Waspada Kulkas Meledak! Jangan Taruh 3 Benda Ini di Dalam Freezer

Waspada Kulkas Meledak! Jangan Taruh 3 Benda Ini di Dalam Freezer

Waspada Kulkas Meledak! Jangan Taruh 3 Benda Ini di Dalam Freezer


Barang elektronik seperti kulkas merupakan salah satu yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat indonesia bahkan dunia. Kulkas saat ini bisa dikatakan menjadi keperluan yang penting bagi keluarga dan terutama para pedagang yang membutuhkan pendingin untuk olahan makanan dan untuk menyimpan berbagai hal yang mudah sekali busuk, supaya lebih awet dan tahan lama. Dari segi penggunaan yang sangat sering dan terkadang kita tidak tau benda – benda yang seharusnya tidak boleh dimasukkan ke dalam mesin pendingin tersebut. Barang elektronik seperti kulkas ini biasanya dinyalakan 24 jam tanpa henti karena untuk menjaga suhu di dalam kulkas supaya cepat dingin, namun tanpa kita sadari banyak kejadian kebakaran di rumah dan mungkin dipertokoan yang disebabkan oleh arus listrik dan salah satunya dari kulkas yang kita tidak tahu efeknya jika kita menaruh benda benda yang memicu ledakan pada kulkas / freezer.

Di bebrapa negara ada kejadian yang melibatkan sebuah benda elektronik seperti kulkas, hal itu terjadi bukan karena kualitas kulkas yang buruk, ataupun arus listrik ke kulkas yang konslet, namun karena tidak sadar menaruh benda yang dapat memicu ledakan pada kulkas / freezer itu sendiri. Kita pasti bingung dan penasaran, apa saja sih yang sebenarnya tidak boleh di taruh di freezer kuklas. Mari kita bahas satu persatu benda tersebut, jangan sampai kejadian tersebut menimpa kita semua :

1. Hati hati jika menaruh minuman bersoda pada freezer

Kita semua tahu bahwa minuman bersoda memiliki gas karbon yang tinggi, sehingga ketika kita minum minuman bersoda akan langsung keluar saat tutup soda kita buka, apa lagi ketika minuman bersoda tersebut kita kocok dan baru kita buka, pasti soda akan menyembur keluar ketika kita membukannya. Dengan terkan suhu dingin pada freezer akan berakibat pada tekanan soda yang berada pada kaleng atau botol minuman bersoda tersebut, sehingga dapat memicu kadar karbon dalam soda menyembur keluar dan dapat berakibat timbul ledakan pada botol soda tersebut, oleh karena itu lebih baik kita berhati hati ketika menyimpan minuman bersoda pada freezer kulkas, cukuplah kita taruh minuman berseda tersebut di dalam kulkas yang suhunya tidak sedingin di dalam freezer.

2. Bahaya ES Kering di dalam Freezer

Banyak di antara kita yang tidak tahu apa itu es kering untuk detail keterangan apa itu es kering silahkan cari di wikipedia terkait penjelasan lebih detail tentang es kering. Es kering biasanya dipakai untuk mendinginkan makanan di luar ruangan yang tidak ada kulkas atau freezer, oleh karena itu lebih baik es kering jangan sampai dimasukkan lagi ke freezer, karena es kering adalah benda padat yang terbuat dari karbon dioksida yang memang dipakai untuk pendingin, dan memiliki suhu lebih rendah daripada es pada umumnya yang terbuat dari air dan dibuat melalui freezer. Karena terbuat dari karbon dioksida maka jika es kering tersebut ditaruh pada freezer akan mengakibatkan volume suhu pada freezer akan meningkat dan mengakibatkan tekanan tinggi dan kita tau jika es mengalami sublimasi suhu bisa naik mencapai 600 kali lebih besar. Sehingga dapat memicu ledakan pada kulkas, karena suhu dingin pada freezer akan terus naik jika terdapat es kering di dalamnya, yang ngengakibatkan tekanan dan bisa berakibat ledakan pada kulkas,

3. Jangan Pernah menghilangkan freezer dengan benda tajam

Kulkas jaman sekarang dalam pendinginannya banyak yang menggunakan gas isobitana, yaitu seperti gas yang tidak berbau dan mudah sekali terbakar, biasa terletak pada pipa pipa yang ada di freezer. Jika kita sedang ingin membersihkan freezer dari bunga es yang membeku pada freezer dan mungkin saat itu sangat kotor, hindari penggunaan benda benda tajam, karena ketika kita menggunakan benda tajam dan tanpa disadari kita menusuk bagian pipa yang berisi gas isobitama tersebut efeknya akan berbahaya, karena jika gas tersebut bocor dan bercampur dengan suhu didalam ruang freezer serta terdapat oksigen didalamnya akan dapat memicu ledakan pada kulkas tersebut.


Untuk itu dalam penggunaan kulkas alangkah baiknya kita mengetahui tatacara yang benar dan jangan sampai teledor dalam penggunaannya sehingga akan berakibat fatal pada anda sendiri dan mungkin juga akan merugikan orang lain. Dan jangan lupa untuk melihat bebrapa belanjaan anda ketika anda berbelanja dan biasanya tertera dilarang memasukkan ke dalam kulkas atau freezer yang ditulis pada kemasan belanjaan anda, sehingga pastikan mulai saat ini peringatan – peringakatan pada bungkus dan juga penggunaan kulkas dengan teliti lagi. Semoga kejadian kejadian yang sering terjadi terkait kulkas tidak menimpa anda semua. 

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM