Batas Normal Kolesterol Dalam Tubuh dan Tingkatan Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi

Batas Normal Kolesterol Dalam Tubuh dan Tingkatan Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi

Batas Normal Kolesterol Dalam Tubuh dan Tingkatan Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi


Batas Normal Kolesterol Dalam Tubuh dan Tingkatan Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi - Kolesterol merupakan senyawa lemak yang terkandung dalam tubuh dan diproduksi oleh sel dalam tubuh, sebenarnya tubuh juga tetap memerlukan kolesterol untuk tetap sehat, namun jika kolesterol sudah diluar batas normal tentunya akan berakibat buruk juga untuk kesehatan. Tidak hanya kolesterol yang berlebih, berbagai macam kandungan juga kalau berlebih tentusaja tidak bagus. Oleh karena itu perlu ada control dan batasan normal terutama untuk kolesterol dalam tubuh.

Apakah sobat sudah melakukan pengecekan berapa kadar kolesterol dalam tubuh sobat? Jika belum, sobat bisa mengingat kembali apa makanan yang sudah sobat konsumsi selama satu bulan ke belakang, setelah itu lakukan cek kolesterol. Setelah sobat mengetahui hasilnya, mulailah satu bulan berikutnya sobat atur pola hidup sehat, makan sehat, dan pola tidur yang cukup, kemudian bandingan dengan hasil cek kolesterol sobat satu bulan sebelumnya, dan apa perbedaan yang sobat rasakan ketika mulai menjalankan gaya hidup sehat.

Untuk apa sebenarnya kita melakukan semua hal tersebut, dari gaya hidup sehat, makanan yang sehat, dan pola tidur cukup? Batas normal kolesterol sendiri sangat mempengarui banyak hal dalam tubuh sobat, karena jika diterapkan pola hidup yang buruk, kolesterol di atas batas normal dapat mengakibatkan penyakit seperti darah tinggi, serangan jantung, hingga stroke juga dapat muncul karena batas normal kolesterol tidak diperhatikan.
Dari berbagai sumber kesehatan yang dilansir seperti situs Medlineplus.gov menyimpulkan bahwa pada orang dewasa yang berumur sekitar 20 tahun harus melakukan pengecekan kadar kolesterol dalam tubuh secara rutin. Minimal mereka harus melakukan pengecekan setiap lima tahun sekali. Lalu berapa BatasNormal Kolesterol Dalam Tubuh yang seharusnya?

Total Kadar Kolesterol Darah Dalam Tubuh  :
Total Kadar Kolesterol Darah Dalam Tubuh  dihitung berdasarkan hasil dari penjumlahan angka LDL, HDL, dan Trigliserida. Pengecekan yang dilakukan rutin sangat bermanfaat untuk melakukan pemeriksaan terkait analisa resiko penyakit pada seseorang, contohnya gangguan arteri dalam tubuh, diabetes, dan mungkin kordiovaskular.

Batas Normal Kolesterol Dalam Tubuh Untuk penulisan batas kadar kolesterol dibawah ini dihitung berdasarkan angka dengan satuan milligram per desiliter darah. Berikut batas normal kadar kolesterol untuk orang dewasa.
KADAR
KATEGORI
< 200 mg/dL
Normal
200 – 239 mg/dL
Sedang
> 240 – mg/dL
Tinggi



Batas Normal Kolesterol Jahat / Low Density Lipoprotein (LDL) :
LDL merupakan istilah dari kolesterol jahat, untuk kadar kolesterol LDL merupakan kadar kolesterol paling tinggi dibandingkan dengan HDL maupun Trigliserida. Kolesterol jahat atau LDL ini sering menempel pada dinding pembuluh darah yang dapat menghambat sirkulasi darah. Jika hal tersebut dibiarkan terus menerus tentu saja akan menyebabkan penghambatan sirkulasi pada pembuluh darah, dan hal tersebut merupakan awal mula pemicu serangan jantung. Karena itu selalu jagga batas normal Kolesterol Jahat atau LDL sesuai table berikut :

KADAR
KATEGORI
< 70 ml\dL
Normal (Untuk penderita Penyakit Jantung)
< 100 ml\dL
Normal
100 – 129 ml\dL
Sedang
130 – 159 ml\dL
Batas Tinggi
160 – 189 ml\dL
Tinggi
>190 ml\dL
Sangat Tinggi



Batas Kolesterol Baik Yang Mengandung Protein Tinggi atau High Density Lipoprotein (HDL) :
HDL atau Kolesterol baik ini merpakan senyawa yang beredar melalui aliran darah dan dapat menyerap kolesterol jahat. Kemudian LDL tadi dibawa oleh HDL kedalam liver untuk dibuang. Itulah salah satu fungsi HDL yang dapat mencegah pengendapan dan plak yang muncul karena kolesterol jahat yang menempel dalam pembulu darah. Berikut batas kandungan HDL yang perlu sobat ketahui.

KADAR
KATEGORI
> 60 mg/dL
Normal untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Semakin tinggi levelnya, justru berdampak baik bagi penderita kelainan jantung.
50-60 mg/dL
Normal untuk wanita.
40-50 mg/dL
Normal untuk pria.
<50 mg/dL
Rendah untuk wanita.
<40 mg/dL
Rendah untuk pria.



Kolesterol Trigliserida
Untuk jenis kolesterol ini merupakan jenis kolesterol terakhir yang kita bahas, untuk senyawa ini tersusun dari tiga asam, lemak, dan ester dari senyawa gliserol. Trigliserida ini terbentuk dari apa yang telah sobat makan atau konsumsi sehari hari dan dicerna oleh tubuh.

Sehingga jika kalori atau gula yang masuk ke dalam tubuh, maka keduannya akan diubah menjadi Trigliserida. Jika Trigliserida berlebihan akan menyebabkan  penyakit kardivasekular atau sering disebut kelainan jantung. Sehingga pastikan kadar Trigliserida dalam tubuh sobat terpantau normal dan seimbang sesuai table yang saya tuliskan dibawah ini.

Kadar
Kategori
> 150 mg/dL
Normal
150-199 mg/dL
Batas tinggi
200-499 mg/dL
Tinggi
> 500 mg/dL
Sangat tinggi



Tingkatan Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi
Sedangkan untuk makanan yang perlu sobat perhatikan sebelum mengkonsumsinya akan kita tampilkan juga, sehingga membuat sobat tahu batasan tingkat kandungan kolesterol makanan yang akan sobat konsumsi sehari hari, sehingga sobat dapat lebih peduli dengan kesehatan tubuh sobat. Berikut Tabel Batas dan Tingkatan Makanan Mengandung Kolesterol Tinggi.




Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Komentar Link Promo Akan Masuk SPAM