Improvement Cara Menghemat Listrik di Kantor

Improvement Cara Menghemat Listrik di Kantor

Improvement Cara Menghemat Listrik di Kantor




Program penghematan listrik mulai banyak dilakukan oleh berbagai instansi baik itu pemerintah maupun instansi swasta. Karena dengan penghematan sumber energy listrik tersebut tentunya dapat mengurangi biaya penggunaan listrik, serta mengurangi cost atau biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan atau kantor pemerintah. Selain untuk penghematan dari segi cost, program penghematan energy listrik juga dapat membantu supplay energy yang merata keseluruh Indonesia, oleh karena itu saat ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat gencar dalam melakukan penghematan energy listrik, bahkan sangat gencar dalam melakukan pembangunan untuk supply energy.

Dalam program pemerintah dan berbagai perusahaan swasta untuk memenuhi kebutuhan listrik di seluruh Indonesia membutuhkan banyak sekali biaya, oleh karena itu pemerintah me ngajak kerjasama perusahaan swasta dalam negeri dan bahkan perusahaan swasta luar negeri untuk bekerja sama membangun pembangkit listrik terbarukan, antara lain pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga Surya dan masih banyak lagi pembangkit yang dapat membuat seluruh pelosok negeri Indonesia dapat merasakan listrik yang merata.

Oleh karena itu mari dari sekarang kita sama sama melakukan penghematan dan juga membantu pemerintah dalam mensukseskan program listrik di seluruh pelosok negeri. Untuk penghematan listrik sebenarnya bias dengan banyak cara, tinggal kita memberikan kesadaran terhadap orang orang di sekeliling kita, terutama di perusahaan yang tentunya banyak sekali menggunakan berbagai macam alat elektronik untuk menunjang pekerjaan mereka. Selain penghematan listrik dengan cara mematikan lampu yang tidak digunakan atau ketika siang hari, kita juga dapat melakukan penghematan dengan cara mematikan berbagai barang elektronik setelah tidak digunakan atau ketika para karyawan sudah puang kerja.

Namun seringkali para karyawan lupa untuk mematikan elektronik yang mereka gunakan ketika ingin pulang, contoh saja computer kerja, dan mungkin AC atau kipas angina yang dibiarkan menyala, karena para karyawan atau pekerja buru buru untuk segera pulang kerumah. Untuk itu saya pernah berpikir untuk mengingatkan para karyawan setiap saat supaya mereka sadar bahwa penghematan energy listrik juga dapat membantu perusahaan dalam mengurangi cost yang tinggi sehingga bias berpengaruh juga ke untungan perusahaan serta berakibat positif terhadap kantong kita atau ke gaji kita.

Berikut cara saya untuk mengingatkan para karyawan dalam menghemat energy dengan cara mematikan komputer secara otomatis dan juga memberikan peringatan pada tampilan desktop semua komputer di perusahaan :

Melakukan Automatic Shutdown Komputer dengan Aplikasi Wise Auto Shutdown



  1. Langkah awal silahkan download terlebih dahulu aplikasi Wise Auto Shutdown melalui internet.
  2. kemudian lakukan install .exe aplikasi Wise Auto Shutdown tersebut
  3. setelah proses instalasi selesai silahkan aktifkan aplikasi Wise Auto Shutdown dan atur waktu komputer tersebut dimatikan, biasanya saya setting di jam 18:30 atau ketika jam pulang kerja berakhir.
  4. setelah proses setting selesai komputer akan secara otomatis shutdown sesuai jam yang sudah kita tentukan tadi.


Sangat mudah kan cara menghemat listrik dengan cara mematikan komputer secara otomatis dan juga dapat mengurangi resiko komputer rusak akibat komputer terus nyala selama 24 jam. Selain itu dengan automatic shutdown tersebut dapat mengurangi resiko konsleting ketika komputer dibiarkan menyala saat tidak digunakan.

Mengingatkan Karyawan Dengan Automatic Email Setiap Sebelum Pulang Kerja


Untuk melakukan automatic email peringatan Gerakan Matikan Komputer saya menggunakan aplikasi dari Microsoft yaitu Microsoft Outlook. Jadi setiap hari semua karyawan akan semakin sadar dan terbiasa ketika pulang mereka akan terima pesan email dari saya yang diharapkan dapat mengingatkan kemabali sebelum mereka pulang kerja untuk selalu mematikan komputer dan barang elektronik lainnya setelah tidak digunakan lagi. Sejauh ini cara ini sangat efektif dan juga sangat membantu dalam membuat budaya kerja karyawan menjadi peduli terhadap penghematan listrik, bahkan ada yang sampai dibawa ke rumah sehingga dapat menjadi budaya juga di rumah untuk melakukan penghematan energy.

Membuat Peringatan Penghematan Listrik di Tampilan Desktop Semua Komputer / Layar Komputer


Selain dua cara di atas untuk mengingatkan ataupun merubah budaya kerja karyawan kita juga bias memanfaatkan komputer tersebut sebagai media informasi yang efektif, yaitu dengan cara merubah tampilan desktop dengan peringatan untuk melakukan penghematan listrik. Karena dengan merubah tampilan desktop tersebut dengan mudah para karyawan dapat melihat tanpa harus kita ingatkan. Karena setiap saat ketika karyawan kerja pasti secara otomatis melihat layar komputer. Untuk merubah tampilan desktop secara bersamaan tanpa harus ke masing masing komputer saya menggunakan aplikasi server Active Directory. Untuk detail cara merubah tampilan desktop menggunakan aplikasi server Active Directory akan saya bahas di artikel berikutnya.

Mungkin demikian beberapa cara yang sudah saya lakukan untuk melakukan improvement penghematan energy listrik di kantor yang saat ini saya bekerja, dan cara tersebut sangat efektif dan efisien tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk membuat poster, mmt, dll. Jangan lupa komentarnya ya, dan juga silahkan di share supaya bermanfaat bagi yang memerlukan.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM