Cara Setting Wireless NanoStation M2

Cara Setting Wireless NanoStation M2

Cara Setting Wireless NanoStation M2


Wireless NanoStation M2 merupakan salah satu perangkat wireless yang sangat terkenal di Indonesia karena selain cara setting yang mudah, produk dari Ubiquity ini juga dikenal sangat efisien karena sudah terintegfrasi dengan antenna dual polarity 10dBi. Wireless NanoStation ini jarak jangkauannya bias mencapai  24 km tanpa harus menggunakan antenna tambahan. Produk NanoStation M2 ini merupakan buatan dari kanada yang memiliki keunggulan dari fiture lampu indicator signal streght, jadi memudahkan dalam pengecekan kualitas signal tanpa harus masuk melalui browser konfigurasi websitenya.

Mengapa saya menggunakan wireless buatan Ubiquity ini, karena selain mudah disetting produk ubiquity juga salah satu produk yang low cost, sehingga bagi perusahaan menengah ke bawah masih bisa untuk melakukan pembelian yang tidak harus merogoh budget terlalu dalam, dan pastinya kualitas juga masih lumayan bagus untuk support network link wireless perusahaan.

Produk ubiquity ini memiliki banyak pilihan NanoStation M2 hanya salah satu produk yang sudah pernah saya pakai, sebenarnya masih banyak lagi seri lainnya contoh : PicoStation M2, AirMax, dll. Secara umum cara konfigurasinya sama saja dengan apa yang akan saya jelaskan berikut ini.

Untuk dapat melakukan konfigurasi wireless NanoStation M2 tersebut kita dapat melalui web konfigurasi ke IP standarnya yaitu 192.168.1.20 yang nantinya akan mengarahkan kita ke halaman awal web konfigurasi wireless NanoStation M2. Untuk lebih jelasnya masri kita bahas satu per satu.

Cara konfigurasi Wireless Ubiquity NanoStation M2

Setting IP Notebook / Komputer sesuai dengan segment IP standar 192.168.1.x (jangan sampai sama dengan IP standar karena sudah dimiliki oleh wireless NanoStation M2). Berikut gambar cara setting ip di computer / notebooknya.





Setelah selesai melakukan konfigurasi IP pada notebook / komputer, sekarang akan kita coba tes koneksi dari komputer ke wirelessnya dengan kode berikut : ping 192.168.1.20 –t (pada aplikasi run). Jika hasilnya replay maka konfigurasi anda sukses, namun jika masih gagal / RTO silahkan cek kembali kabel lan anda, baik itu susunan pada konektornya atau juga pastikan adaptor pada wirelessnya berfungsi dengan baik.


Langkah selanjutnya adalah masuk ke website konfigurasi wirelessnya, dengan cara ketik ip standar wireless NanoStation M2 tadi yaitu 192.168.1.20 pada browser kalian, di sini  saya menggunakan Internet Exploler. Selanjutnya silahkan anda pilik menu continue to this website ( yang berwarna merah). Tampilannya akan seperti berikut ini. Kemudian lakukan pengisian data username : ubnt 
password : ubnt
country : United States
Language : English
Jangan lupa persetujuannya di centang ya, dan langkah berikutnya silahkan klik login.




Setelah proses login selesai anda akan melihat tampilan awal web konfigurasinya seperti gambar berikut.



Berikutnya silahkan masuk ke menu Wireless untuk melakukan konfigurasi wirelessnya, apakah sebagai Access Point / Station / AP Repeater. Jangan lupa WDS di centang ya. Kemudian bias anda rubah SSID wirelessnya atau tidak diganti juga tidak apa apa.





Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi ip dari wireless NanoStation M2, dengan cara masuk ke menu network dan kemudian pilih static untuk membuat ip static dan isikan ip sesuai segmen ip yang diinginkan, subnet mask, dan juga gateway. Untuk lainnya defult sesuai dengan aslinya saja. Dan jangan lupa change untuk menyimpan konfigurasinya. Belum sampai disitu, biasanya setelah melakukan change ada pilihan lagi untuk apply atau mau di test terlebih dahulu. Kalau sudah sesuai langsung saja pilih apply.



Setelah semua proses di atas selesai dilakukan kita akan coba mengatur rang jarak jangkauan wireless tersebut dengan menu advanced. Silahkan atur distance sesuai dengan jarak yang diinginkan. Kemudian change untuk menyimpan pengaturannya.



Untuk menu services biarkan defult saja.



Kemudian jika ingin melakukan perubahan password  login awal konfigurasi wireless silahkan masuk ke menu system berikut, supaya password tersebut menjadi security bagi network anda. Ganti administrator user name sesuai dengan yang anda inginkan dan masukkan password awal : ubnt dan kemudian masukkan password barunya. Jangan lupa change untuk menyimpan konfigurasi anda tadi



Demikian cara mudah untuk melalukan setting wireless Ubiquity NanoStation M2, sangat mudah kan, semoga dapat membantu anda dalam menambah pengetahuan terkait setting wireless, jangan lupa komen blog saya ya, jika ada pertanyaan bisa juga menghubungi via wa atau via email dan bisa komen blog dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM