Viral Cacar Monyet dan Apa Gejala dan Penyebabnya?

Viral Cacar Monyet | Apa Gejala dan Penyebabnya? - Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh zoonosis virus yang langka dan awal mula ditemukan Virus Cacar Monyet ini adalah di Afrika bagian Tengah dan Afrika Barat. Akhir akhir ini Indonesia dan Singapura dihebohkan dengan adanya warga negara singapura yang terjangkit Virus Cacar Monyet tersebut.

Jika kita melihat singapura adalah salah satu negara yang menjadi tempat transit jika orang Indonesia akan bepergian ke luar negeri terutama jika ingin ke afrika atau ke amerika. Oleh sebab itu menjadi resiko sebuah negara transit dalam menghadapi penyebaran virus tersebut. Jika pemerintah Singapura tidak jeli dan waspada penyebaran akan cepat meluas, dan hal tersebut juga bisa terjadi meluas ke Indonesia.

Karena kita ketahui jarak antara Singapura dengan Indonesia sangat dekat, serta salah satu wilayah Indonesia merupakan perbatasan langsung dengan SIngapura yang hanya terpisah selat saja yaitu Batam dengan Singapura, yang hingga kini menjadi salah satu penghubung terdekat antara Indonesia dan Singapura.

Maka dari itu pemerintah Indonesia juga wajib waspada dalam menangkal penyebaran Virus Cacar Monyet tersebut supaya tidak sampai ke rakyat Indonesia. Perlu kita ketahui 

Beberapa Gejala yang ditimbulkan oleh penderita Virus Cacar Monyet ini antara lain :
  • Timbul Demam 
  • Disertai dengan rasa sakit pada kepala
  • Disertai pembengkakan kelenjar getah bening
  • Terasa nyeri pada punggung
  • Terasa nyeri pada otot tubuh
  • Merasa badan menjadi sangat lemas
Selain beberapa gejala di atas berikut juga beberapa hal yang muncul pada tubuh ketika seseorang terkena virus Cacar Monyet, sehingga membuat seseorang menjadi terasa tersiksa.

Gejala Lain Virus Cacar Monyet :
  • Awalnya Muncul bintik merah di kulit 
  • Muncul ruam pada kulit dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh
  • Ruam tersebut berisi cairan bening
  • Lepuh kemudian menjadi nanah
  • Setelah itu Lepuh akan berubah menjadi keras 
Untuk proses penyembuhan nya sendiri membutuhkan waktu hingga 3 minggu dan untuk saat ini belum ditemukan obat penawar nya, namun cacar monyet itu akan sembuh dengan sendirinya, hingga ruam tersebut menghilang.

Penyebab dari penyebaran cacar monyet itu sendiri adalah sebagai berikut :
  • Penularan melalui hewan liar seperti tikus, monyet, tupai dll. 
  • Penyebaran bisa melalui kontak darah dengan hewan atau manusia yang sudah terjangkit virus cacar monyet
  • Penularan juga bisa terjadi akibat sentuhan cairan tubuh manusia atau hewan yang terjangkit
Untuk menjaga hal tersebut tidak menyebar ke Indonesia alangkah baiknya kita menghindari kontak langsung dengan berbagai hewan liar di sekitar rumah atau dimanapun saat kita bepergian. karena hingga saat ini baik itu WHO belum menemukan vaksin dan obat khusus untuk menangani atau melakukan perawatan khusus terhadap Virus Cacar Monyet itu sendiri.

Menurut berbagai pakar kesehatan dan Dokter bagi manusia yang terjangkit virus Cacar Monyet ini akan sembuh dengan sendirinya namun sangat memerlukan asupan cairan yang cukup untuk tubuh, nutrisi yang seimbang dan cukup serta perawatan maksimal hingga sembuh. Sehingga penderita bisa segera sembuh dengan kondisi baik.

Dan penyakit virus Cacar Monyet ini dapat berakibat fatal atau berbahaya bagi seseorang mengalami komplikasi penyakit sehingga penyakit cacar monyet tersebut dapat mengakibatkan kematian pada penderita komplikasi tersebut.

Semoga Kita semua dihindarkan dari berbagai penyakit yang ada dan selalu jaga kesehatan serta kebersihan diri kalian dan keluarga, semoga informasi ini dapat bermanfaat sebagai wawasan dan pengetahuan kalian tentang apa itu cacar monyet dan apa saja gejala cacar monyet dan juga apa penyebab dari cacar monyet tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel