Pesona Alam Telaga Penuh Ikan di Bukit Pahiyangan

Miraclewijaya.Com | Pesona Alam Telaga Penuh Ikan di Bukit Pahiyangan - Bukit Pahiyangan ternyata menyimpan pesona alam yang belum banyak orang tahu, karena bukit Pahiyangan memiliki keunikan sendiri dibandingkan dengan bukit lainnya yang berada di pulau kalimantan. Dimana bukit Pahiyang memiliki memiliki Waduk yang diberi nama Waduk Riam Kanan. Bukit Pahiyangan terletak di Desa Rantau Balai Kec. Aranio Kab. Banjar. 

Selain keindahan alam yang tersembunyi di Bukit Pahiyangan ternyata terdapat Cerita Legenda yang sangat terkenal di wilayah setempat, yaitu Legenda Petapa Naga Berkepala Delapan yang membentuk bukit tersebut menjadi persegi delapan. Untuk akses jalan menuju Bukit Pahiyangan terbilang masih susah, karena memang belum menjadi destinasi wisata di Banjar dan masih banyak masyarakat sekitar yang belum bisa memanfaatkan serta mengelola keindahan alam yang tersembunyi di Telaga Riam Kanan Bukit Pahayangan.

Untuk menuju lokasi atau puncak bukit pahiyangan medan yang dilewati terbilang sulit, salah satunya kita harus menggunakan rakit untuk menuju lokasi dan pastinya hanya bisa berjalan kaki menuju lokasi, karena memang belum ada akses untuk kendaraan bermotor ataupun akses udara. Oleh karena itu hanya para komunitas pecinta alam saja yang sejauh ini sering mengunjungi puncak Bukit Pahiyangan tersebut. 

Di dalam danau riam kanan terdapat banyak sekali jenis ikan yang hidup bebas dan terbilang sangat melimpah ikannya, karena memang di Telaga atau Danau Riam Kanan tersebut jarang dikunjungi orang sehingga ikan di danau tersebut cepat berkembang biak, serta beberapa pendaki atau para pecinta alam pun bisa menikmati ikan sebagai salah satu bahan makanan mereka selama berkemah disana. Jenis ikan yang banyak hidup di Danau Riam Kanan Punak Bukit Pahiyangan adalah Ikan Haruan, Ikan Nila, Ikan Baung dan masih banyak jenis ikan lainnya.


Keindahan yang tersembunyi di rimbunnya hutan kalimantan memang terkadang membuat kita takjup karena begitu indahnya pesona yang dimiliki pulau kalimantan. Bukit Pahiyangan juga menyimpan pesona alam lain yang tidak kalah indah dengan waduk riam kanan di atas bukit, namun terdapat keindahan Air Terjun Harongkong dan Air Terjun Pantan yang berada tidak jauh dari bukti Pahiyangan tersebut, jika sobat berjalan kaki akan membutuhkan waktu sekitar 3 kilometer.

Bukit Pahiyangan selama ini hanya dijadikan tempat mencari ketenangan dengan cara melakukan camping atau berkemah oleh para komunitas pecinta alam region kalimantan selatan sekaligus untuk menjelajah keindahan tersembuyi di Bukit Pahiyangan. 

Dengan adanya artikel dan informasi yang saya sampaikan disini harapannya dapat menjadikan Bukit Pahiyangan menjadi salah satu destinasi wisata alam di kalimantan yang memang akan menjadi pulau dimana Ibukota Indonesia akan berada kemudian hari. Oleh karena itu mari kita sama sama lestarikan alam dan rawat semua pesona alam yang tersimpan di pulau Kalimantan, terutama Keindahan alam yang berada di Bukit Pahiyangan Desa Rantau Balai Kec. Aranio Kab. Banjar ini. 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel