Pentingnya Domain Authority dan Page Authority Dalam Sebuah Blog

Pentingnya Domain Authority dan Page Authority Dalam Sebuah Blog

Pentingnya Domain Authority dan Page Authority Dalam Sebuah Blog

Setelah google mengeluarkan update algoritma terbaru yang dimana google tidak menjadikan page rank (PR) sebagai patokan blog atau web supaya berada di posisi teratas (page one). Namun google manambahkan patokan lain yang lebih kompeten lagi supaya blog bisa berada di posisi teratas, salah satunya yaitu kualitas dari Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Kali ini saya akan membahas peranan penting domain authority dan page authority dalam sebuah blog. Tapi ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama menaikkan kualitas DA PA tersebut.

Apa pentingnya Domain Authority dan Page Authority ?

Mungkin bagi Anda yang kurang paham atau masih belum paham mengenai pentingnya authority sebuah blog, harus membaca artikel ini sampai tuntas. Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) mempunyai peranan penting dalam sebuah blog, singkatnya DA PA itu mempunyai skor nilai dari 0 - 100. Dimana semakin tinggi nilai tersebut maka semakin berkualitas juga authority blog tersebut dan besar kemungkinan juga artikel bisa berada di posisi teratas mesin pencari.

Apa itu Domain Authority ?

Sebelumnya Anda harus mengenal pengertian dari domain authority, yaitu nilai acuan yang bias kita gunakan untuk melihat seberapa kuat (berkualitas) nama domain tersebut. Pada saat awal membangun blog nilai DA tentu nya akan 0. Namun Anda bisa mendapatkan nilai DA yang tinggi dengan memanfaatkan subdomain dari wordpress atau blogspot, yang biasanya memiliki nilai DA 80 keatas. Berbeda lagi ketika Anda membangun blog dengan Top Level Domain (TLD), nilai DA secara otomatis akan berubah menjadi 0, walaupun sebelumnya saat menggunakan subdomain sudah tinggi pun akan tetap kembali ke 0. Tapi ketika Anda menggunakan TLD, Anda bisa meningkatkan DA sampai ke 100. Berbeda dengan menggunakan subdomain yang hanya bisa ditingkatkan sampai batas yang ditentukan pihak tersebut.

Cara meningkatkan Domain Authority (DA)

Secara umum ada tiga faktor yang dapat meningkatkan domain authority sebuah blog, diantaranya :

1. Umur domain

Yang pertama yaitu umur domain, semakin tua domain (aged) tersebut secara otomatis akan mempunyai kualitas domain authority yang tinggi. Namun faktor ini juga harus dibarengi dengan kualitas artikel yang bagus. Butuh waktu yang lama untuk meningkatkan domain authority, jadi Anda harus bersabar dan terus konsisten ngeblog nya.

2. Popularitas domain

Popularitas domain disini bukan berarti domain tersebur dikenal banyak orang. Menurut saya lebih ke banyak nya link masuk dari web atau blog luar, yang dimana biasa disebut dengan Backlink. Semakin berkualitas nya backlink tersebut, maka kualitas domain authority juga akan meningkat. Namun ingat, hanya backlink berkualitas yang mampu meningkatkan domain authority.

3. Kuantitas dan kualitas artikel

Domain authority tidak akan meningkat jika blog tersebut Anda diamkan saja tanpa update artikel secara rutin. Nah semakin banyak jumlah artikel, bisa membantu untuk meningkatkan DA.Tapi disamping itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas artikel, buatlah artikel yang sangat bermanfaat atau menjadi jawaban bagi para pencari.

Apa itu Page Authority ?

Nilai page authority bisa kita jadikan acuan sebagai seberapa berkualitasnya halaman blog Anda. Dimana google akan menilai SEO, khususnya seo on page, seperti internal link building, page speed, struktur template, dll. Semakin berkualitasnya page authority sebuah blog, maka saya yakinkan blog tersebut kemungkinan besar bisa bersaing di posisi teratas mesin pencari.

Cara meningkatkan Page Authority

1. Artikel yang berkualitas

Kunci pertama untuk meningkatkan page authority adalah kualitas artikel. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang hasil nulis sendiri (wajib) dan menerapkan kata kunci yang seusai dengan blog. Dengan begitu kemungkinan besar blog bisa memasuki posisi teratas mesin pencari.

2. Backlink yang berkualitas

Backlink juga memiliki peran dalam page authority. Tidak jauh seperti tadi, backlink yang berkualitas juga akan membantu untuk meningkatkan page authority.

3. Optimasi Gambar dan Video

Dalam sebuah blog keberadaan media (gambar dan video) dalam sebuah artikel itu sangatlah penting. Google akan menyukai artikel yang menyediakan berbagai media yang berfungsi supaya orang lain lebih mengerti maksud dari artikel tersebut. Namun Anda perlu melakukan optimasi tersebut dahulu, seperti menambahkan teks ALT, deskripsi. Ingin lebih tahu mengenai ilmu blogging dan teknologi ? Anda bisa masuk ke siddiqrn.net karena disana Anda akan disajikan dengan artikel terknologi, blogging, berbagai tips komputer dan android, dan juga info menarik lainnya.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM