Cara Menghilangkan Delay PTT di Radio RIG XiR M3688

Cara Menghilangkan Delay PTT di Radio RIG XiR M3688

Cara Menghilangkan Delay PTT di Radio RIG XiR M3688

Cara Menghilangkan Delay PTT di Radio RIG XiR M3688 - Radio komunikasi menggunakan Rig atau sejenisnya memang memiliki banyak keuntungan, namun dengan kemudahan yang ada serta banyaknya fasilitas pada radio RIG terkadang juga mengalami beberapa kendala atau gangguan jika kita tidak mengerti fungsi dan cara settingnya. 

Sejak lama radio komunikasi seperti rig dan ht sudah banyak digunakan untuk komunikasi murah yang tidak perlu menggunakan pulsa atau lainnya, sibat hanya perlu membeli perangkat radio rig atau ht dengan merek atau tipe tertentu, namun saran dari saya motorola menjadi yang paling handal dalam hampir semua aspek dan memang sudah terkenal di dunia komunikasi radio baik RIG atau HT.

Namun memang banyak radio merk lain yang mulai mengembangkan performa dan fasilitasnya sehingga membuat persaingan dunia radio rig dan ht semakin ketat, salah satu contoh merk radio yang murah dan mulai banyak digunakan oleh beberapa perusahaan baik itu pertambangan, perkantoran, dan mungkin security atau perorangan adalah merk radio Icom yang saat ini banyak menjadi alternatif pembeli karena harganya yang murah dan cara settingnya yang mudah.

Kalau dibandingkan harga memang Icom lebih murah namun beberapa aspek lain juga pastinya ada kelemahannya, oleh karena itu pemilihan merk dan tipe pada radio tergantung pembeli, mau cari yang murah dikantong, atau sedikit mahal tapi handal dan juga kuat dari sisi ketahanannya. Silahkan tentukan sendiri, karena penggunaan semua perangkat juga pengaruh oleh perawatan serta penggunaan dari usernya sendiri, sehingga membuat perangkat radio rig atau ht menjadi lebih awet dan tahan lama untuk digunakan.

Banyak pengguna radio rig di beberapa perusahaan saat ini sudah mulai beralih ke tipe motorola baru yaitu XiR M3688 karena tipe motorola yang lama saat ini sudah tidak diproduksi lagi, sehingga membuat para pengguna radio rig harus menyesuaikan dengan tipe terbaru dari motorola tersebut.

Dalam penggunaan radio motorola XiR M3688 selama ini beberapa kendala yang saya hadapi antara lain :
  1. Mengalami Delay PTT saat melakukan komunikasi awal pada radio motorola XiR M3688. Sehingga membuat komunikasi kita saat awal menekan PTT tidak tersampaikan dengan jelas kepada penerima, atau mengalami delay kurang lebih lima detik setelah menekan PTT pada radio, baru kemudian suara kita diterima dengan jelas oleh penerima. 
  2. Jangkauan range area radio dan power radio berubah sendiri, sehingga membuat komunikasi jarak jauh terganggu.
  3. Radio RIG XiR M3688 mati total sehingga tidak bisa digunakan kembali.
  4. Radio rig XiR M3688 tidak bisa mengirim suara namun bisa menerima suara dari radio lain. Sehingga komunikasi 2 arah tidak berjalan normal
  5. Rig XiR M3688 tidak bisa komunikasi dengan HT CP1660. Sehingga membuat komunikasi dengan pengguna HT CP1660 tidak bisa dilakukan.
Dari beberapa kendala di atas akan coba saya ulas tentang cara penanganan serta solusi perbaikan yang sudah saya lakukan, sehingga membuat beberapa kendala pada radio motorola xir m3688 tersebut menjadi beres. Mari simak bersama ulasan dari saya.


Solusi penanganan kerusakan pada radio XiR M3688 :

Solusi Radio XiR M3688 Mengalami Delay saat PTT ditekan dan melakukan komunikasi awal yaitu dengan cara melakukan settingan menggunakan aplikasi untuk itu silahkan buka aplikasi radio motorola XiR M3688 yang sobat install di komputer. Jika sobat belum punya aplikasinya silahkan download di sini. Untuk cara settingnya silahkan ikuti panduan berikut ini :
  1. Silahkan masuk ke aplikasi MOTOTRBO CPS atau aplikasi motorola XiR M3688
  2. Silahkan sambungkan kabel program motorola dari komputer ke radio
  3. Kemudian setelah kabel program tersambung silahkan cari menu Read pada Iconbar aplikasi MOTOTRBO CPS tersebut, biasanya digambarkan dengan icon Segitiga merah mengarah ke layar komputer warna biru
  4. Setelah muncul modul settingan radio yang disambungkan tadi, silahkan sobat cari menu Accessories sehingga tampilan menjadi seperti berikut ini.
  5. Langkah berikutnya silahkan cari link menu Hom & Lights pada modul Accessories keudian silahkan ganti Delay Time (sec) yang awalnya 7 menjadi 0. Angka pada Delay Time tersebut menunjukan waktu tunggu saat melakukan komunikasi saat setelah menekan PTT pada radio XiR M3688
  6. Setelah dilakukan penggantian jangan lupa klik Icon Menu Write yang bisanya digambarkan dengan icon segitiga merah mengarah ke gambar radio HT.
  7. Silahkan tunggu hingga proses setting tersimpan ke radio. dan Selesai.
Bagaimana sangat mudah bukan cara setting Delay PTT pada Radio XiR M3688, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk sobat yang kesulitan mencari solusi saat mengalami hal serupa dengan apa yang saya alami tersebut. Untuk solusi perbaikan yang lainnya akan saya bahas di artikel saya selanjutnya, silahkan tunggu update terbaru situs miraclewijaya.com. Terima kasih atas kunjungannya, jangan lupa berikan komentarnya, dan jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar, pasti akan saya balas.

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM