Wisata Kuliner Salatiga & Tempat Makan Paling Enak Di Kota Salatiga

Wisata Kuliner Salatiga & Tempat Makan Paling Enak Di Kota Salatiga

Wisata Kuliner Salatiga & Tempat Makan Paling Enak Di Kota Salatiga

Wisata Kuliner Di Salatiga - Kota Salatiga merupakan sebuah kota kecil yang terletak di wilayah Jawa Tengah, Salatiga dikenal sebagai kota yang memiliki udara yang sejuk dan tergolong dingin, sehingga menjadi kota idaman bagi para warganya yang tinggal di salatiga dan sekitarnya, karena terletak tepat di kaki gunung merbabu dan memiliki kebudayaan gotong royong yang hingga saat ini masih terjaga dengan baik. Selain faktor gotong royong yang masih terjaga, kota salatiga juga merupakan kota yang dikenal dengan kota yang toleransinya baik antar umat beragama, sehingga dapat menciptakan suasana kondusif dana man bagi semua agaman untuk tinggal di kota salatiga.

Bahkan banyak orang mengenal kota salatiga sebagai kota yang cocok untuk tempat tinggal para Pensiunan PNS, karena selain kotanya sejuk, rasa nyaman dan damai di kota salatiga sangat terjaga, sehingga hampir tidak pernah ada kegaduhan baik itu karena politik atau pun faktor lainnya. Sehingga banyak orang yang pernah datang ke salatiga mengganggap bahwa kota salatiga sangat nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Selain beberapa hal yang dijelaskan di atas tadi, kota salatiga sangat tepat untuk dijadikan tempat tinggal dan juga angat cocok dijadikan tempat wisata kuliner bagi para penikmat makanan unik dan tentu saja makanan khas yang hanya ada di salatiga. Kota salatiga juga merupakan salah satu kota yang biaya hidupnya paling murah, kita hanya dengan uang 10ribu saja sudah bisa dapat makan enak dan kenyang, bahkan desa – desa di sekitar salatiga masih bisa kita beli sarapan kenyang hanya habis 5ribu rupiah.

Bagi kebanyakan orang yang tinggal di salatiga dan yang pernah singgah di kota salatiga tentu saja pernah mencicipi berbagai jajanan ataupun makanan khas salatiga. Sehingga jika berkunjung ke kota salatiga tidak akan terasa nikmat dan bermaknan tanpa kita mencicipi dahulu makanan dan jajanan khas salatiga.

Berikut beberapa ulasan terkait makanan khas salatiga dan juga tempat yang cocok untuk sobat yang ingin berwisata kuliner di kota salatiga, karena kota salatiga memiliki banyak tempat makan yang tentu saja kenikmatan masakannya akan membuat lidah sobat menjadi ketagihan. Dari pengalaman teman saya dari berbagai yang pernah berkunjung ke kota salatiga, mereka merasa cocok dan juga ketagihan dengan berbagai masakan yang ada di salatiga, oleh karena itu jangan lewatkan untuk berwisata kuliner di  kota salatiga ketika melewati atau pun tinggal sementara di kota salatiga.

Tempat Makan Paling Enak di Kota Salatiga :

1. Warung Makan Mbak Toen

Bagi sobat yang ingin berkunjung ke kota salatiga ataupun melewati kota salatiga Kurang lengkap rasanya kalau sobat tidak mampir atau mencicipi pecel keong yang sangat kondang  dan pernah masuk ke acara pak mantep di salah satu stasiun televisi swasta di indonesia. Menu special Racikan pecel keong sebenarnya tidak jauh beda dengan menu pecel sayuran biasanya, yang membuat unik dan membedakan adalah di menu pecel tersebut disertakan oseng-oseng keong yang rasanya khas. 

Keong juga memiliki banyak manfaat bagi penikmatnya, manfaat yang didapat dari mengkonsumsi keong antara lain dapat mengurangi sakit pegal linu atau rematik. sehingga selain rasa pecel keong yang nikmat juga memiliki manfaat sehat dan baik untuk penikmatnya. 

Jam buka: 07.00 – 17.00 WIB

Lokasi: Jl. Raya Muncul 25 Desa Rowoboni (jalur alternatif Salatiga – Ambarawa) lokasinya terletak tepat di seberang kolam renang Muncul.

2. Warung Lawuh Ndeso

Sebelum kata #Ndeso heboh di sosial media dan di kalangan masyarakat Indonesia, di kota salatiga sudah duluan nge-hits karena warung makan lawuh ndeso sudah menjadi jujukan bagi pendatang di salatiga yang ingin berwisata kuliner. menu makanan yang disajikan selayaknya makanan khas Ndeso atau kampung yang dikemas semenarik mungkin, sehingga dari segi tampilan dan rasa terasa lebih nikmat bagi para penikmat kuliner.

Lokasi Warung Lawuh Ndeso Salatiga
Alamat Warung Lawuh Ndeso Salatiga berada di Jalan Langen Rejo No. 6, Gendongan, Tingkir, Gendongan, Tingkir, Kota Salatiga.



2. Wedang Ronde Skoteng Jago Salatiga

Saat sobat berkunjung atau hanya lewat di Kota Salatiga, sobat wajib untuk mencicipi minuman khas salatiga yaitu wedang ronde sekoteng yang dikenal legendaris di kota ini. bahkan wedang ronde skoteng jago ini seekarang menjadi langganan para artis yang pernah berkunjung atau pernah pentas di kota salatiga.

Ronde Sekoteng merupakan salah satu menu minuman yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. wedang ronde skoteng sendiri memiliki kasiat yang baik untuk kesehatan lambung dan daya tahan tubuh karena kuahnya terbuat dari rebusan air jahe.

Lokasi Ronde Sekoteng JAGO Salatiga
Alamat Ronde Sekoteng JAGO Salatiga berada di Jalan Jendral Sudirman No.9, Kutowinangun Kidul, Tingkir, Kutowinangun Kidul, Salatiga.

3. Warung Makan Ayam Goreng Bu Toha

Warung makan bu Toha biasanya Pada jam- jam makan siang, sekitar pk 12.00- 14.00 dan sore hari pk 16.00-18.00, sangat ramai dikunjungi para penikmat kuliner yang tengah lewat saat jam makan tiba. Warung makan ayam goreng Bu Toha yang terletak di Desa Praguman, Tuntang, Kabupaten Semarang dan hampir setiap hari membuat jalan raya solo - semarang menjadi macet. Pasalnya, mobil- mobil pengunjung keluar masuk sehingga harus memotong lalu lintas yang padat.

Menu makanan yang disajikan di warung makan Bu Toha tentu saja ayam goreng, rata rata ayam yang disajikan adalah ayam kampung, karena lebih sehat dibanding dengan ayam kota yang kita tau makanannya saja menggunakan sentrat atau makanan yang sudah dicampur dengan obat obatan, sedangkan ayam kampung lebih sehat karena makanan ayam kampung tidak mengandung obat obatan.

Lokasi Ayam Goreng Bu Toha

Lokasi dari Ayam Goreng Bu Toha ini berada di jalan raya Semarang-Solo. Tepatnya beralamat di Jalan Semarang-Surakarta, Tuntang.


4. Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyhudi

Warung makan sate kambing muda pak Masyhudi terletak di kelurahan blotongan kota salatiga, kalau kita sering melintasi jalan solo semarang pastinya kita akan dengan mudah menemui lokasi sate kambing muda yang ada di blotongan salatiga ini. Selain mudah di akses sate kambing muda di salatiga ini juga merupakan salah satu makanan favorit penikmat wisata kuliner yang mampir ke kota salatiga.

Siapa sangka pendangdut kondang roma irama pun juga sangat menyukai menu sate kambing Pmuda Pak Masyhudi ini, dan menjadi favoritnya ketika melintasi kota salatiga. jika kita pernah makan atau singgah di sate kambing muda pak masyhudi, kita akan melihat foto foto jadul pelantun lagu dangdut "Judi" itu terpampang rapi di dinding warung sate kambing muda. sehingga membuat warung makan sate kambing muda ini menjadi sangat terkenal setelah kunjungan roma irama tersebut untuk mampir menikmati kelezatan racikan bumbu sate kambing muda pak masyhudi.

Resep rahasia kelezatan sate kambing muda Blotongan ini terletak pada daging kambing yang digunakan, yaitu dengan menggunakan daging kambing muda atau yang berumur dibawah satu tahun. Kemudian dibakar dalam durasi waktu yang pas sekitar lima menit, hingga dagingnya tidak terlalu gosong. Bumbu yang digunakan untuk membakarpun cukup sederhana, celupan kecap asin, garam dan bawang putputih yang dihaluskan memberikan rasa gurih khas daging kambing dengan tekstur dagingnya yang lembut saat dikunyah dalam mulut. 

Lokasi Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyhudi
Sate Kambing Muda Blotongan Pak Masyhudi berada di jalan raya Semarang-solo. Tepatnya berada di  Jalan Fatmawati No. 98, Blotongan, Sidorejo, Salatiga

5. Warung Sate Sapi Suruh Tengah Kota Salatiga 

Sate Sapi Suruh merupakan salah satu menu makanan sate favorit di salatiga, dan sangat mudah kita jangkau, karena lokasnya berada di jantung kota salatiga, dan deket pusat belanja di kota salatiga, persis di sebelah kantor polisi tengah kota salatiga. dan warung sate sapi suruh ini juga menyediakan menu lain selain sate, yaitu mie ayam dan bakso, jadi sobat yang ingin mencicipi menu lain silahkan juga datang kesini.

Sate Suruh merupakan sate sapi yang dagingnya berwarna kekuningan, mirip dengan sate Karang yang sama-sama menggunakan bahan daging sapi. Warna kuning pada daging sapi berasal dari kunyit dan kencur yang menghilangkan bau amis pada dagingnya. Sate suruh memiliki cita rasa yang khas, daging sapinya empuk, rasanya manis dan memiliki aroma yang khas, cocok di lidah orang Jawa. Sedangn bumbunya menggunakan bumbu kuah kacang tanah, yang membedakan dengan kuah sate padang.

Lokasi Warung Sate Sapi Suruh
Alamat dari Warung Sate Sapi Suruh berada di Jalan Jenderal Sudirman No. 16F, Ruko Mimosa F1- F3, Kutowinangun, Tingkir, Salatiga,





Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM