Uang Keluar Dari ATM Rusak atau Sobek? Ini Cara Nukarnya

Uang Keluar Dari ATM Rusak atau Sobek? Ini Cara Nukarnya

Uang Keluar Dari ATM Rusak atau Sobek? Ini Cara Nukarnya

Uang Keluar Dari ATM Rusak atau Sobek? Ini Cara Nukarnya - Pengalaman sebagian orang dan termasuk pengalaman saya sendiri ketika saya perlu uang cash dan uang cash saya habis maka saya mutusin buat ambil uang tabungan saya di atm terdekat. Karena saya berikir positif, kalau uang yang ada di ATM pasti bagus karena yang melakukan isi ulang uang adalah pihak bank tersebut, atau pihak yang sudah ditunjuk oleh bank dan pastinya sudah di cek dengan baik.

Setelah saya ambil uang sekian rupiah, saya tidak terlalu teliti sehingga setelah uang keluar dari mesin atm, langsung saya masukkan dompet beserta dengan struk pengambilan uang dari atm tadi. Ketika uang yang saya ambil dari atm tadi akan saya gunakan untuk berbelanja nah, baru ketahuan kalau uang yang keluar dari atm rusak dan sobek, secara otomatis pedagangnya tidak mau terima uang sobek.

Saya langsung cek semua uang yang saya ambil di ATM tadi yang sudah saya simpan dompet, ternyata cuma satu lembar uang seratus ribu yang sobek dan rusak, lumayan kan, kalau 100 ribu? karena tadi saya ambil uang di ATM BRI maka saya dan istri berinisiatif menukarkan uang tersebut ke Bank BRI terdekat, mumpung belum lama pengambilannya, serta struk pengambilan masih ada.

Untuk ketentuan penukaran uang sobek atau rusak dari Bank Indonesia adalah jika uang yang rusak atau sobek masih terlihat serial number uang beserta 2/3 kondisi uang masih ada dan uang asli, maka uang rusak atau sobek tersebut masih bisa ditukarkan kembali dengan uang baru. Kemudian uang rusak atau sobek, atau karena terbakar tersebut dan tidak karena kesalahan sendiri maka bisa langsung ditukarkan ke Bank Indonesia.
Sebagai pengetahuan sobat, terkait penukaran uang sobek atau rusak, silahkan sobat datang ke Bank Indonesia, atau kalau memang di daerah sobat tidak ada, silahkan tanyakan ke Bank terdekat di daerah sobat, apa saja persyaratan yang diperlukan, karena terkadang masing masing Bank memiliki ketentuan atau persyaratan tersendiri, sebagai pengalaman saya ketika pengambilan uang di atm, dan uang tersebut ternyata sobek atau tidak utuh saat keluar dari atm.

Berikut Cara Mudah Tukar Uang Sobek da Rusak ke Bank BRI :
  1. Siapkan Uang yang sobek yang diambil dari ATM tadi beserta dengan struk yang keluar dari ATM, karena sebagai bukti bahwa Uang tersebut benar diambil dari ATM.
  2. Sebelum sobat bawa ke Bank terdekat, disini saya bawa Uang sobek tadi ke Bank BRI, dan biasanya kita disuruh menambahkan kertas putih untuk dilem dengan uang seukuran uang asli, sehingga bagian uang yang sobek atau rusak tadi diganti dengan kertas putih, baru diserahkan ke pihak casir bank. dan jangan lupa bawa buku tabungan BRI-nya ya.
  3. Nah sebelum menyerahkan ke pihak Teller Bank BRI silahkan ambil nomor antrian terlebih dahulu, dan budayakan antri, sehingga tetap tertip dan teratur.
  4. Setelah nomor antrian sobat dipanggil barulah serahkan uang sobek yang sudah dilem dengan uang kertas tadi ke teller beserta dengan buku tabungan, dan jangan lupa ceritakan kronologi kejadian darimana uang sobek tersebut dan kenapa uang tersebut bisa rusak atau robek.
  5. Setelah penjelasan selesai, maka kita disuruh menunggu secenak untuk proses penggantian, namun uang sobek atau rusak tadi tidak bisa ditukar dengan uang langsung, sehingga prosesnya harus ditabungkan terlebih dahulu ke rekening sobat
  6. Setelah proses penggantian dengan cara ditabung, dan pihak teller akan mencetak jumlah nominal yang rusak tadi ke buku tabungan
  7. Setelah proses penggantian dengan ditabung, sobat bisa melakukan cek uang yang di tabung tadi ke ATM di depan Bank, dan silahkan ambil kembali via ATM
  8. Uang sobek atau rusak tadi sudah diganti dengan cara ditabungkan oleh bank BRI
Sangat mudah bukan, cara tukar uang sobek atau rusak ke bank, dan tidak dipungun biaya sedikitpun alias gratis, namun jangan melakukan perusakan mata uang ya, karena jika uang tersebut rusak atau sobek karena disengaja maka pihak Bank biasanya akan menolak untuk ditukar, dan hal tersebut juga merupakan pelanggaran hukum, maka berhati hatilah dalam menggunakan mata Uang ya sobat.

Sekian dari saya tentang informasi Cara mudah tukar uang sobek atau rusak ke bank BRI, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sobat yang tidak sengaja menemukan uang sobek atau uang sobat ada yang rusak karena tidak sengaja, sehingga langsung saja ikuti langkah di atas, dan bawalah ke bank terdekat dan pastikan sobat punya rekening di bank tersebut. jangan lupa berikan komentarnya ya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM