Lindungi Anak dan Keluarga Dari Campak & Rubella - Imunisasi MR

Lindungi Anak dan Keluarga Dari Campak & Rubella - Imunisasi MR

Lindungi Anak dan Keluarga Dari Campak & Rubella - Imunisasi MR


Program pemerintah yang melakukan kampanye imunisasi MR yang diadakan sejah bulan agustus 2017 menuai banyak sekali reaksi dari masyarakat. Memang baru dilakukan di seluruh jawa dan belum seluruh indonesia dikampanyekan namun perlu kita ketahui apa saja manfaat yang diperoleh terkait imunisasi MR tersebut. Kebanyakan orang yang menentang biasanya tidak pahan betul apa manfaat yang diperoleh dari kampanye pemerintah terkait imunisasi MR tersebut. Di awal dicanangkannya kampanye imunisasi MR di seluruh pulau jawa banyak sekali terjadi pro dan kontra, sebagian mendukung penuh dengan program dari pemerintah, namun tak jarang juga ada yang menentang program tersebut. Karena memang mereka yang mendukung penuh paham betul apa manfaat dari imunisasi MR tersebut yang dapat menekan angka kematian akibat penyakit campak dan mengurangi jumlah bayi yang lahir cacat atau disebut sindrom rubella kongenital. Kenapa hal tersebut bisa terjadi karena saat kehamilan sang ibu terkena virus rubella.

Untuk sedikit memahami apa itu campak dan rubella mari kita bahas satu persatu sesuai pengetahuan saya ya. Sebenarnya campak maupun rubella merupakan suatu penyakit menular yang sama sama disebabkan oleh infeksi virus, campak sendiri disebabkan oleh  virus morbilvirus sedangkan rubela disebabkan oleh togavirus. Sedangkan untuk gejala dari kedua penyakit tersebut memang secara umum sama yaitu terjadi demam dan disertai ruam. Namun jika campak itu sendiri biasanya anak akan mengalami hal yang lebih sakit yaitu disertai dengan mata merah, sesak nafas, dan diare. Campak ini sendiri bisa sembuh dengan sendirinya tergantung dari kekebalan tubuh dan berjalannya waktu untuk melawan virus tersebut dari dalam tubuh. Kenapa campak dapat mematikan karena biasanya disertai dengan komplikasi penyakit diare dengan dehidrasi, radang paru, dan peradangan pada jaringan otak. Kebutaan serta infeksi telinga yang berakibat pada pendengaran juga dapat terjadi pada penderita campak.

Untuk rubella sendiri memang termasuk dalam campak yang banyak dikenal oleh masyarakat sebagai campak jerman, atau campak 3 hari, karena memang gejala yang dialaminya sama dengan campak, tapi ingat rubella ini akan sangat berbahaya bagi ibu hamil yang akan mengakibatkan kematian pada sang bayi yang berada dalam kandungan. Virus ini menyerang kelenjar getah bening dan kulit yang disertai dengan ruam pada kulit dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Ciri ciri penderita virus rubella :
  • Suhu tubuh naik 37,5 – 38,5 Derajat celcius
  • Kepala menjadi pening
  • Mata menjadi merah dan sampai meradang
  • Sendi terasa nyeri
  • Terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening di bagian belakang telinga dan leher
  • Muncul ruam merah pada wajah dan kemudian keseluruh tubuh setelah 3 hari


Penyebab virus rubella :

  • Virus rubella
  • Transplantasi organ
  • Hubungan seksual
  • Daging setengah matang
  • Melalui ibu hamil kepada anak


Efek virus rubella

  • Imunisasi tubuh menurun
  • Menderita sekali seumur hidup
  • Radang sendi
  • Mengalami infeksi pada telinga
  • Mengalami radang otak
  • Menyerang ibu hamil


Untuk itu mari kita sama sama untuk sadar bahwa imunisasi MR itu sangat penting dan tentunya imunisasi itu dibuat dengan berbagai penelitian yang sudah teruji, bahkan tidak mudah untuk bisa dipasarkan untuk dijadikan imunisasi kepada seluruh penduduk dunia dan pastinya memakan banyak sekali biaya. Vaksi yang beredar di indonesia dan di dunia pasti melalui berbagai tahap uji klinis yang sangat ketat dan juga memakan waktu yang tidak sebentar bisa mencapai 10-15 tahun uci coba dan itu pun beleum tentu lolos dari uji klinis. Jadi vaksi yang sudah beredar dan bahkan sudah dikampanyekan oleh pemerintah pasti memiliki keamanan dan juga pasti sangat efektif untuk pencegahan virus rubella tersebut. Dan kita harus ingat imunisasi itu adalah hak setiap anak yang telah dilindungi oleh undang undang. Sehingga dengan dilakukan imunisasi tersebut akan sangat membantu dalam mengurangi penyakit yang dapat menyerang anak anak generasi penerus bangsa kita.


Semoga melaui artikel ini dapat sedikit menggambarkan pentingnya imunisasi rubella yang telah dikampanyekan pemerintah selama  2017 ini. semoga bermanfaat dan menjadi tambahan informasi bagi kita semua.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM