengan pengertian dan penjelasan yang benar, maka anak akan mengerti dan memahami bahwa dia tetap bisa belajar di rumah bersama orang tua tercinta.

2. BUATLAH SUASANA BELAJAR YANG NYAMAN

Kondisi ruang atau suasana di rumah yang kurang nyaman biasanya membuat anak tidak fokus dan membuat belajar di rumah tidak bisa maksimal. Oleh karena itu kalian harus memastikan suasana belajar di rumah menjadi nyaman buat proses belajar anak, sehingga tidak terganggu selama proses belajar berlangsung.

Ketika anak sudah mulai tidak fokus dan bosan coba ajak anak untuk istirahat sejenak dan ajak bicara tentang cara belajar apa yang disukai anak. Alangkah baiknya jika kalian sediakan cemilan sehat seperti buah dan roti kesukaan anak, sehingga anak tetap senang dan semangat untuk belajar.

3. BUATLAH GAME BERSAMA ANAK

Bermain adalah alah satu cara yang paling efektif untuk menghilangkan kejenuhan anak dalam belajar, bermain bukan berarti harus bermain games online atau mainan gadget ya! 

bermain dan belajar bisa dilakukan bersamaan, oleh karena itu perlu mencari permainan yang mengedukasi anak agar bisa sekalian mengajarkan sesuatu yang menarik buat sang anak.

Karena menurut para ahli dengan adanya games bisa mengasah kemampuan kognitif anak seperti suasana belajar di sekolah. Contoh permainan yang bisa kalian coba adalah bermain menebak warna, menebak hewan, menebak buah dan lainnya. Silahkan cari referensi permainan edukatif yang bisa diterapkan orang tua untuk proses belajar di rumah.

4. BERIKAN TUGAS BELAJAR

Selain proses belajar bersama, kalian juga harus memberikan tugas belajar untuk anak, agar mereka tetap melatih diri dengan tugas yang diberikan, sehingga tetap belajar mandiri. Untuk tugas bisa kalian sharingkan dengan guru kelasnya, supaya ada komunikasi terkait program belajar sang anak sesuai dengan program sekolah.

5. AJAK ANAK UNTUK BELAJAR MEMBACA 

Untuk menghilangkan kejenuhan cobalah untuk mengajak anak belajar membaca, agar anak semangat maka carilah buku bacaan yang anak sukai, seperti buku cerita tentang karakter kartun kesukaan, atau baca buku tentang kehidupan hewan dan lainnya.

Sambil bercerita kalian bisa menjelaskan kepada anak tentang huruf dan juga cara membacanya, sehingga anak lebih tertarik dan tetap semangat dalam belajar membaca.

Sebenarnya ada banyak cara membuat anak tetap semangat belajar di rumah, namun kalian harus pastikan terlebih dahulu 5 hal di atas ya, agar proses belajar di rumah tetap berjalan lancar. Selamat membimbing anak belajar ya, dan selalu jaga kebersihan serta kesehatan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel