Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Mudah dan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Mudah dan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Mudah dan Bahan Alami

Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Ketombe - Munculnya ketombe pada kepala biasanya ditandai dengan mengelupasnya kulit kepala yang sering terlihat seperti serbuk atau serpihan putih yang menempel di pundak, serbuk tersebut terlihat jelas jika jatuh atau menempel di baju yang berwarna gelap seperti hitam.


Dengan munculnya ketombe yang membandel seringkali membuat rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang, karena kebanyakan orang merasa jika ketombe merupakan salah satu yang mengganggu penampilan seseorang. Selain itu ketombe juga menjadi masalah yang cukup mengganggu karena jika produksi ketombe yang berlebihan akan membuat kulit kepala menjadi gatal, sehingga membuat sobat menjadi ingin menggaruk kepala terus menerus.


Masalah ketombe yang berlebihan juga dapat menandakan bahwa terjadi peradangan pada kulit kepala seseorang, sehingga jika tidak segera ditangani dengan benar maka akan berpengaruh juga pada kesehatan seseorang. Selain rasa gatal yang mengganggu kesehatan pada kulit kepala, ketombe juga dapat membuat kemerahan dan gatal pada sekitar kulit wajah serta area kulit telinga. Untuk itu perlu sobat ketahui beberapa penyebab ketombe itu apa saja, berikut ulasannya :

Penyebab Munculnya Ketombe Pada Kepala :
  1. Jarang mencuci rambut atau keramas, sehingga kotoran dari kulit mati pada kepala semakin menumpuk yang dapat menyebabkan ketombe muncul.
  2. Bisa jadi disebabkan oleh produk shampoo atau conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala, Sehingga membuat kulit kepala menjadi iritasi dan menimbulkan gatal serta produksi kulit mati pada kepala meningkat
  3. Munculnya jamur bernama Malassezia, yang biasanya muncul dan berkempang pada kulit kepala orang dewasa, jamur ini tidak berbahaya untuk kulit kepala, namun dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala jika jamur tersebut berkembang biak berlebihan.
  4. Efek dari kulit kering, sehingga menimbulkan kulit mati berlebih pada kulit kepala
  5. Munculnya minyak berlebih pada kulit kepala, yang menyebabkan munculnya iritasi dan menimbulkan ketombe yang dikenal dengan istilah Dermatitis Seboroik.
Sebenarnya munculnya ketombe dapat dikontrol dengan mudah menggunakan perilaku sendiri dengan perawatan serta tetap menjaga kebersihan rambut atau kulit kepala dengan benar. Selain itu penggunaan shampoo rambut khusus untuk mengurangi minyak berlebih atau keringnya kulit kepala dapat dilakukan sendiri untuk mengatasi penumpukan sel sel kulit mati pada kepala. dan bahkan bisa dihilangkan sendiri tanpa harus berobat ke dokter atau ke klinik. 

Bagi yang sudah mengalami ketombe berlebih maka dianjurkan untuk mencari shampoo anti ketombe yang banyak dijual di apotik atau swalayan. Namun perlu diperhatikan dalam penggunaan shampoo anti ketombe karena memiliki kandungan yang berbeda beda, pastikan produk shampoo tersebut tidak membuat kulit kepala sobat menjadi iritasi atau alergi.

Selain menggunakan bahan kimia seperti shampoo dll. Cara mengatasi ketombe secara alami juga dapat sobat lakukan dengan mudah dan dengan bahan alami yang tentu saja aman dan tanpa memiliki efek samping seperti penggunaan shampoo tadi. Berikut beberapa solusi menghilangkan ketombe dengan cara alami :
  1. Memenuhi asupan vitamin B, Omega 3serta mengkonsumsi probiotik yang memiliki kandungan bakteri baik untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  2. Gunakan bahan alami untuk perawatan kulit kepala serta rambut dengan bahan alami seperti lidah buaya, minyak zaitun, baking soda, dan tea tree oil dengan cara dibuat keramas atau mengoleskannya pada rambut dan kulit kepala.
  3. Gunakan garam dapur untuk dioleskan pada kulit kepala, kemudian diamkan sebentar dan bilas kepala dengan air bersih untuk menghilangkan garam serta kulit mati atau ketombe pada kepala
  4. Sobat juga bisa menggunakan minyak kemiri untuk menghilangkan ketombe yaitu dengan cara oleskan minyak kemiri sebelum keramas, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Baru keramas untuk membersihkan minyak kemiri yang sudah dioleskan tadi.
  5. Gunakan air perasan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe serta dapat juga digunakan untuk menebalkan rambut karena kandungan vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong tumbuhnya akar rambut dengan baik sehingga juga dapat mengatasi masalah pada kebotakan.
Serta tentu saja masih banyak lagi cara mudah untuk menghilangkan ketombe secara alami dengan berbagai bahan alami yang mudah untuk diperoleh, tanpa harus menunggu pergi belanja ke pasar atau supermarket. Semoga informasi ini dapat membantu sobat yang mengalami masalah ketombe yang berlebihan, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan bebas dari ketombe.

Demikian ulasan saya tentang cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang mudah didapat dan mudah diolah sendiri. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa tinggalkan komentarnya di kolom komentar ya.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM