Cara Aktifkan Facebook Safety Check Saat Bencana dan Ledakan Bom

Cara Aktifkan Facebook Safety Check Saat Bencana dan Ledakan Bom

Cara Aktifkan Facebook Safety Check Saat Bencana dan Ledakan Bom


Cara Aktifkan Facebook Safety Check Saat Bencana - Saat ini setiap orang pasti memiliki akun pribadi di jejaring social facebook, meskipun saat ini semakin banyak bermunculan media social lainnya, facebook tetap menorehkan pencapaian pengguna media social yang cukup banyak. Karea banyak inovasi yang telah diberikan oleh facebook sebagai salah satu capaian yang membuat pengguna akun media social facebook semakin bertahan dalam menggunakan akun facebook tersebut.

Inovasi facebook yang terbaru dan menjadi salah satu pedukung keamanan dari para pengguna media social adalah “Facebook Safety Check” yang pertama kali muncul pada tahun 2011 lalu yang awalnya disebut dengan “Disaster Massage Board” ketika ada bencana alam gempa di negara Jepang. Fitur ini digunakan untuk saling berkomunikasi dan saling mengabarkan kondisi mereka pasca gempa dan tsunami ketika terjadi.

“Disaster Massage Board” inilah yang menjadi cikal bakal pengembangan “Facebook Safety Check” dan pada tahun 2014 facebook pernah memunculkannya ketika bencana terjadi di Nepal. Dan pada tahun 2015 adalah kali pertama Facebook mengaktifkan fitur “Facebook Safety Check” pada tragedi selain bencana alam, yaitu kejadian serangan Bom Teroris yang terjadi di Paris.

Ketika fitur “Facebook Safety Check” diaktifkan dan ada saat kejadian berada di lokasi sekitar maka sobat akan mendapatkan notifikasi dari facebook dan akan menanyakan keadaan sobat, apakah sobat dalam keadaan aman atau tidak. Facebook mendeteksi lokasi berdasarkan kota yang pernah sobat kunjungi, atau kota dimana sobat sedang tersambung dengan jaringan internet.

Namun jika facebook salah dalam menandai sobat karena sobat berada di okasi yang jauh dari kejadian, sobat bisa memilij “I’m Safe” dan kemudian akun tersebut akan secara otomatis menyebarkan news feed profil sobat ke semua rekan di facebook sobat. Dan akun teman – teman sobat juga bisa memberikan bantuan kepada sobat atau membantu juga untuk menginformasikan bahwa sobat benar – benar aman dalam kejadian tersebut.

Di Indonesia sendiri fitur “Facebook Safety Check” ini mulai diaktifkan ketika terjadi serangan bom di Surabaya yang baru saja terjadi pada tanggal 13 Mei 2018 kali ini, seperti halnya notifikasi yang muncul saat terjadi bencana di Jepang, Nepal, dan bom di paris. Sobat juga bisa mencari informasi terkait kejadian bencana atau terror bom yang terjadi di saat itu. Berikut cara sobat dapat mengetahui dan cara mengaktifkan “Facebook Safety Check” saat terjadi bencana dan ledakan bom.

Cara mengaktifkan “Facebook Safety Check” atau Penanggulangan Krisis :

1.       Buka Menu Penaggulangan Krisis dan pilih halaman krisis


2.       Di halaman krisi sobat dapat melihat daftar teman sobat yang ditandai Selamat dan daftar sobat yang memilih tidak mengalaminya.  Sebagai contoh saya menandai diri saya ketika terjadi Bom di Surabaya seperti gambar dibawah ini.

3.       Sobat juga dapat mencari teman menggunakan nama, kemudian sobat bisa bertanya kepada teman sobat yang kemungkinan berada di lokasi kejadian, sobat bisa bertanya melalui facebook apakah mereka Selamat.

4.       Ketuk apakah Selamat di samping nama teman sobat. Secara otomatis notifikasi akan muncul di akun facebook ponsel teman sobat semua.


Demikian informasi yang dapat saya bagikan untuk sobat semua, semoga bermanfaat dan kita berharap kejadian serupa yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo tidak terulang kembali, sehingga Indonesia tetap aman dan damai dari semua macam aksi terorisme. Mari kita lawan bersama berbagai macam aksi terorisme, satukan hati untuk satu NKRI, #NKRIHARGAMATI #SaveNKRI #KamiTidakTakut #StopTerrorism.




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM