7 Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas

7 Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas

7 Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas

7 Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas - Bulan Ramadhan tinggal menunggu beberapa hari lagi, seluruh umat muslim di dunia tentu saja secara serentak akan memulai kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh. Supaya berjalan lancar dan sukses tanpa bolong dan lemas ketika berpuasa maka berpuasa juga membutuhkan perencanaan yang matang serta baik, agar semua berjalan lancar. Mari kita sima bersama 7 Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas dan anti bolong puasanya.


Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas Dalam Menyambut Ramadhan :

1. Luruskan dan Mantapkan Niat Berpuasa

Dalam berpuasa motivasi terbesar tuntas berpuasa adalah dimulai dari diri sendiri. Tidak hanya berpuasa bahkan dalam segala hal niat dan motivasi diri merupakan faktor terkuat dalam mencapai sesuatu dan menjadi salah satu kunci kesuksesan yang akan dicapai. Jika berpuasa sobat anggap sesuatu yang mudah dan gampang untuk dilalui tentu saja dengan niat beribadah pasti puasa selama sebulan penuh akan sangat mudah dilalui. Tak hanya mudah untuk dilalui, dengan niat dan motivasi kuat tentu saja berbagai godaan yang akan dihadapi sobat akan tetap tahan dan kuat dari godaan - godaan yang ada.

2. Hindari Minum Teh dan Kopi Saat Sahur

Minuman seperti teh dan kopi dapat membuat sobat sering buang air kecil dan cairan dalam tubuh akan terus berkurang, oleh karena itu pastikan minum air putih yang cukup ketika sahur dan juga setelah berbuka puasa, supaya tenaga dan cairan sobat selama berpuasa dapat terjaga dengan baik.

3. Sahur Menjelang Waktu Imsak 

Usahakan sahur menjelang imsak karena cadangan energi dalam tubuh akan lebih banyak, namun jangan terlalu mepet juga sehingga makannya tidak terburu buru, nikmati sahur dengan makanan sehat juga ya.

4. Tidur Siang Minimal 30 Menit dan Usahakan Tidur Malam Lebih Awal

Mengapa harus tidur siang minimal 30 menit saat berpuasa? karena dengan kalian istirahat cukup maka tenaga serta kondisi kesehatan kalian akan terus terjaga dengan baik hingga bulan puasa selesai. Namun ingat jangan gunakan waktu puasa seharian hanya untuk tidur, karena spuasa sobat akan sia sia. 

Selain tidur siang minimal 30 menit saat puasa, usahakan juga untuk tidur malam lebih awal, sehingga sobat tidak kurang tidur untuk kembali menjalani puasa di hari berikutnya, dan sebagai pengganti waktu tidur yang berkurang saat puasa.

5. Makan Buah dan Sayur Saat Sahur dan Buka Puasa

Dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah buahan saat sahur dan buka puasa maka kebutuhan vitamin, mineral dan zat bergizi lainnya. Sayuran dan buah juga membuat tubuh sobat menjadi sehat dan juga tenaga kalian akan tahan dalam menjalani puasa seharian bahkan bisa membuat puasa menjadi lancar dan anti bolong puasa.

6. Lakukan Olahraga Ringan

Seperti pembahasan saya pada nomor 4 tadi, jangan gunakan puasa kalian hanya untuk tidur seharian, namun gunakan puasa kalian untuk melakukan berbagai hal positif seperti halnya olahraga. Dengan olahraga tentu saja menjadikan tubuh lebih bugar dan sehat, tidak harus menunggu puasa, kapanpun dan dimanapun olahraga sangat baik untuk kesehatan maka lakukan hidup sehat mulai saat ini.

7. Membuat Rincian Hal Yang Ingin Dicapai

Kenapa membuat rincian hal yang ingin dicapai saya masukkan ke dalam tips agar puasa lancar? karena selama ibadah puasa tentu saja banyak aktivitas kosong yang bisa kita gunakan untuk merencanakan berbagai hal, terutama hal hal yang ingin kita capai atau yang kita targetkan baik dalam setahun atau jangka panjang. Dengan momen puasa tentu saja pikiran akan menjadi tenang dan juga motivasi ibadah akan terus meningkat, sehingga membuat puasa kalian tidak terasa kalau sudah terlewati. Manfaatkan bulan puasa untuk melakukan berbagai hal positif untuk membuat hidup menjadi lebih baik lagi, baik untuk kalian sendiri atau untuk lebih mendekatkan diri lagi terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian 7 Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas dan Sehat yang bisa saya bagikan untuk sobat atau saudara kami umat muslim, semoga artikel dan informasi ini dapat membantu ibadah puasa kalian menjadi sukses dan tuntas hingga sebulan full. Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya, mari saling berbagi dan saling menghargai, selamat menyambut Ibadah Puasa 2019.




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar