Mengatasi Gagal Booting dan Hard Drive Tidak Terbaca di Bios | Windows 10

Mengatasi Gagal Booting dan Hard Drive Tidak Terbaca di Bios - Memperbaiki komputer yang mengalami gagal booting secara tiba tiba dan juga saat di cek di bios ternyata Hard Drive atau Hardisk tidak terdeteksi sebenarnya banyak cara dan terkadang juga ada berbagai macam solusi, tergantung error yang muncul atau masalah apa yang terjadi pada komputer tersebut.

Yang sering dialami ketika Windows 10 gagal booting adalah akibat penggunaan komputer yang terkadang tidak baik, berikut beberapa hal yang mengakibatkan Windows 10 gagal booting.

Masalah Yang Mengakibatkan Windows 10 Gagal Booting :
  1. Komputer dimatikan secara paksa atau mati tanpa di shutdown - hal ini mengakibatkan terjadinya kerusakan pada hardware yaitu hardisk komputer yang mengakibatkan bad sector pada hardisk sehingga windows 10 mengalami gagal booting.
  2. Kerusakan OS Windows 10 Karena Virus - Virus menjadi slaah satu faktor dalam rusaknya OS Windows 10 karena virus bisa menghapus dan merusak system windows 10 yang ada dikomputer sobat, sehingga pastikan komputer sobat terinstall anti virus yang kuat dalam mengamankan serangan virus.
  3. Kesalahan booting drive - Untuk kesalahan booting drive ini terjadi akibat lupa melakukan perubahan bootable pada saat sobat melakukan cd bootable atau usb bootable sehingga jika ada usb atau cd aktif di komputer maka arah bootingnya tidak sesuai. Sehingga silahkan dirubah arah booting ke Hardisk Komputer atau Hard Drive pada bios.
  4. Error yang disebabkan oleh Legacy Boot Disabled - Mengakibatkan Windows 10 Gagal masuk booting dan hanya muncul tampilan ( Operating System Boot Not Found ) sehingga perlu melakukan settingan ulang pada biosnya.
Untuk beberapa masalah di atas yang akan saya bahas pada artikel saya kali ini adalah problem OS Windows 10 error Operating System Boot Not Found atau gagal booting karena legacy sersetting disabled. Oleh karena itu beberapa hal yang harus sobat lakukan untuk memperbaiki kesalahan booting tersebut yaitu lakukan settingan legacy boot dengan benar. 

Selain Error gagal booting Legacy Disable juga menyebabkan Hard Drive pada booting tidak terbaca, sehingga System OS Windows 10 Gagal login. Sehingga beberapa hal yang harus sobat lakukan adalah sebagai berikut untuk mengatasi masalah tersebut, sesuai dengan pengalaman yang saya lakukan agar error Operating System Boot Not Found ini bisa ditangani.

Cara Mengatasi Gagal Booting, Legacy Disabled dan Hard Drive Tidak Terbaca di Bios :
  1. Langkah pertama jika mengalami gagal booting, legacy disabled dan Hardisk tidak terbaca yaitu silahkan Masuk ke settingan bios dengan cara menekan F10 saat setelah komputer di restart atau setelah dinyalakan.
  2. Silahkan sobat cari menu Storage kemudian silahkan cek Hard Drive apakah terbaca atau tidak, dan pastikan posisi Hard Drive di paling atas, dan cek juga kondisi Legacy Boot Source : Disabled / Enabled (Pastikan Enable)
  3. Cara merubah Legacy dari Disabled menjadi Enable silahkan sobat cari menu Security kemudian klik sub menu Secure Boot Configuration, dan akan muncul tampilan menu Secure Boot Configuration, Kemudian pada Legacy Support silahkan di Enable, namun jika mengalami error seperti gambar berikut, ganti secure boot menjadi disabled terlebih dahulu, baru setelah itu melakukan enable pada Legacy Support silahkan di Enable.  Berikutnya adalah Save settingan dengan menekan F10 > Save and Exit.
  4. Silahkan coba booting ulang apakah windows 10 sudah bisa berjalan kembali atau masih gagal.
  5. Jika proses sudah sesuai maka tampilan saat booting awal adalah sebagai berikut, kemudian silahkan tekan kode sebelum to complete the change (Disini kodenya adalah tekan angka 8469 + Enter) kode yang muncul biasanya berbeda beda namun jika sudah kemudian secara otomatis windows akan berjalan normal seperti sebelumnya.
  6. Jika proses perbaikan selesai maka windows 10 sudah bisa digunakan kembali, namun jika Operating System Windows 10 masih belum jalan, silahkan lakukan cara cepat memperbaiki windows 10 gagal booting dengan melakukan install ulang Windows 10.
Demikian pengalaman saya terkait error agal Booting, Legacy Disabled dan Hard Drive Tidak Terbaca di Bios dan Error The Secure Boot Option May Only Be Enabled if The Legacy Support Option Is Disabled, You Must Disable Secure Boot Before You Many Configure This Option. 

Semoga informasi dan pengalaman saya ini bisa memberikan solusi pada error Windows 10 yang gagal booting tersebut. Jika ada pertanyaan lainnya silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar ya. Semoga cara ini sukses menjadi solusi Gagal Booting, Legacy Disabled dan Hard Drive Tidak Terbaca di Bios.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel