Cara Blokir YouTube Dari Konten Dewasa Untuk Anak

Cara Blokir YouTube Dari Konten Dewasa Untuk Anak

Cara Blokir YouTube Dari Konten Dewasa Untuk Anak


Aplikasi youtube pada zaman sekarang murupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk mencari berbagai informasi, baik itu untuk pembelajaran dalam pendidikan, untuk meluapkan hobi, dan masih banyak lagi.

Dengan semakin trend penggunaan youtube saat ini banyak orang tua yang memberikan fasilitas gadget bagi putra putrinya dan berharap para putra putrinya tidak gaptek (gagap teknologi) karena dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, anak zaman now dituntut untuk bisa mengikuti kemajuan teknologi.

Namun banyak orang tua tidak sadar, bahwa dengan kemajuan teknologi yang tak terbatas, dan tak terfilter dengan baik, maka dapat menjadikan karakter anak menjadi tidak terkontrol dengan baik, contoh yang saya ambil adalah ketika anak anak mengakses youtube tanpa dikontrol oleh orang tua.

Ketika anak mengakses youtube yang awalnya para orang tua berharap anak dapat belajar banyak dari youtube, karena dengan aplikasi youtube tersebut dapat membuat anak menjadi lebih aktif dalam belajar, karena ada faktor suara dan visual yang dapat diikuti oleh anak, dengan dua hal tersebut sangat mudah bagi anak dalam menyerap apa yang sudah mereka lihat dan dengar.

Dengan tak terbatasnya akses youtube yang kita berikan pada anak kita, terkadang akan membuat batu sandungan juga buat anak kita, karena banyak konten dewasa yang terkadang muncul tiba – tiba dari iklan, yang sering tak sengaja di klik oleh anak. Hal tersebut tentunya akan berbahaya buat anak kita, jika konten dewasa seperti porno dan kekerasan dilihat oleh anak kita.

Kita sebagai orang tua harus terus waspada, terutama anak kita yang masih di jenjang masa keemasan yaitu di umur 0 – 5 tahun, karena pada umur tersebut anak dapat mencapai perkembangan otak sebanyak 50 % dan 6 – 9 tahun 30% sisanya 10 – 12 tahun 20%.

Konten dewasa dan kekerasan akan sangat berbahawa dan merusak jaringan otak pada anak, untuk itu kita perlu melakukan filter pada fasilitas youtube yang kita berikan kepada putra putri kita, supaya kita juga merasa aman dan kita juga dapat mengontrol apa saja yang di akses anak kita dari youtube.
Berikut cara melakukan filter konten dewasa pada youtube untuk anak anak :

1. Jangan lupa anda memberikan security atau password pada Handphone Android anda, supaya anak anda tidak langsung dapat membuka HP dan anda dapat mengontrol kapanpun anda akan memberikan fasilitas internet kepada anak. Jadi ketika anak anda ingin pinjam atau minta buka youtube selalu akan minta ijin kepada anda.

2. Buatkan jadwal kapan anak boleh menggunakan android, supaya anak anda tidak menjadi anak yang anti sosial, paling tidak sehari cukup 1 jam untuk bermain handphone, baik itu main game ataupun streaming youtube

3. Jika anak anda bermain handphone lebih dari jam yang seharusnya, berikanlah sanksi seperti pengurangan jatah waktu bermain handphone di hari berikutnya. Contoh hari ini main game 2 jam, yang seharusnya cukup 1 jam jatah per harinya, jadi besok dilarang main handphone, dan baru boleh main dua hari kemudian.

4. Lakukan pembatasan konten youtube dengan cara sebagai berikut :


  • Buka aplikasi YouTube di perangkat android anda, kemudian tab icon titik tiga pada sudut kanan atas tampilan, dan kemudian pilih Setting / Setelan.
  • Kemudian akan muncul tampilan baru dan cari tilisan Mode Terbatas / Restricted Mode dan ubah dari tidak aktif menjadi aktif.
  • Selesai melakukan filter konten dewasa untuk anak, dan silahkan mencoba sendiri untuk membuka konten yang berbau dewasa, maka YouTube akan menampilkan seperti gambar berikut :



Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi kita dan putra putri kita dan menjaga mereka dari konten dewasa yang merusak otak dan karakter anak di masa keemasan mereka, jangan lupa komentarnya ya.




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM