Kembangkan Wisata Desa Kalian ! Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata - miraclewijaya.com

Kembangkan Wisata Desa Kalian ! Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata

Potensi wisata pedesaan di Indonesia merukapan suatu hal yang luar biasa, sebagai salah satu cara untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat desa. Sektor pariwisata desa bisa dijadikan penopang pemasukan negara juga di bidang non migas. Dengan adanya kemajuan dan perkembangan teknologi semakin banyak juga cara dan strategi untuk bisa menjadikan wisata desa di sebuah daerah, kampung atau desa.

Dengan adanya ciri khas pada masing masing daerah, contohnya seperti kultur dan budaya, keindahan alam desa, kerajinan tangan masyarakat, dan aspek lainnya dapat dijadikan strategi untuk membuat wisata di suatu daerah tersebut.

Oleh karena itu dengan segudang potensi yang dimiliki suatu desa atau daerah, dapat memberikan banyak keuntungan, baik untuk masyarakat, wisatawan, dan bahkan negara. Dengan cara dan strategi yang benar, maka dapat miningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, antara lain masyarakat bisa menjual berbagai hal yang bisa mereka jual, seperti kerajinan tangan, makanan untuk pengunjung, dan bahkan jasa untuk mendukung pengembangan wisata desa.

Strategi untuk mengembangkan suatu daerah menjadi desa wisata, bisa kalian coba dengan cara berikut ini, dengan cara mengangkat potensi bisnis yang menguntungkan di suatu daerah supaya dapat diangkat untuk menjadi komoditas dan dengan sedikit polesan strategi yang tepat.

Langkah Langkah Strategi Pengembangan Desa Wisata.

  1. Lakukan identifikasi pada desa atau daerah dengan cara melakukan komunikasi atau rapat bersama dengan semua elemen masyarakat desa baik remaja, pemuda, dan dewasa. Supaya semua ide dan masukan bisa di rembug bersama serta mencari komuditas utama yang nantinya bisa diangkat sebagai wisata desa yang diunggulkan. Wisata desa dapat berupa keindahan alam, Kekayaan flora dan fauna, sosial kultur atau budaya, tradisi daerah, hasil bumi, dan apapun yang menjadi ciri khas daerah yang berbeda dengan daerah lain.
  2. Kemudian lakukan identifikasi bersama terhadap potensi masalah yang muncul ketika desa wisata berjalan, supaya tidak menjadi penghambat di kemudian hari dan cari solusi bersama untuk mengatasi potensi masalah yang timbul tersebut. Contoh masalah bisa berupa fisik, sosial atau non fisik, internal serta eksternal.
  3. Perlu adanya komitmen bersama masyarakat untuk bisa mengembangkan desa wisata suatu daerah, karena tanpa dukungan masyarakat secara menyeluruh, maka wisata desa tidak bisa berkembang dengan baik. Oleh karena itu komitmen bersama dapat menjadi dukungan terkuat desa wisata dapat berjalan dengan baik.
  4. Lakukan komunikasi dengan pemerintah daerah dalam proses pengembangan desa wisata dengan segala aspek yang sudah dipersiampan bersama, baik itu dari sisi potensi utama yang bisa diangkat untuk menjadi unggulan wisata desa, kemudian aspek pendanaan, serta dukungan masyarakat dari berbagai elemen. Jika perlu bisa menggandengan swasta untuk membantu pengembangan desa wisata daerah kalian.
  5. Seluruh masyarakat perlu mempersiapkan berbagai hal untuk proses perijinan, segala perangkat regulasi atau aturan, yang bertujuan untuk melakukan pengawasan serta mengawal berjalannya pengembangan wisata desa, dan menghindari potensi potensi penmyimpangan yang bisa terjadi. Sehingga desa wisata memiliki payung hukum dan juga pengawasan yang baik.
  6. Melakukan pelatihan untuk semua elemen masyarakat guna mendukung berjalannya pengembangan desa wisata, termasuk kepada pemerintah daerah terkait menagement pariwisata, cara mengolah wisata, cara menyambut wisatawan atau pengunjung, kemanan pengunjung dan berbagai hal yang bisa menjadi inovasi untuk mendukung pengembangan desa wisata menjadi lebih baik serta ramah untuk semua orang bahkan untuk anak anak sekalipun.
  7. Lakukan promosi desa wisata dengan berbagai sosial media yang ada, sehingga wisata di desa menjadi terkenal, dan menarik perhatian masyarakat lain untuk mengunjungi desa wisata yang dikembangkan. Dengan adanya teknologi sosial media dan internet, kalian bisa memperkenalkan komoditas utama desa wisata kalian, bahkan di daerah terpencil sekalipun akan mudah dicari orang dengan adanya promosi dengan teknologi internet.
  8. Silahkan lakukan studi banding dengan desa wisata lainnya, dan carilah kesamaan dengan daerah kalian yang akan dijadikan desa wisata, sehingga kalian bisa mencontoh dan menerapkan di desa wisata daerah kalian. Karena tipikal permasalahan pasti akan dihadapi dan tantangan ke depan juga pasti akan muncul. Hanya dengan manajemen profesional dan inovatif maka desa wisata daerah kalian akan tetap eksis dan kompetitif. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk belajar ke desa wisata lainnya yang sudah sukses dalam pengembangan pariwisata desa, dengan tipikal komoditas unggulan yang sama dengan daerah kalian.
Demikian sedikita langkah langkah strategi dari saya untuk bisa membangun pariwisata di desa atau daerah kalian, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup msayarakat sekitar, dan bisa menjadikan desa kalian sebagai salah satu yang membantu khas negara dari bidang non migas, semoga artikel ini bermanfaat untuk desa desa yang masih belum melakukan pengembangan potensi wisata yang ada.

Mari kita semua explorasi potensi wisata di daerah kita, serta kita kembangkan dengan bijak komoditas kebanggaan daerah kita menjadi sesuatu yang bisa dijual untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta menjadikan desa kita sebagai salah satu potensi desa wisata yang terkenal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel