Tips dan Cara Aman Transaksi Lewat ATM

Tips dan Cara Aman Transaksi Lewat ATM

Tips dan Cara Aman Transaksi Lewat ATM

Tips dan Cara Aman Transaksi Lewat ATM - Masyarakat saat ini sudah mulai sadar akan pentingnya menabung di bank, entah itu bank BUMN atau pun bank swasta. Maka dengan kesadaran masyarakat untuk menabung tersebut membuat kepemilikan ATM atau Debit semakin banyak dan transaksi penggunaan ATM atau Debit juga semakin sering.

Dengan berbagai perkembangan teknologi saat ini, untuk transaksi berbagai pembayaran sudah mulai tersistem, sehingga tidak perlu lagi kita membawa uang tunai dalam pembayaran, terutama di super market, pembayaran tol, pembelian tiket pesawat, belanja online, dll. Oleh karena itu dengan semakin banyaknya transaksi menggunakan ATM tersebut banyak hal yang perlu kita perhatikan.
Memang secara keamanan uang kita tersimpan aman jika kita tabungkan di bank, dan masyarakat tidak perlu kawatir akan kehilangan uang di rumah atau mungkin diambil orang atau di curi orang. Namun sobat dan masyarakat juga harus tetap waspada karena keamanan dana di bank juga tergantung cara sobat bertransaksi menggunakan ATM atau sms banking dan mungking internet banking.
Awal mula penyimpanan uang di bank tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus sobat penuhi dan sobat lengkapi, salah saatunya adalah pembuatan PIN ATM atau password Login ATM. yang nantinya akan dijadikan password untuk bertransaksi menggunakan ATM. Selain PIN ATM, jika sobat mendaftarkan sms banking atau internet banking pasti juga diminta untuk membuat PIN atau TIN sebagai verifikasi keamanan data transaksi tersebut.

Dengan adanya PIN, TIN atau password tersebut, kita diwajibkan untuk menjaga kerahasiaannya dari orang lain, karena semua transaksi ATM seperti transfer dan penggunaan ATM tentu saja harus menggunakan password, atau PIN atau TIN tersebut. Oleh karena itu berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan transaksi lewat ATM.

Tips dan Cara Aman Melakukan Transaksi Lewat ATM :
  1. Pastikan tutup rapat dengan satu tangan saat sobat memasukkan PIN di ATM, Sehingga tidak terlihat oleh orang lain atau CCTV yang ada di area ATM. Untuk menjaga agar tidak dilihat dan disalahgunakan orang lain.
  2. Silahkan melakukan penggantian PIN secara berkala. Terutama untuk ibu ibu, jangan mencatat PIN di Kertas atau buku atau media lain, pastikan PIN tersebut diingat dan buatlah PIN yang gampang diingat. Namun jangan menggunakan nomor PIN berurutan atau tanggal lahir.
  3. Jika datang ke ATM untuk melakukan transaksi pastikan tetap membawa tas berisi KTP, HP, atau ID Card untuk berjaga jaga seandainya ATM tertelan oleh mesin, sehingga bisa langsung diurus ke bank terdekat atau ke petugas di sekitar ATM.
  4. Kalau ATM tertelan jangan panik, dan jangan pernah mau ditawari bantuan orang lain. Karena banyak kejadian ATM ditukar dan dibobol oleh orang lain. Pastikan datang ke petugas bank terdekat untuk melaporkan bahwa ATM tertelan di lokasi mana dan silahkan tunjukkan Identitas sobat seperti di nomor tiga tadi.
  5. Kemudian kenali call center ASLI dari bank yang sobat gunakan. Sehingga jika sobat ditawari untuk melakukan panggilan call center ke nomor lain jangan mau.
Berikut Call Center Bank :
BCA           : 1500888
BNI            : 140046
BRI            : 14017
MANDIRI : 14000
Untuk Bank Lain akan saya update kembali atau silahkan lanjutkan Browsing.

Demikian informasi dari saya terkait Tips dan Cara Aman Transaksi Lewat ATM. Jaga dengan baik kerahasiaan transaksi sobat dan juga kerahasiaan PIN atau Password ATM yang sobat miliki, sehingga transaksi serta uang tabungan sobat tetap aman dan tidak di salahgunakan orang lain. Semoga informasi ini bermanfaat serta meningkatkan kewaspadaan sobat dalam melakukan transaksi lewat ATM.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM