8 Hal Penting Untuk Persiapan Melahirkan Ibu dan Bayi - miraclewijaya.com

8 Hal Penting Untuk Persiapan Melahirkan Ibu dan Bayi


Memiliki buah hati adalah suatu anugerah luarbiasa yang diinginkan oleh semua keluarga, hadirnya anak bisa menjadi pelengkap kebahagian dalam sebuah keluarga. Maka dari itu dengan hadirnya anak selalu disambut dengan gembira. Baik anak pertama atau anak kedua pasti orang tua merasa sangat antusias melakukan berbagai persiapan menjelang persalinan.

Untuk memeprsiapkan berbagai barang dan keperluan persalinan perlu kita perhatikan kebutuhan dan fungsinya, sehingga jangan samapi kita terlewat, karena ketika persalinan tiba, pikiran kita tidak akan fokus untuk persiapan. Oleh karena itu alangkah baiknya sejak kandungan sudah berusia 34-36 minggu atau sejak 8 bulan silahkan persiapkan berbagai keperluan baik untuk bayi dan ibunya.

Perlu bapak ibu perhatikan ketika menjelang persalinan, usahakan jangan membeli barang barang yang memang belum dibutuhkan, sehingga persiapan dan barang bawaan tidak overload dan kalian mudah untuk membawanya. Lalu apa saja sih yang perlu dibeli dan dipersiapkan ibu dan bapak menjelang persalinan? Berikut ini daftar barang penting untuk persiapan melahirkan.

8 DAFTAR HAL PENTING PERSIAPAN MELAHIRKAN UNTUK BAYI

1. Pakaian Bayi

Baju dan celana bayi adalah salah satu barang pokok yang harus kalian beli. Untuk membeli pakaian bayi ada beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan ketika memilih baju dan celana. Pilihlah bahan yang halus dan tidak panas, kemudian belilah beberapa model baju seperti lengan panjang, lengan pendek, serta model jumper. Perlu diperhatikan juga jangan memilih baju bayi yang bergambar dengan sablon yang menembus kain, serta pastikan tidak ada jahitan baju yang keluar agar kulit bayi tidak luka dan bayi merasa nyaman. Untuk pakaian bayi minimal bisa untuk persiapan 3 hari.

2. Pelengkap Pakaian Untuk Bayi

Pelengkap pakaian untuk bayi dalam hal ini antara lain, kain bedong, popok bayi, topi bayi, sarung tangan (jika diperlukan), dan alas tidur tahan air. Beberapa barang tersebut menjadi pelengkap keperluan pakaian selama si kecil sudah lahir, sehingga harus benar benar sudah ada dan siap untuk dibawa.

3. Perlengkapan Mandi Untuk Bayi

Perlengkapan mandi untuk bayi yang perlu dibeli atau dipersiapkan antara lain, sabun mandi, shampo, sisir lembut, Handuk lembut, dan bak mandi. Kalian tidak perlu membeli kosmetik yang tidak dibutuhkan setelah anak lahir seperti lotion, bedak dan cologne (parfum). Kalian bisa membeli diaper (jika memang diperlukan).

4. Selimut Bayi

Untuk memilih selimut bayi pastikan berbahan lembut sehingga bayi merasa nyaman ketika menggunakannhya, dan pastikan selimut anti bakteri dan jamur. Kemudian silahkan pilih selimut bayi sesuai ukuran agar bayi tidak tertutup selimut jika ukurannya terlalu besar sehingga dapat mengganggu gerak dan pernafasan bayi.

5. Kapas Bulat Bayi / Medisoft Cottonball

Kapas bulat bayi ini berfungsi untuk membersihkan bayi ketika pipis atau BAB, dan jika masih baru lahir usahakan jangan menggunakan tisu basah, mengingat kulit bayi masih sensitif, sehingga terkadang bayi bisa iritasi terkena bahan kimia dari tisu basah. Oleh karena itu dengan kapas bulat bayi bisa merk Medisoft Cattonball dll, kemudian untuk membersihkannya silahkan pakai air hangat dan bersihkan kotoran pipis atau BAB bayi dengan kapas bulat tersebut. Sehingga Kapas Bulat bayi ini wajib disiapkan bagi bumil yang mau persiapan persalinan.

6. Dokumen Penting

Untuk dokumen yang perlu disiapkan saat persalinan antara lain, KTP, KK, Surat Nikah atau akta nikah, jangan lupa juga buku pink yang biasa dipakai kontrol kehamilan, dan ketika masa covid seperti sekarang ini bumil yang mau proses persalinan wajib melakukan rapid test terlebih dahulu, oleh karena itu persiapkan semua dokumen pentting tersebut supaya tidak tercecer ketika hari HPL tiba.

7. Box Tidur Bayi

Bagi orang tua yang ingin mengajarkan kemandirian si kecil mulai dari dini, alangkah baiknya dipersiapkan box bayi untuk tidur si kecil, karena selain anak bisa belajar mandiri, si kecil juga tidak akan terbiasa harus digedong supaya bisa tidur. 

8. Pompa Asi dan Dot Bayi

Bagi bunda yang akan menyambut persalinan jangan lupa menyiapkan pompa asi dan juga dot bayi, untuk mengatisipasi ketika si kecil lahir belum bisa nenen ke ibu karena ukuran nenen-nya terlalu besar buat mulut si kecil, oleh karena itu perlu menggunakan pompa asi dan dot bayi, agar buah hati tetap bisa minum asi dari ibu-nya.

Demikian 8 Daftar hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum proses persalinan tiba, dan pastikan semua sudah tersedia dan siap untuk dibawa ke rumah sakit atau sudah siap di rumah ketika pulang dari persalinan, sehingga ibu dan ayahnya siap memberikan perhatian ekstra untuk si kecil yang baru hadir di dunia. Selain 8 hal penting yang harus dipersiapkan saat porses persalinan untuk bayi, kalian juga sebagai suami harus bisa mempesiapkan beberapa barang atau hal yang harus dibawa oleh ibu hamil saat sebelum persalinan, Berikut Daftar hal penting yang harus dibawa ibuhamil saat persalinan.

DAFTAR HAL PENTING PERSIAPAN MELAHIRKAN UNTUK IBU HAMIL

  1. Baju Ganti Lengkap dengan Daleman
  2. Baju Daster Longgar
  3. Sarung atau Jarik
  4. Kendi Untuk Tempat Ari-ari
  5. Peralatan Mandi
  6. Uang Yang Cukup
  7. Selimut
  8. Handuk
  9. Bantal Busa Untuk Duduk
  10. Setagen untuk mengencangkan perut setelah persalinan
Demikian daftar hal penting yang bisa suami persiapkan untuk istri tercinta ketika masa persalinan sudah tiba, dan pastikan semua sudah siap untuk dibawa, dan letakan semua daftar tersebut di tas atau komper, sehingga jika istri sudah kontraksi dan siap persalinan barang tersebut tinggal diangkut ke mobil.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk orangtua baru yang mau mempersiapkan persalinan untuk istri tercinta dalam menyambut buah hati yang ditunggu, ini adalah pengalaman yang saya alami ketika persalinan anak pertama dan anak ke dua.





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel