Apa Itu Flu Singapura dan Cara Pengobatannya

Miraclewijaya.com | Flu singapura adalah infeksi menular yang disebabkan oleh adanya virus coxsackievirus yang menyerang tubuh anak atau bayi anda, virus tersebut masih bagian dari keluarga enterovirus. Jika belakangan ini anak anda mengalami batuk, sariawan yang banyak pada mulut serta munculnya ruam dan bintik merah pada telapak tangan dan kaki, kadang sampai menjalar ke bagian pantatnya, maka sobat wajib waspada dan segeralah tangai dengan benar. Karena bisa jadi gejala tersebut adalah Flu Singapura yang dialami anak atau bayi sobat.

Apakah Flu Singapura ini berbahaya? 

Mari kita simak bersama ulasan artikel berikut ini, dan silahkan baca hingga tuntas, supaya tidak gagal paham terhadap penjelasan tentang Flu Singapura itu sendiri. Virus coxsackievirus tersebut biasanya tumbuh dan hidup di pencernaan seseorang dan dapat menular jika ada kontak seperti berikut.
  1. Menular dari Air liur atau minum digelas yang sama
  2. Fases
  3. Menular dari kontak tangan atau kaki yang terdapat Cairan pada ruam kulit
  4. Bersin dan batuk dari orang yang terinfeksi flu singapura
Flu Singapura ini sebenarnya tidak berbahaya bagi penderitanya, dan tidak memerlukan perawatan khusus dalam proses penyembuhannya. Flu Singapura ini biasanya jika dilakukan perawatan yang baik dan benar maka dengan sendirinya akan sembuh kurang lebih selama 2 minggu dan bisa jadi dalam 3 hari sariawan dan ruam merah pada telapak tangan dan kaki akan hilang sendiri.

Namun jika perawatan yang dilakukan tidak tepat dan dibiarkan saja maka dapat berakibat komplikasi pada penyakit lainnya, karena selain sariawan dapat mengurangi nafsu makan anak, penderita juga akan merasa takut untuk minum sehingga dapat mengakibatkan dehidrasi dan juga penyakit lainnya pada anak atau bayi, seperti meningitis, polio dan bahkan kematian. Karena flu ini biasanya menyerang anak yang masih kecil kisaran usia 0 - 5 Tahun yang belum memiliki daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh yang bagus.

Wabah flu singapura ini sering muncul ketika sudah musim panas dan awal musim gugur. Meski sering menyerang anak anak, virus flu singapura ini juga bisa menyerang orang dewasa juga. Oleh karena itu jagalah kebersihan serta pastikan hindari berdekatan dengan orang yang menderita flu singapura juga hingga si penderita sembuh.

Beberapa faktor yang seseorang lebih rentang terkena flu singapura :
  • Kurang bisa menjaga kebersihan diri sendiri. faktor inilah yang akan menyebabkan virus dapat dengan mudah menyerang dan menginfeksi tubuh seseorang.
  • Sering bepergian ke tempat umum yang  banyak menderita sakit (Rumah Sakit). Flu singapura ini memang sangat mudah menular dan menyerang seseorang ketika ada kontak langsung dengan seorang penderita dalam waktu yang lama, maka resiko terkena penyakit flu singapura akan semakin tinggi.
Perawatan bagi anak yang menderita flu singapura sebenarnya tidaklah sulit, dan perlu ketlatenan dan kesabaran terutama dalam menjaga kebersihan tubuh anak yang menderita flu singapura. Untuk itu berikut beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk melakukan pengobatan flu singapura.

Tindakan yang dapat membantu mengurangi gejala flu singapura :


  • Berikan minuman dingin atau lebih baik air kelapa untuk membantu meredakan sakit tenggorokan dan menghindari dehidrasi pada anak. Minum susu juga bisa menjadi pilihan obat flu Singapura yang ideal. Sobat juga bisa memberikan anak atau banyi susu atau ASI dalam porsi sedikit tapi lebih sering diberikan. Makanan yang dingin seperti es krim atau jeli dan agar-agar juga dapat membantu.
  • Jangan berikan makanan berasa asin, pedas, atau asam pada anak. Makanan/minuman seperti itu bisa membuat sariawan lebih terasa menyakitkan .
  • Selain itu buatkanlah bubur sebagai asupan energi karena efek sariawan pasti makanan keras kan susah diterima oleh mulut anak.,selain itu bisa diberikan sup,  atau kentang tumbuk.
  • Perhatikan Anak dengan lecet pada tangan atau kaki mereka, selalu jaga daerah kulit tersebut tetap bersih dan terbuka. Silahkan bersihkan dan cuci kulit dengan air hangat dan sabun, kemudiankeringkan dengan handuk yang lembut.
  • Untuk mengkonsumsi obat lebih baik dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter sehingga tidak terjadi salah obat yang nantinya malah membuat sang penderita menjadi lebih parah atau bahkan obat tanpa anjuran dokter bisa mengakibatkan alergi pada anak.
Untuk mengetahui lebih detail tentang pengobatan yang tepat dan juga cara perawatan yang baik jika kondisi anak sudah parah silahkan segera bawa ke dokter untuk diberikan tindakan yang tepat. Semoga informasi tentang Apa Itu Flu Singapura dan Cara Pengobatannya bisa bermanfaat bagi sobat dans emoga anak atau bayi kalian bisa segera sembuh. Jaga kondisi kebersihan dan juga konsumsilah makanan sehat seperti sayur, dan buah buahan yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh serga kebugaran tubuh anggota keluarga tercinta.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel