Cara Setting Grandstream IP PBX UC6202

Cara Setting Grandstream IP PBX UC6202 - Sebelum kita masuk dalam pembahasan cara mudah setting ip phone grandstream, apa sebenarnya fungsi dari ip phone grandstream itu dan apa itu grandstream ip pbx uc6202? Grandstream IP PBX UC6202 adalah salah satu perangkat atau alat yang berfungsi sebagai otak dari komunikasi data, voice, video dan juga memiliki mobility untuk menunjang komunikasi menggunakan jaringan lan atau wan.

Bagi kalian yang sudah pernah mengenal ip phone atau voip, perangkat  Grandstream IP PBX UC6202 ini adalah perangkat seperti voip router yang bisa menghubungkan komunikasi dua arah menggunakan ip phone seperti halnya merk Yealink dan mungkin ada merk lainnya.

Dari pengalaman yang  saya alami dari penggunaan voip router hingga saat ini voip router merk net phonix sudah jarang ditemui dan saat ini muncul perangkat baru Grandstream IP PBX UC6202 dan tentu saja pastinya memiliki fitur baru juga untuk mempermudah para pengguna ip phone atau voip dalam berkomunikasi, selain fiture yang lengkap,  Grandstream IP PBX UC6202 juga sangat mudah dalam melakukan konfigurasi.

Untuk melakukan setting atau konfigurasi Grandstream IP PBX UC6202 sebenarnya sangat mudah, saat sobat membeli perangkat ini sebenarnya juga disediakan manual books tapi memang bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris, jadi bagi sobat yang kesulitan memahami manual books  Grandstream IP PBX UC6202 berikut saya akan mencoba menjelaskan cara setting  Grandstream IP PBX UC6202 :

Cara Setting  Grandstream IP PBX UC6202 :
  1. Setelah sobat selesai membuka perangkat Grandstream IP PBX UC6202 dari dalam kardus, silahkan sobat rakit power adaptor serta sambungkan kabel Lan Grandstream IP PBX UC6202 dengan switch atau komputer sobat
  2. Untuk melakukan setting Grandstream IP PBX UC6202 Silahkan buka web browser menggunakan google chrome, internet exploler atau mozilla firefox dengan mengetikkan format ip berikut kedalam browser tersebut : https://IP-Address:Port untuk IP Address akan muncul pada layar Grandstream IP PBX UC6202 ketika sudah sobat colokan ke switch. Untuk Default Port Grandstream IP PBX UC6202 : 8089. Untuk contoh penulisan IP Address dan POrt pada browser setelah muncul ip pada layar Grandstream IP PBX UC6202 adalah sebagai berikut : https://192.168.40.167:8089 
  3. Setelah itu sobat akan melihat tampilan web login untuk melakukan setting Grandstream IP PBX UC6202, untuk default Username : admin sedangkan untuk password default Grandstream IP PBX UC6202 biasanya terdapat pada stiker yang terletak pada bagian bawah perangkat Grandstream IP PBX UC6202 ketika sobat baru saja membelinya. 
  4. Setelah sobat berhasil login silahkan langsung klik menu Setup Wizard dan ganti password Grandstream IP PBX UC6202 yang hanya sobat yang mengetahuinya, karena sangat berbahaya jika masih standart, bisa jadi ada orang yang iseng bisa diacak acak settingan Grandstream IP PBX UC6202 sobat.
  5. Selanjutnya silahkan ikuti langkah sesuai tampilan dan ubahlah gaya bahasa menjadi bahasa inggris supaya lebih mudah dipahami
  6. Setelah masuk pada tampilan Dashboard Grandstream IP PBX UC6202 silahkan sobat setting IP Address terlebih dahulu sehingga konfigurasi lainnya bisa sobat lakukan dengan lebih mudah. Caranya silahkan sobat masuk ke menu System Settings > Network Setting. Isi semua data ip address sesuai ip segment jaringan kantor yang sobat gunakan
  7. Jika proses setting ip selesai silahkan sobat melakukan setting extension/Trunk IP Phone Sobat, dengan cara pada tampilan menu sebelah kiri cari menu Extension/Trunk > pilih menu Extension kemudian silahkan klik menu +Add dan isikan User ID, Password dan Voicemail Password samakan dengan settingan ip phone yang sobat gunakan.
  8. Langkah selanjutnya silahkan registrasikan extension yang sudah didaftarkan pada Grandstream IP PBX UC6202 dengan IP Phone sesuai dengan SIP User ID, SIP Server dan SIP Password. Isi SIP Password IP Phone dengan IP address dari Grandstream IP PBX UC6202 yang kalian setting pada nomor 6 tadi.
  9. Untuk langkah setting IP Phone Yealink akan saya bahas pada artikel saya berikutnya. atau sobat bisa kunjungi link Cara Setting IP Phone Yealink dengan Grandstream IP PBX UC6202
Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat dan dapat segera diaplikasikan dan semoga sukses dalam membangun ip phone menggunakan Grandstream IP PBX UC6202, yang tentu saja akan lebih fleksible dalam konfigurasinya serta peggunaannya. Jika ada pertanyaan seputar Grandstream IP PBX UC6202 silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar, dan akan saya usahakan untuk menjawab sesuai dengan kapasitas saya dan sesuai dengan pengalaman saya.

Tunggu ulasan selanjutnya terkait pemasangan voip menggunakan Grandstream IP PBX UC6202 dan juga ip phone yealink di artikel saya berikutnya, jangan lupa terus kunjungi dan nantikan artikel menarik yang akan selalu saya update.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel