Apa itu Palapa Ring dan Peluang Ekonomi Digital Untuk Indonesia Maju

Miraclewijaya.Com  | Apa itu Palapa Ring dan Peluang Ekonomi Digital Untuk Indonesia Maju - Palapa ring adalah proyek "tol langit" untuk internet kecepatan tinggi yang dicanangkan pemerintah dalam membuat tulang punggung sistem telekomunikasi nasional yang menghubungkan semua daerah di indonesia dengan akses internet menggunakan sistem komunikasi kebel laut dan sistem komunikasi dengan serat optik. Palapa ring tersebut telah menghubungkan sekitar tujuh lingkaran kecil serat optik di wilayah Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan juga Papua.

Dalam proyek digitalisasi komunikasi indonesia ini berpeluang untuk meningkatkan ekonomi indonesia dalam bisang digital dan teknologi, sehingga dapat berbagai bidang, baik meningkatkan pertahanan negara, meningkatkan ekonomi negara, dll. Proyek palapa ring ini telah menjangkau total 34 provinsi di Indonesia dan sekitar 440 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia.

Dengan adanya priyek palapa ring ini, pemerintah ingin meningkatkan kesejangan dalam infrastruktur telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia, sehingga tidak ada lagi daerah Indonesia yang tidak ada akses internet dan juga akses telekomunikasi yang terbatas. Oleh karena itu pemerintah mengharapkan juga dengan kehadiran Palapa Ring atau 'Tol Langit" ini semua aparatur pemerintah di seluruh daerah dapat memanfaatkan dengan baik untuk mempercepat birokrasi dan efisiensi untuk pelayanan publik sehingga dapat mempercepat semua proses di berbagai sektor.

Palapa Ring sudah diresmikan pengoprasiannya oleh Presiden Joko Widodo Pada tanggal 14 Oktober 2019 di Istana Merdeka. Presiden Joko Widodo mengingatkan dengan adanya konektivitas digital dari adanya Palapa Ring ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa, serta dapat digunakan untuk menguatkan persatuan dan persaudaraan serta meningkatkan kualitas pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

Sebenarnya pembangunan dari proyek Palapa Ring ini sudah lama dimulai, dan sempat menjadi proyek mangkrak yang tidak kunjung terselesaikan. Projek Palapa Ring ini sendiri sudah kurang lebih hampir satu dekade sejak wacananya di tahun 2007 dan pada tahun 2015 barulah pemerintah bertekad untuk segera merealisasikan, satu tahun kemudian proyek ini baru dimulai dan akhirnya pada tahun 2019 ini telah diresmikan langsung oleh Pemerintahan Presiden Joko Widodo.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel