Macam-macam Penyakit Alergi Kulit Pada Anak Dan Bayi Yang Wajib Anda Ketahui

Macam-macam Penyakit Alergi Kulit Pada Anak Dan Bayi Yang Wajib Anda Ketahui

Macam-macam Penyakit Alergi Kulit Pada Anak Dan Bayi Yang Wajib Anda Ketahui

Penyakit alergi kulit pada anak dan bayi saat ini cukup meningkat. Hal ini dikarenakan adanya perubahan pola hidup dengan lingkungan yang sudah modern. Alergi kulit ditandai dengan kulit kemerahan dan gatal. Bahkan, beberapa kasus menunjukkan anak atau bayi yang menderita alergi tampak bengkak di bagian kulitnya. Sehingga, cukup membuat orangtua kebingungan karena anak tidak nyaman.

Penyakit alergi kulit bisa muncul dan merupakan bagian dari respon daya tahan tubuh anak ketika terdapat benda asing.  Ketika benda asing mulai masuk kedalam tubuh, tubuh pun menghasilkan antibodi untuk memastikan bahwa benda asing itu bukanlah pemicu penyakit. Seseorang yang alergi, tubuhnya mampu memproduksi antibodi walaupun benda asing yang masuk bukan membahayakan. Apa saja jenis-jenis alergi kulit? Berikut informasinya.

1. Eksim Atopik

Dikenal juga sebagai dermatitis atopik. Kondisi ini akan membuat penderitanya mengalami ruam di kulit karena penderita tersebut punya bakat atopi. Penyebab eksim atopik terjadi pada anak adalah karena lingkungan, faktor genetic, imunitas kulit, dan juga obat-obatan. Beberapa contoh makanan yang memicu eksim atopic adalah telur, susu, kedelai, gandum, kacang tanah, serta tungau debu rumah.
Pencegahan yang bisa dilakukan para orang tua adalah menjauhkan anak dari bahan-bahan iritan karena memicu gatal. Perhatikan pula mana saja sabun, bahan kimia, dan juga deterjen yang tidak cocok untuk kulit anak.

2. Alergi Makanan

Alergi ini terjadi karena tubuh merespon terhadap makanan yang telah dinikmati buah hati. Gejala yang muncul adalah bengkak di bibir, saluran napas, serta lidah. Bahkan, anak juga bisa mengalami biduran dan diare. Alergi ini terjadi bahkan ketika makanan pemicu alergi masuk dalam tubuh setelah dua jam.

3. Alergi Obat

Histamine dilepas oleh tubuh ketika tubuh menunjukkan reaksinya yang alergi terhadap obat di bagian kulit. Gejala yang mungkin anda alami adalah kulit merah, gatal, atau bahkan biduran. Gejala juga bisa diiringi dengan pembengkakan di bagian tengorokan dan mulut, serta juga mata merah.
Alergi obat yang berat mampu membuat anak mengalami anafilaksis. Gejala yang muncul adalah kulit kebiruan, sesak nafas, nadi cepat, pusing, pingsan, mual, dan lainnya.

4. Alergi Dingin

Penyakit alergi kulit juga bisa terjadi karena kulit terkena suhu dingin. Alergi dingin juga dikenal sebagia urtikaria dingin. Anda akan merasa kulit gatal, bengkak, atau kemerahan. Bengkak akan semakin parah ketika kulit menghangat.

5. Dermatitis Kontak Alergik

Karena merupakan reaksi alergi di kulit, dermatitis kontak alergik terjadi karena kulit telah melakukan kontak dengan bahan kimia. Alergi ini terjadi karena penderitanya memiliki kulit hipersensitif.

Gejala yang timbul adalah gatal, yang disusul bercak merah berbatas tegas. Kemudian, ditandai dnegan bengkak, berbintil serta seperti melepuh. Tidak sedikit penderitanya yang harus mengalami masalah alergi ini hingga menahun. Sehingga, kulit begitu kering, tebal, bersisik, berbintil dan juga tampak retakan di kulit. Bahkan, penyakit yang satu ini bisa melebar ke bagian kulit lainnya.
Penyakit ini bisa terjadi pada bagian lengan, tangan, wajah, telinga, leher, badan, paha, serta alat kelamin. Pemicu alergi jgua bervariasi seperti karena pestisida, deterjen, getah sayur, semen, antiseptik, jam tangan, dan lainnya.

Itulah beberapa informasi tentang apa saja penyakit alergi kulit yang dapat muncul pada anak dan bayi. Hal terpenting yang harus diketahui oleh para orangtua adalah pentingnya melakukan pengamatan sendiri. buatlah seperti checklist tentang makanan yang disantap anak-anak, kemudian catat pula reaksi apa yang terjadi. Cara ini akan membantu anda agar anak tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang memicu alergi kulit muncul.

Ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang informasi kesehatan dan juga berbagai macam tips dan trik tentang kesehatan silahkan kunjungi situs PESONA LUAR. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini, silahkan berikan komentar anda, jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang masalah kesehatan, atau informasi kesehatan yang anda cari.



Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM