Cara Mengaktifkan Suara Radio XIR M3688

Cara Mengaktifkan Suara Radio XIR M3688

Cara Mengaktifkan Suara Radio XIR M3688

Cara Mengaktifkan Suara Radio XIR M3688 - Sebagai pengguna radio Motorola versi terbaru tipe XIR M3688 seperti saya pernah mengalami beberapa kendala, karena memang radio tipe XIR M3688 adalah radio rig versi terbaru yang dikeluarkan oleh motorola. Oleh karena itu membuat saya sedikit kesulitan dalam melakukan troubleshooting ketika ada erorr atau kerusakan.

Kerusakan yang perah saya alami adalah hilangnya suara pada radio motorola xir m3688 dengan indikator tampilan audio silang pada layar xir m3688, sehingga suara baik itu dari pengirim atau radio lain dan juga suara dari internal radio itu sendiri tidak muncul.
Penyebab dari munculnya icon audio silang pada xir m3688 saya juga kurang tau, bahkan pengguna radio seperti operator juga tidak tau kenapa tiba tiba muncul tanda audio silang pada layar xir m3688 tersebut. Awalnya saya juga kesulitan mencari bagaimana cara agar menampilkan kembali suara radio xir m3688 yang hilang tersebut. karena memang tidak terdengar suara sama sekali dari radio xir m3688 tersebut.

Setelah seharian saya lakukan uji coba perbaikan dengan berbagai cara seperti mencoba menekan tombol tombol yang ada di radio xir m3688 hingga mencoba masuk ke sistem settingan aplikasi mototrbo radio xir m3688 namun tidak kuncung ketemu juga, bahkan mencari cara reset radio xir m3688 pun saya juga belum ketemu.

Namun jika nanti ketemu cara reset radio xir m3688 ke settingan pabrik pasti akan saya update kembali di artikel situs miraclewijaya,com oleh karena itu tunggu update terbaru dari saya tentang berbagai cara perbaikan radio rig xir m3688 yang pernah saya lakukan.

Namun untuk kali ini kita akan mebahas bersama tentang kesulitan yang saya alami ketika mengalami error radio xir m3688 tidak muncul suaranya atau disable sound xir m3688, sehingga radio tersebut tidak bersuara sama sekali namun radio xir m3688 tetap bisa menyala normal.

Cara yang saya lakukan untuk mengembalikan suara radio rig xir m3688 adalah sebagai berikut, seilahkan sobat simak baik baik, sehingga bisa menjadi solusi bagi sobat yang mungkin mengalami kejadian sama seperti yang saya alami saat ini.

Cara Mengaktifkan Suara Radio XIR M3688 yang Muncul Simbol Lonceng di silang pada layar xir m3688 :

  1. 1. Siapkan kabel program radio rig xir m3688 karena untuk radio tipe ini menggunakan kabel program berbeda dari radio motorola lainnya, bahkan kabel program universal pun tidak bisa untuk melakukan setting pada radio rig tipe xir m3688 ini.
  2. 2. Sambungkan kabel program radio rig xir m3688 tersebut dengan komputer atau laptop sobat, jangan lupa nyalakan radio menggunakan power supply dengan power kisaran 15 volt.
  3. 3. Buka aplikasi mototrbo pada laptop atau komputer sobat
  4. 4.Silahkan cari radio rig xir m3688 lain yang kondisinya normal, atau cari settingan radio xir m3688 lama yang pernah sobat lakukan setting untuk radio radio sebelumnya. pastikan channel dan settingan normal seperti radio lain yang bisa digunakan.
  5. 5. Lakukan read radio yang kondisinya normal tadi, kemudian sesuaikan anama dan juga channelnya.
  6. 6. Matikan radio rig xir m3688 yang normal tadi dan lepas dari kabel program dan juga power supply
  7. 7. Ganti radio yang normal tadi dengan radio Xir m3688 yang mati suaranya tadi ke komputer atau laptop sobat dengan kabel programnya, dan nyalakan dengan power supply yang sama.
  8. 8. Setelah itu lakukan clonning settingan dari radio yang normal tadi ke radio yang rusak tidak muncul suaranya tadi.
  9. 9. Tunggu proses clonning selesai
  10. 10. Pastikan terdapat bunyi tulilut ketika proses clonning selesai, yang menandakan radio yang suaranya mati tadi sudah normal kembali atau sudah muncul suaranya kembali.
  11. 11. Untuk lebih memastikan silahkan dicoba komunikasi dua arah dengan radio lain, apakah suara sudah muncul kembali.
  12. 12. Jika memang masih tidak muncul suaranya pada radio xir m3688 silahkan cari radio lain untuk dilakukan clonning ulang seperti tahapan di atas tadi.


Demikian pengalaman dan informasi yang bisa saya bagikan untuk sobat terkait problem suara yang hilang pada radio xir m3688. Semoga bermanfaat dan bisa membatu penyelesaian masalah radio rig versi terbaru dari motorola tersebut. jangan lupa berikan komentarnya ya, atau ada yang mau berbagi pengalaman tentang troubleshooting motorola xir m3688 atau tipe radio lainnya dipersilahkan untuk menghubungi email mikhaandri11@gmail.com supaya bisa kita publish juga di situs ini, sehingga banyak referensi baru terkait radio xir m3688.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM